Sukses

Pemerintah Minta Pengelola Bandara Gratiskan Landing Fee Khusus Siang Hari

Pemerintah terus mencari cara agar harga tiket pesawat bisa turun dan terjangkau oleh masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah terus mencari cara agar harga tiket pesawat bisa turun dan terjangkau oleh masyarakat. Salah satu cara yang tengah ditempuh adalah meminta maskapai memberikan harga murah tiket pesawat penerbangan siang hari.

"Harapan kepada airlines untuk memberikan suatu tarif yang beragam. Jadi dimungkinkan ada tarif murah untuk waktu-waktu tertentu. Katakan siang. Sehingga bagi mereka yang membutuhkan tarif murah, bisa menggunakan itu," ujar Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, saat ditemui di Bandara Depati Amir, Bangka Belitung, Kamis (14/3/2019).

Jika maskapai setuju akan cara ini, lanjut Budi, maskapai diminta konsisten dan mensosialisasikan hal ini secara masif kepada masyarakat. Harapannya industri penerbangan dapat menggeliat kembali.

"Tapi siang aja. Waktu terbang yang lain tetap seperti tarif yang sekarang. Sehingga airlines bisa bisnisnya bagus tapi masyarakat dapat tarif murah di waktu-waktu tertentu," jelasnya.

Di sisi pemerintah, Budi menambahkan juga akan meminta operator pengelola bandara memberikan suatu insentif kepada maskapai. Dia mencontohkan, pembebasan biaya pendaratan untuk di siang hari.

"Jadi kalau siang, mungkin landing fee digratisin. Siang aja," imbuhnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.