Instagram hingga WhatsApp Sempat Gangguan, Bagaimana Saham Facebook?

Oleh Agustina Melani pada 14 Mar 2019, 12:30 WIB
Facebook

Liputan6.com, Jakarta - Facebook, Instagram dan WhatsApp sempat tumbang di seluruh dunia sejak beberapa jam lalu. Pengguna media sosial dan layanan pesan singkat itu mengeluhkan tak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya.

Dengan ada masalah tersebut, bagaimana dampaknya terhadap pergerakan saham Facebook?

Mengutip data Bloomberg,  saham Facebook di bursa saham Nasdaq, Amerika Serikat (AS) naik tipis 0,84 persen atau 1,45 poin ke posisi USD 173,37 pada perdagangan Rabu waktu setempat (Kamis pagi WIB).

Dengan kenaikan tipis harga saham Facebook itu mendorong kapitalisasi pasar saham Facebook mencapai USD 494,79 miliar. Saham Facebook pada awal perdagangan sempat dibuka naik ke posisi USD 172,32 dari penutupan perdagangan Selasa USD 171,92.

Terkait ada gangguan di layanan media sosial dan pesan singkat itu, Facebook menyatakan, masalah itu terjadi bukan karena ada serangan siber terhadap sistemnya.

"Kami sadar sejumlah pengguna mengalami masalah saat mengakses aplikasi keluarga Facebook. Kami bekerja keras untuk menangani masalah ini secepatnya," tulis Facebook.

Mengutip laman CNBC, Kamis (14/3/2019), pihak Facebook juga hanya memberikan informasi minim selain mengakui layanannya sedang down di sejumlah wilayah.

Berdasarkan data Downdetector, laporan masalah dengan Facebook memuncak di lebih dari 11.000 di seluruh dunia. Adapun Downdetector merupakan situs dengan pengguna dapat melaporkan masalah pada aplikasi dan situs web.

Para pengguna melaporkan berbagai masalah mulai dari tidak dapat memuat situs sama sekali hingga tidak dapat memposting komentar.

 

2 of 2

Facebook dan Instagram Sudah Bisa Diakses

Facebook
Ilustrasi Facebook (Foto: New Mobility)

Sebelumnya, setelah tumbang berjam-jam, aplikasi Facebook dan Instagram akhirnya berangsur normal. Keduanya mulai bisa diakses oleh penggguna.

Pantauan Tekno Liputan6.com di laman pendeteksi situs down DownDetector, Kamis 14 Maret 2019, jumlah laporan error-nya Intagram dan Facebook mulai menurun.

Per pukul 09.00 WIB, laporan tentang error Instagram sedang berada di puncak dengan jumlah laporan lebih dari 30 ribu laporan.

Sementara setelah pukul 09.00 WIB, jumlah laporan terus menurun hingga terakhir menjadi 5.000an laporan.

Kemudian, laporan soal error-nya Facebook pun mengalami penurunan setelah pukul 09.00 WIB. Puncak laporan terjadi sekitar pukul 09.00 dengan jumlah lebih dari 12 ribu laporan.

Sementara saat ini jumlah laporan turun hingga 3.000an laporan.

Ketika Tekno Liputan6.com mencoba mengakses Instagram, aplikasi ini sudah bisa diakses secara normal.

Proses loading pun membuahkan hasil, yakni pembaruan unggahan bisa dirasakan pengguna. Demikian juga dengan pencarian di Instagram juga bisa diakses.

Selanjutnya Facebook juga sudah bisa diakses, kami bisa memperbarui News Feed dan tampak update yang diunggah teman mulai bisa terlihat. 

Sayangnya, ketika kami mencoba mengirim gambar lewat WhatsApp masih belum bisa dilakukan dan selalu mengalami kegagalan.

Bagaimana dengan warganet pengguna Instagram, Facebook, dan WhatsApp lainnya, apakah aplikasi tersebut masih belum bisa diakses?

 

 Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓