Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI ke Bank Lain, Transaksi Dijamin Mudah

Oleh Yunisda Dwi Saputri pada 14 Mar 2019, 10:20 WIB
Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI

Liputan6.com, Jakarta Pada zaman dahulu, orang-orang memilih menyimpan uang dalam jumlah banyak di lemari atau di bawah kasur. Kini, orang-orang tidak perlu takut kehilangan uang dengan hadirnya bank. Di Indonesia sendiri, banyak terdapat pilihan bank, baik itu berupa bank pemerintahan, bank swasta, maupun bank asing.

Salah satu bank terbesar milik pemerintahan adalah BRI. BRI adalah singkatan dari Bank Rakyat Indonesia, yang telah berdiri sejak tahun 1895. Keunggulan BRI dibanding bank lainnya adalah banyaknya kantor cabang dan ATM yang tersebar luas hingga ke pelosok desa. Selain itu, BRI juga menyediakan banyak jasa untuk nasabahnya.

Dengan kemudahan menemukan kantor cabang dan ATM, para nasabah diuntungkan karena bisa bertransaksi dengan leluasa tanpa harus terhalang jarak. Prosedur transaksi BRI yang dilakukan pun terbilang mudah.

Jika awalnya orang-orang terbiasa melakukan transaksi perbankan khususnya transfer uang melalui teller, nasabah BRI bisa melakukannya secara mandiri melalui mesin ATM atau Anjungan Tunai Mandiri. Cara transfer uang lewat ATM BRI pun bisa dilakukan oleh semua kalangan dan lapisan masyarakat, asalkan yang bersangkutan telah memegang kartu ATM BRI.

Sayangnya, karena tidak semua orang memilih BRI sebagai mitra keuangan, tidak sedikit orang yang kebingungan ketika dihadapkan untuk transfer uang kepada nasabah bank lain. Untuk itu, Anda bisa ikuti cara transfer uang ke bank lain khususnya bagi para nasabah BRI.

Selengkapnya, berikut cara transfer uang lewat ATM BRI ke bank lain yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (13/3/2019).

2 of 4

Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI ke Bank Lain

1. Masukkan kartu ATM BRI

Cara transfer uang lewat ATM BRI ke bank lain yang pertama adalah dengan memasukkan kartu ATM BRI pada slot yang tersedia. Saat Anda memasukkan kartu, pastikan kartu telah berada dalam posisi yang tepat, yaitu logo tulisan BANK BRI di pojok kanan bawah. Kemudian tunggu beberapa saat hingga menu pada layar muncul.

2. Pilih bahasa

Selanjutnya, pilih bahasa yang ingin Anda gunakan. Untuk mempermudah prosesnya, Anda bisa memilih bahasa Indonesia. Tunggu sesaat hingga muncul tampilan menu baru. Setelah muncul, klik pilihan LANJUTKAN yang ada pada bagian pojok bawah layar.

3. Masukkan PIN ATM

Langkah selanjutnya ialah ketik PIN atau kata sandi yang Anda punya melalui papan ketik ATM. Jangan lupa untuk menutupinya saat Anda menuliskan pin dengan tangan lainnya.

4. Pilih Transaksi lainnya

Tunggu beberapa saat hingga muncul pilihan menu di layar mesin ATM. Setelah menu muncul, Anda hanya perlu untuk menekan tombol sejajar dengan pilihan TRANSAKSI LAINNYA karena Anda hendak melakukan transfer.

5. Pilih transfer

Selanjutnya, muncul tampilan menu baru di layar berupa pilihan jenis transaksi. Pilih opsi TRANSFER untuk melanjutkan.

3 of 4

Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI ke Bank Lain Menurut Kode Bank

Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI (sumber: iStock)
Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI (sumber: iStock)

6. Pilih bank tujuan transfer

Setelah itu, pada layar mesin ATM akan menampilkan pilihan tujuan transfer yang Anda inginkan. Anda bisa menekan tombol yang sejajar dengan opsi ‘BANK LAIN’.

7. Masukkan kode bank

Setelah itu, Anda harus memasukan kode bank nomor rekening tujuan Anda. Apabila Anda tidak hafal dengan kode bank tujuan, Anda bisa melihatnya dengan memilih pilihan ‘DAFTAR KODE BANK’.

8. Masukkan kode bank dan nomor rekening tujuan

Hafalkan kode bank tujuan yang berupa 3 digit untuk dibubuhkan ke dalam nomor rekening tujuan. Jika Anda telah memasukan kode bank yang diminta, Anda hanya perlu memasukkan nomor rekening tujuan lalu tekan tombol BENAR.

9. Masukkan jumlah nominal uang

Kemudian, Anda hanya perlu menuliskan jumlah nominal uang yang akan Anda transfer. Pastikan nominal yang Anda input sudah sesuai dengan rencana. Setelah itu, tekan tombol BENAR.

10. Nomor referensi

Jika tidak ada nomor referensi tertentu, Anda bisa lewati langkah ini.

 

4 of 4

Langkah Terakhir Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI ke Bank Lain

11. Konfirmasi data tujuan transaksi

Tunggu beberapa saat hingga mesin ATM menampilkan konfirmasi pembayaran berupa nama bank, nomor rekening, atas nama pemegang rekening, dan juga jumlah nominal yang akan ditransfer. Jika seluruh informasi telah benar, Anda bisa melanjutkan proses transaksi dengan memilih YA pada layar.

12. Ambil bukti transaksi

Tunggu beberapa saat hingga proses transfer selesai dilakukan. Setelah itu, ambil bukti transfer berupa struk yang keluar dari slot mesin ATM. Biasanya, struk dibutuhkan sebagai bukti telah melakukan transaksi.

13. Keluarkan kartu ATM

Jika sudah selesai, jangan lupa untuk mengeluarkan kartu ATM dengan memilih pilihan TIDAK pada menu yang tersedia. Atau Anda juga bisa menekan tombol CANCEL pada papan ketik mesin ATM.

Nah, itulah cara transfer uang lewat ATM BRI ke bank lain yang bisa Anda ikuti langkahnya. Selalu jaga kerahasiaan kata sandi kartu ATM Anda untuk terhindar dari oknum yang tidak bertanggungjawab.

Lanjutkan Membaca ↓