Sukses

Jokowi Minta Bandara Depati Amir Bisa Tampung 5 Juta Penumpang

Presiden Jokowi mengatakan kapasitas tampung bandara saat ini 1,5 juta penumpang per tahun.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo ( Jokowi) pagi ini meresmikan Bandara Depati Amir, Pangkal Pinang, Bangka Belitung. Bandara tersebut diharapkan bisa menumbuhkan perekonomian melalui pariwisata dan investasi.

Presiden Jokowi mengatakan kapasitas tampung bandara saat ini 1,5 juta penumpang per tahun. Dia meminta pengembangan terminal di sayap kanan terminal saat ini agar kapasitas tampung bertambah menjadi 3 juta penumpang.

"Diharapkan 2020 selesai," ujarnya ditemui di Bandara Depati Amir, Kamis (14/3/2019).

Pengembangan bandara, lanjut presiden, akan menggenjot investasi di kawasan ekonomi khusus (KEK) Bangka Belitung.

Berdasarkan perhitungan sejauh ini, kehadiran KEK Tanjung Kelayang mampu manaikkan pendapatan asli daerah (PAD) 300 persen.

"KEK Tanjung Kelayang ditargetkan investasi masuk hingga Rp 9 triliun," ucapnya.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menambahkan target kapasitas 5 juta penumpang Bandara Depati  diharapkan dapat dicapai pada 2024 mendatang.

"Target 5 juta sesuai instruksi presiden tadi dalam 5 tahun ke depan," jelas dia

Reporter: Harwanto Bimo

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Presiden Resmikan Terminal Baru Bandara Depati Amir

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Kota Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel), Kamis (14/3/2019) pagi ini.

Mengutip laman Sekretariat Kabinet, tiba dengan pesawat kepresidenan Indonesia-1 di Bandara Depati Amir, Pangkal Pinang, sekitar pukul 09.30 WIB, Presiden Jokowi disambut langsung Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Babel Erzaldi Rosman, dan Kapolda Babel Brigjen Polisi Istiono.

Selanjutnya, Presiden meninjau maket dan keterangan pembangunan bandara serta kawasan ekonomi khusus. Selain itu, Presiden juga meninjau ruang tunggu penumpang di bandara tersebut.

Dalam kunjungan kerja ke Provinsi Bangka Belitung ini, Presiden Jokowi dijadwalkan meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kelayang, dan bertemu dengan sejumlah penerima bantuan Program Keluarga Harapan dan Bantuan Pangan Non Tunan (BPNT).

Mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan tersebut antara lain Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Usai kunjungan kerja ke Provinsi Bangka Belitung, Presiden Jokowi dan rombongan akan melanjutkan kunjungan kerja ke Provinsi Sumatera Utara, pada Kamis (14/3) sore.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini