6 Cara Menghemat Uang Gaji yang Baik Agar Cukup Penuhi Kebutuhan Sebulan

Oleh Heri Setiawan pada 15 Mar 2019, 17:45 WIB
Cara Menghemat Uang Gaji

Liputan6.com, Jakarta Cara menghemat uang gaji bukanlah sekadar membuka rekening tabungan. Mungkin menabung menjadi salah satu hal yang mudah direncanakan, namun hal ini sering sulit diimplementasikan. Ini terjadi karena banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi setiap harinya. Program menabung yang telah diagendakan tiap bulan seringkali tidak berjalan sesuai rencana.

Oleh Karena itu kepiawaian kamu dalam menghemat uang benar-benar harus diperhatikan baik-baik. Karena tidak semua orang bisa menghemat uang dengan baik, bahkan sering kali gara-gara tidak bisa menghemat uang mengakibatkan pengeluaran lebih besar daripada pemasukan.

Cara menghemat uang gaji harus dipahami dengan benar, agar pengeluaran yang nilainya besar dengan pemasukan yang kecil tidak membuat kesulitan untuk diri sendiri ke depannya. Karena pada dasarnya tak semua orang beruntung mendapatkan pekerjaan dengan gaji tinggi. Bagi yang bergaji kecil, mungkin akan kesulitan menghemat uang gaji untuk beberapa hal seperti dana darurat dan hal lainnya.

Oleh karena itu cara menghemat uang gaji yang baik harus benar menjadi perhatian khusus agar tidak menimbulkan kesulitan atau kesusahan kedepannya. Bagi kamu ingin tau cara menghemat uang gaji, berikut liputan6.com rangkum cara menghemat uang gaji yang baik dan benar, Jumat (15/3/2019).

2 of 3

Cara menghemat uang gaji

1. Buat rencana bulanan dan catat semua pengeluaran dengan baik

Cara menghemat uang gaji yang pertama adalah membuat rencana bulanan dengan baik. Pemborosan keuangan cenderung terjadi ketika mengikuti keinginan yang belum tentu menjadi kebutuhan. Cara terbaik untuk menggunakan pendapatan yang kecil adalah membuat rencana belanja bulanan dengan baik dengan menggunakan anggaran yang tertulis.

Belanjakan uang sesuai dengan rencana yang telah disusun tersebut. Ketika sudah waktunya membeli apa yang dibutuhkan, kamu sudah memiliki anggaran untuk berbelanja. Namun jangan menggunakan uang melebihi anggaran yang telah disusun, karena uang yang tersisa sudah dialokasikan untuk kebutuhan lainnya. Jangan lupa juga catat setiap pengeluaran yang sudah kamu anggaran.

2. Buat tabungan berencana

Agar lebih teratur dan arus keluar-masuk uang lebih jelas, kamu bisa mempertimbangkan untuk ikut tabungan berencana. Tabungan berencana ini memiliki sistem yang cukup ketat. Usahakan untuk memisahkan rekening tabungan dan rekening harian.

Setelah membuat tabungan berencana, cara menghemat uang gaji selanjutnya adalah berinvestasi untuk masa depan lebih baik. Selain itu kamu juga harus bijak dalam menggunakan hasil jerih payah bulananmu. Caranya kamu harus menyisihkan sejumlah uang yang bisa didebet otomatis. Kalau sampai saldo kurang, kamu bisa dikenai denda. Dengan cara ini, mau tidak mau Anda harus menyiapkan bujet untuk tabungan berencana.

3. Membeli barang yang dibutuhkan saja

Cara menghemat uang gaji yang ketiga adalah membeli barang yang dibutuhkan saja. Sebelum membeli suatu barang, tanyakan ini pada diri kamu "Apakah kamu benar-benar membutuhkannya?" atau jika tidak, ulangi pertanyaan ini "Mampukah saya membelinya sekarang?" sehigga kamu dapat berfikir dengan baik apakah kamu benar-benar butuh atau enggak.

Salah satu tips lainnya dalam membeli barang yang dibutuhkan adalah dengan membeli barang bekas yang masih layak pakai atau barang bekas dengan kondisi seperti barang baru akan sangat membantu kamu untuk berhemat. Misalnya saja, bagi keluarga yang baru pindah rumah dan memerlukan furniture seperti meja, kursi dan perabotan rumah tangga lainnya.

3 of 3

Hemat uang gaji untuk kebutuhan hidup sebulan

4. Pangkas biaya pengeluaran dari beberapa aktivitas

Ada banyak cara menghemat uang gaji, salah satunya dengan memangkas biaya pengeluaran dari beberapa aktivitas. Kebiasaan ini bisa kamu mulai dari hal kecil, seperti membawa minum sendiri dan memasak makanan sendiri. Memang hal ini hanyalah hal sepele namun dengan kamu sudah membawa air minum sendiri dan memasak makanan sendiri, percayalah uang gaji kamu akan lebih hemat.

Tidak hanya itu, jika kamu membeli suatu barang pastikan kamu tahu kapan waktu yang tepat untuk menunggu diskon. Biasanya, bulan-bulan tertentu, seperti tahun baru dan hari raya besar, memberikan banyak penawaran sale dengan harga cukup miring. Lumayan kan!

5. Cari penghasilan tambahan

Cara menghemat uang gaji selanjutnya adalah cari penghasilan tambahan. Manfaatkan waktu yang dimiliki untuk mencari penghasilan tambahan. Ada banyak cara untuk memperoleh tambahan penghasilan seperti menjual pulsa, menjadi penulis lepas, jualan online, dan sebagainya yang terpenting tidak mengganggu pekerjaan utama.

Dengan semakin banyak penghasilan tambahan, maka akan semakin banyak gaji yang dapat disisihkan untuk tabungan.

6. Sedekah dan bersyukur

Ini hal salah satu hal yang paling sering dilupakan oleh sebagian orang sebagai salah satu cara menghemat uang gaji. Agar gaji bulanan yang kalian terima berkah dan tidak merasa kurang jangan lupa sedekah dan banyak bersyukur. Masih banyak orang diluar sana yang tidak seberuntung kamu.

Jangan lupa untuk bayar sedakah dan zakat. Lebih banyak lebih baik, karena transaksi dengan Tuhan pasti lebih menguntungkan. Tuhan akan membalas setiap kebaikan yang kalian lakukan. Untuk membantu sesama alokasikan semampu kamu saja asal rutin. Semoga tahun depan dengan kebaikan Tuhan menaikan penghasilan kalian karena rajin berzakat.

Lanjutkan Membaca ↓