Sukses

Peserta Angkutan Motor Gratis Dapat Prioritas Tiket Kereta Mudik

‎Kuota tiket penumpang yang disediakan untuk program motor listrik ini sebanyak 58.088 tiket.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan prioritas peserta Angkutan Motor Gratis (Motis) dengan moda kereta api, mendapat tiket kereta dengan besaran harga yang sudah ditetapkan.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Zulmafendi mengatakan, bagi peserta motis yang mendaftar di awal yaitu dari 25 Maret sampai 13 Mei 2019, akan mendapatkan keistimewaan berupa fasilitas untuk pembelian tiket kereta api ekonomi komersial dan bersubsidi. 

"Dengan catatan bahwa fasilitasi tiket ini berlaku hanya selama kuota tiket yang dialokasikan masih tersedia," kata Zulmafendi, di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (14/3/2019).

Zulmafendi menuturkan, ‎kuota tiket penumpang yang disediakan untuk program motis ini sebanyak 58.088 tiket. Masing-masing peserta akan difasilitasi pembelian tiket kereta sebanyak maksimal tiga tiket.

"Angkutan motor gratis kita fasilitasi untuk pembelian tiket. Kita Siapkan tiket untuk penggguna angkutan motor gratis ini," tutur dia.

Zulmafendi mengungkapkan, fasilitas tersebut bertujuan untuk memudahkan peserta angkutan motor gratis mendapat tiket kereta. Untuk harga tiket, sesuai dengan yang ditetapkan pada masa pembelian tiket‎.

"Supaya mereka mudah memesan tiket, untuk jurusan yang mereka lewati tadi. Jadi ada penumpang dia diberikan kemudahan memesan tiket. Harga sesuai dengan saat itu," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

6.300 Peserta Sudah Mendaftar

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat, sudah ada 6.300 peserta yang mendaftar Angkutan Motor Gratis (Motis) dengan moda Kereta Api untuk mudik Lebaran 2019, semenjak dibuka pada 12 Maret 2019.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan, Zulmafendi mengatakan, dari program Angkutan Motis 2019 dengan kuota 18.096 sepeda motor, saat ini 30 persennya sudah terisi setara dengan 6.300 unit sepeda motor.

"Ini memasuki hari ke 3 pendaftaran 6.300 pendaftaran, ini 30 persen padahal batas masih lama," kata Zulmafendi, di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis 14 Maret 2019.

Pembukaan pendaftaran peserta program motis sudah mulai dibuka pada Selasa 12 Maret-25 Mei 2019.

Peserta motis dapat mendaftar secara online melalui website mudikgratis.dephub.go.id dan dapat juga mendaftar langsung di stasiun-stasiun yang telah ditunjuk dari 12 Maret sampai 13 Mei 2019.

Selain itu, untuk peserta motis yang mendaftar melalui layanan motis berlawanan dari arus mudik (contraflow) dari daerah, pendaftaran dimulai dari  28 April hingga 12 Juni 2019.

Beberapa stasiun yang telah menerima pendaftaran motis secara langsung yaitu Jakarta Gudang, Bekasi, Jatinegara, Kemayoran, Cikarang dan Kiara Condong. Sedangkan untuk Depok Baru dan Tangerang segera menyusul untuk menerima peserta pendaftaran motis.  

Untuk waktu pengantaran ataupun pengangangkutan motis akan dimulai pada 27 Mei-2 Juni 2019. Kemudian dilanjutkan kembali pada 8 Juni-13 Juni 2019. 

"Kegiatan ini tahun ke tahun selalu meningkat pesertanya. Pendaftaran angkutan motor gratis pakai kereta sudah kita mulai," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.