Bersih dan Nyaman, Jokowi Ingin Pasar Ikan Modern Muara Baru Seperti di Jepang

Oleh Nurmayanti pada 14 Mar 2019, 12:44 WIB
Presiden Jokowi Resmikan PIM Muara Baru

Liputan6.com, Jakarta Kesan kumuh, jorok, becek dan bau tampaknya tak akan terlihat lagi di Pasar Ikan Muara Baru, Jakarta. Ini setelah pasar tersebut memiliki bangunan baru, yang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada Rabu (13 Maret 2019).

Pasar Ikan Modern Muara Baru, Jakarta Utara seluas 2 hektare (ha) dibangun di atas 4,15 ha lahan dengan anggaran sebesar Rp 150,69 miliar. 

Pasar ikan modern ini dibangun sesuai amanat Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2016 tentang Percepatan Pembangunan Industri Perikanan Nasional dan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 3 Tahun 2017 tentang Rencana Aksi Percepatan Pembangunan Perikanan Nasional.

Dalam sambutannya, Jokowi bercerita mengenai awal mula keberadaan pasar ikan ini. Instruksi awal diberikan kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti untuk membangun sebuah pasar ikan modern pada 2016.

Jokowi bermimpi jika Indonesia bisa memiliki pasar ikan seperti di Tsukiji, Jepang. "Saya bangga bisa hadir di PIM Muara Baru. Karena kita sudah bisa membalik persepsi. Dulu persepsinya banyak orang, yang namanya pasar ikan pasti kotor becek bau. Tidak nyaman. PIM Muara Baru ini persepsi kalau dari luar, kelihatannya bersih nyaman dan tidak kalah dengan tempat belanja di Mall," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menuturkan bahwa PIM terdiri dari 896 unit lapak untuk jualan, 155 kios maritime, 8 unit food court, dan fasilitas lain. Jokowi berharap agar pedagang bisa menggunakan bangunan yang sudah modern ini dengan baik.

"Disertai pola kerja baru dan kebiasaan baru. Kualitas ikan dijaga agar tetap segar. Mari dijaga kebersihan keamanan dan kenyamanan," ujar Jokowi.

Sementara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyebut bahwa Pasar Ikan Modern di Muara Baru ini merupakan yang pertama di Indonesia. Kedepannya, dia ingin provinsi lain juga memiliki pasar modern tersebut.

"Saya ingin ini dikembangkan di seluruh Indonesia dengan melaksanakan jaminan mutu. Sekaligus terobosan one stop shopping dengan standar higienitas sekaligus destinasi wisata," ungkap Susi di lokasi.

Ingin tahu suasana saat Presiden Jokowi meresmikan Pasar Ikan Muara Baru, simak dalam video berikut:

 

 

 

2 of 2

Standar Tsukiji Jepang

Menurut dia, pembangunan Pasar Ikan Modern ini mengikuti standar pasar ikan Tsukiji. Untuk itu, dia meninta pedagang untuk menjadikan pasar modern ini terus bersih terjaga dan indah.

"Saya mohon jangan ada ikan berceceran di lantai seperti dulu. Kalau ikan di lantai, bapak-bapak jawab ditenggelamkan. Karena lautnya juga dekat untuk tenggelemin," ucap Susi.

Sebagai informasi, bangunan pasar terdiri 3 lantai seluas 20.442 meter persegi di atas lahan 4,15 hektare milik Perum Perindo. Pembangunan menggunakan dana APBN Kementerian Kelautan dan Perikanan sebesar Rp 150,7 miliar.

 

Lanjutkan Membaca ↓