8 Tips Aman Berbelanja Online

Oleh Fitriana Monica Sari pada 13 Mar 2019, 08:41 WIB
Orang belanja online

Liputan6.com, Jakarta - Hobi berbelanja daring memang tak ada salahnya. Hanya saja, kamu harus tetap waspada dan hati-hati. Salah sedikit saja, kamu bisa terkena penipuan.

Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar terhindar dari penipuan ketika berbelanja secara daring. Ini dia 8 tipsnya dari Swara Tunaiku!

1. Lakukan Riset

Sebelum kamu berbelanja daring, baiknya cari tahu dulu toko online mana yang bisa kamu tuju. Apakah toko itu memiliki reputasi yang baik dan terpercaya dalam melayani pelanggan atau tidak? Kamu bisa melihat reputasi ini dari berbagai review yang ada.

Selain itu, tak ada salahnya kamu juga cari tahu mengenai reputasi toko online itu di internet atau media sosial.

2 of 5

2. Jaga Semua Informasi Penting

Orang belanja online
Ilustrasi Orang belanja online (iStockPhoto)

Ketika kamu diharuskan untuk mengisi data di sebuah toko online, baiknya pastikan kamu hanya mengisi data yang dibutuhkan saja.

Kamu tak boleh sembarangan memberi informasi data penting yang bisa disalahgunakan pihak tak bertanggung jawab agar tetap aman.

3. Jika Ragu, Lebih Baik Tinggalkan

Jika kamu berbelanja online di suatu toko dan kamu merasa tak yakin, baiknya kegiatan berbelanja tersebut dibatalkan saja.

Ingat, kamu harus yakin dengan apa yang kamu lakukan. Misalnya, yakin bahwa barang tersebut akan benar-benar sampai ke rumah, yakin barang yang dikirimkan sama dengan yang kamu pesan, dan lainnya.

3 of 5

4. Cek Kembali Rincian Belanjaan

Ilustrasi Belanja Online
Ilustrasi Belanja Online (Foto: Pixabay.com)

Sebelum kamu check out dan melakukan pembayaran, lakukan pengecekan lebih dulu dengan rincian belanjaanmu. Jangan sampai ada yang tertinggal atau lebih dari yang seharusnya kamu bayarkan. Cek juga satu persatu jenis barang yang akan kamu beli. Jangan sampai kamu menyesal di akhirnya karena salah membeli barang.

5. Metode Pembayaran dengan Kartu Kredit

Dalam berbelanja secara daring, salah satu metode pembayaran paling aman yang bisa kamu pilih adalah dengan menggunakan kartu kredit.

Jika kamu berbelanja dengan menggunakan kartu ini dan ternyata barang yang kamu pesan tak sampai, kamu bisa menghubungi pihak bank kartu kreditmu dan meminta pembatalan transaksi atau pengembalian.

4 of 5

6. Belanja Bayar di Tempat

Ilustrasi kurir (Pixabay)
Ilustrasi kurir (Pixabay)

Selain membayar dengan metode kartu kredit, kamu juga bisa coba bayar secara COD saja. Artinya, kamu membeli barang dan membayarnya ketika barang tersebut sampai di rumah lewat kurir.

Dengan metode ini, kamu tak perlu khawatir kalau barang yang kamu beli salah padahal sudah melakukan pembayaran.

7. Periksa Keamanan Device dan Privasi Akun

Selain itu, pastikan semua keamanan dan privasi akunmu terjaga sebelum memutuskan untuk berbelanja online di suatu toko daring.

Kamu bisa memastikan device yang kamu gunakan bebas dari malware yang merugikan sehingga semua akunmu tak akan disalahgunakan orang tak bertanggung jawab.

 

5 of 5

8. Jangan Lupa Log Out

Orang belanja online
Ilustrasi Orang belanja online (iStockPhoto)

Bila kamu telah selesai melakukan transaksi, jangan lupa log out dari akun situs belanja online tersebut. Jangan sampai kamu lupa melakukannya dan hal itu dimanfaatkan oleh orang tak bertanggung jawab.

Kalau kamu menggunakan komputer atau ponsel sendiri, tak masalah. Kalau menggunakan punya teman atau komputer umum? Bisa gawat!

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar aman ketika berbelanja online. Tak terlalu susah dalam menerapkannya, kan? Paling penting, kamu harus tetap waspada.

Lanjutkan Membaca ↓