Main-Main Soal Diskon, Izin Usaha Gerai Bakal Dicabut

Oleh Septian Deny pada 14 Mar 2019, 19:51 WIB
Diperbarui 15 Mar 2019, 21:15 WIB
Tak Selamanya Barang Diskon Harus Dibeli. Ini Alasannya

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) meminta pada pelaku usaha perdagangan untuk tidak memanipulasi harga produknya saat memberikan diskon kepada konsumen.

Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kemendag, Veri Anggriono mengatakan, praktik untuk menaikkan harga produk terlebih dulu sebelum memberikan diskon tidak dibenarkan secara aturan. Sebab hal ini sama dengan membohongi konsumen.‎

"Kami himbau para pelaku usaha tunjukkan harga yang fair, jangan harga dinaikan dulu baru diskon," ujar dia di Jakarta, Kamis (14/3/2019).

Veri mengungkapkan, pihaknya akan melakukan pemantauan secara rutin terhadap gerai atau pelaku usaha yang memberikan diskon secara tidak wajar.

"Kami melakukan pemantauan rutin, kami cukup tegas terhadap hal seperti itu," kata dia.

Jika ditemukan adanya manipulasi harga atau laporan dari masyarakat terkait diskon yang ditawarkan oleh pelaku usaha perdagangan, maka Kemendag akan mencabut izin usahanya.‎"Kalau ada laporan dari masyarakat, kami lakukan pembekuan perizinan usaha, bekerjasama dengan daerah," tandas dia.

2 dari 3 halaman

Hari Konsumen, Gerai Ritel dan E-Commerce Beri Diskon hingga 70 Persen

Ilustrasi diskon
Ilustrasi diskon. Sumber foto: unsplash.com/Justin Lim.

Dalam rangka peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas), Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggandeng para peritel dan e-commerce menggelar pekan diskon. Tak tanggung-tanggung, potongan harga atau diskonyang tawarkan hingga 70 persen.

Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kemendag, Veri Anggriono mengatakan, pekan diskon ini digelar secara daring (online) maupun luring (offline). Program ini berlangsung pada 13-20 Maret 2019.

"Ini terselenggara atas dukungan para pelaku usaha dalam menggaungkan Harkonas tahun ini," ujar dia di Jakarta, Kamis (14/3/2019).‎ 

Sejumlah marketplace yang turut ambil bagian dalam pekan diskon ini antara lain Shopee, Blanja.com, Elevenia, Alfamart.com, Matahari.com, dan Gojek.

Sedangkan secara luring, kerja sama dilakukan dengan ritel seperti Indomaret, Alfamart, Matahari Department Store, dan Sogo Department Store, Alun-Alun Indonesia, Damn I Love Indonesia, Aeon, Kafe Betawi, Bakmi Naga, Ranch Market, dan Farmers Market.

"‎Dalam rangka Harkonas ini, juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menikmati hari konsumen ini. Kita himbau pelaku usaha dapat memberikan diskon. Kalau kita lihat itu sampai 50 persen, 60 persen, 70 persen," kata dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓