Jokowi Bagikan 2.081 Sertifikat Tanah di Bangka Belitung

Oleh Tommy Kurnia pada 15 Mar 2019, 19:00 WIB
Jokowi bagikan sertifikat tanah di Bangka Tengah

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo terus membagikan sertifikat tanah gratis di seluruh Indonesia. Terkini, Presiden Jokowi melakukan aksi tersebut di Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung pada Kamis kemarin, 14 Maret 2019.

Dilansir dari Setkab, presiden membagikan 2.081 sertifikat hak atas tanah yang bertempat di Desa Beluluk, Kecamatan Pangkalan Baru. Pembagian dilakukan secara simbolis kepada 12 orang perwakilan.

Setelah selesai membagikan sertifikat, Jokowi bercengkerama dengan hadirin yang diajak naik ke atas panggung mengenai utang bank. Jokowi membahas tips dan perhitungan peminjaman pada warga yang ingin bertanam lada.

"KUR karena bunganya paling murah, hanya 7 persen per tahun," ucap Jokowi. Ia kemudian bertanya apakah warga itu telah melakukan kalkulasi karena dana yang dipinjam cukup besar.

"Sudah hitung hitungan kalau pinjam 25 juta itu tiap bulan nyicilnya berapa, sudah tahu?" tanya Jokowi. Warga pun menjawab sudah melakukan perhitungan dengan asumsi membayar lunak ketika panen. Presiden menyimak jawaban warga lalu kembali bertanya adakah rencana B apabila terjadi gagal panen.

"Bagaimana kalau ladanya mati?" tanya Jokowi yang disambut tawa warga. Akan tetapi, Jokowi mengingatkan pertanyaan ini perlu diseriusi demi kelancaran membayar utang dan menghindari menambah utang untuk menutup kerugian.

Presiden pun mengajak warga agar memerhatikan bermacam potensi masalah di lapangan agar bisa mengatasi masalah yang kelak akan terjadi. "Macam-macam problem di lapangan. Jadi, harus dihitung," jelas Jokowi.

Dua Sejoli Pacaran di Atas Motor yang Melaju
2 of 2

Saksikan videonya di sini:

Lanjutkan Membaca ↓