Jokowi Bakal Hadiri Puncak Peringatan Hari Konsumen Nasional di Bandung

Oleh Septian Deny pada 14 Mar 2019, 19:41 WIB
Presiden Jokowi Resmikan PIM Muara Baru

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri puncak peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2019. Puncak peringatan ini akan digelar di halaman lapangan Gasibu, Bandung pada 20 Maret 2019 mendatang.

Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan (Kemendag), Veri Anggriono mengatakan, pada tahun ini Kemendag bekerja sama dengan Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) melakukan berbagai macam kegiatan guna mempromosikan Harkonas kepada masyarakat.

Kegiatan yang telah berlangsung saat ini yaitu pekan diskon secara daring (online) dan luring (offline). Kegiatan yang berlangsung pada 13-20 Maret 2019 ini terselenggara atas dukungan para pelaku usaha dalam menggaungkan Harkonas tahun ini.

"Melalui kegiatan-kegiatan tersebut, diharapkan masyarakat mengenal Harkonas dan semakin mengetahui pula hak dan kewajibannya sebagai konsumen. Dengan begitu, masyarakat akan menjadi konsumen yang cerdas dan berdaya,” ujar dia di Jakarta, Kamis (14/3/2019).

Veri mengungkapkan, kegiatan lain yang masih berjalan yaitu klinik pengaduan yang digelar Kemendag dan BPKN bersama Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, di kota Bandung. Acara ini berlangsung pada 23 Februari-18 Maret 2019 di Mal Transmart, Yogya Departement Store, dan Giant setiap Sabtu dan Minggu.

“Kegiatan ini diharapkan menggugah masyarakat untuk menyuarakan keluh kesahnya jika merasa dirugikan oleh pelaku usaha,” lanjut dia.

 

2 of 3

Edukasi Konsumen

Jokowi Blusukan ke Pasar Bogor
Presiden Joko Widodo berbincang dengan pedagang sayuran ketika memantau kebutuhan bahan pokok di Pasar Bogor, Jalan Roda, Kota Bogor, Selasa (30/10). Jokowi ingin memastikan langsung harga bahan kebutuhan pokok di pasar (Liputan6.com/HO/Biro Pers Setpres)

Di samping itu, pada 19-20 Maret 2019, di kota Bandung akan diadakan pameran Edukasi Konsumen yang diikuti oleh Kemendag, BPKN, serta pelaku usaha dari sembilan sektor prioritas yang tercantum dalam Strategi Nasional Perlindungan Konsumen.

Kesembilan sektor tersebut adalah obat dan makanan, listrik dan gas rumah tangga, perumahan, ritel, niaga-el, barang elektronik, telematika dan kendaraan bermotor, jasa kesehatan, jasa transportasi, jasa keuangan, dan jasa telekomunikasi.

"Pameran juga akan diisi dengan produk unggulan dari masing-masing kota/kabupaten di wilayah Provinsi Jawa Barat," kata dia.

Di saat yang sama, yaitu pada 19 Maret 2019, Kemendag juga akan meresmikan 243 kantor Unit Metrologi Legal (UML) melalui penandatanganan 243 prasasti oleh Menteri Perdagangan di kota Bandung. Puncak peringatan Harkonas sendiri akan diselenggarakan pada 20 Maret 2019 di halaman lapangan Gasibu, Bandung dan direncanakan dihadiri Presiden Jokowi.

Dalam acara tersebut akan dilakukan penyerahan penghargaan pemerintah provinsi terbaik di bidang Peduli Konsumen dan penyematan rompi Tukang Ukur Takar Timbang (Kang Ujang).

“Harkonas diperingati setiap tahun dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan keberdayaan konsumen. Untuk itu, diharapkan semua pemangku kepentingan beserta pelaku usaha turut berpartisipasi aktif mengedukasi konsumen,” tandas Veri.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓