Sukses

Pangkas Biaya Wisata ke Luar Negeri, Agen Travel Pilih Carter Pesawat

Siasati bisnis travel atau perjalanan ke luar negeri agar lebih murah, sejumlah agen wisata di Indonesia memilih jalur charter pesawat.

Liputan6.com, Jakarta - Siasati bisnis travel atau perjalanan ke luar negeri agar lebih murah, sejumlah agen travel di Indonesia memilih jalur 'charter pesawat' untuk memangkas biaya perjalanan. 

Terlebih, kini perjalanan luar negeri dengan harga tiket pesawat yang melangit, agen travel mencari aman dengan cara menyewa pesawat untuk sekali perjalanan.

"Sangat memangkas, sangat hemat, bisa sampai 20 persen," tutur Tingting, salah satu agen wisata yang mencarter maskapai Batik Air untuk perjalanan ke Kunming, Cina. 

Ditambah lagi, dengan mencarter pesawat, bisa menentukan di bandara mana akan mendarat. Seperti perjalanan yang dilakukan Maret ini memilih Kunming sebagai destinasi wisata di Cina, sehingga Batik Air untuk perdana bisa mendarat di bandara tersibuk keempat di Cina itu. 

Dipilihnya Batik Air lantaran memiliki fasilitas yang membuat para wisatawan nyaman salah satunya, terdapat foot space-nya lebih luas, serta memiliki nilai jual yang jauh lebih tinggi.

"Kita sebelumnya ada kerja sama dengan maskapai lain, tapi kita pilih ini karena nilai jualnya, bukan masalah harga, karena kalau harga itu relatif mengingat jenis pesawatnya sama yakni A 320-200 CEO," ujar dia.

Dia juga menambahkan, para prinsipnya, agen perjalanan itu juga mendatangkan wisatawan asing ke Indonesia dengan perbandingan 50-50.

"Kita tidak hanya membawa orang Indonesia jalan-jalan ke luar negeri, tapi kita juga bawa orang luar negeri ke Indonesia, tujuan utamanya pasti Bali, Yogyakarta dan Bangka Belitung. Tapi, perbandingannya 50, jadi kalau dari Indonesia itu sekitar 154, dari negara luarnya itu sekitar 79 orang," ungkapnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Turut Dongkrak Wisatawan Liburan ke Indonesia

Untuk hari ini, terdapat 154 wisatawan yang diberangkatkan menuju Kunming, China. Dalam perjalanan tersebut, pihak agen perjalanan membanderol harga Rp 7 juta per-orang dengan layanan penuh.

Layanan tersebut mulai dari hotel, tiket wisata dan juga fasilitas transportasi selama enam hari di daerah yang terkenal dengan batuan raksasa tersebut. Harga tersebut pun juga masuk dalam layanan kepulangan ke negara asal.

Corporate Communications Lion Air Group, Ramaditya Handoko mengatakan, cara kerja sama baru yang dilakukannya ini, diharapkan mampu mendatangkan jumlah turis asing datang ke Indonesia. 

"Bersama dengan kerjasama ini, kami meyakini bahwa dapat meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan pariwisata di Indonesia yang akan semakin pesat. Di mana, Kementerian Pariwisata memiliki target sebanyak 20 juta wisatawan," kata dia. 

Maskapai yang merupakan anak perusahaan dari Lion Group itu pun, dipercaya sebagai salah satu charter flight atau penerbangan sewaan lantaran fasilitas yang dimilikinya.

Ke depan, bukan cuma sekali, tapi perjalanan dengan carter pesawat ini bakal dilakukan seminggu tiga kali. (Pramita Tristiawati) 

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.