Hal yang Akan Terjadi Kalau Kamu Punya Penghasilan Lebih Tinggi dari Pasangan

Oleh Fitriana Monica Sari pada 06 Apr 2019, 18:00 WIB
Diperbarui 06 Apr 2019, 18:00 WIB
Bertengkar Berselisih Paham dengan Pasangan

Liputan6.com, Jakarta Dalam suatu hubungan, uang memang bukan jadi masalah utama. Namun, ada saatnya hal ini juga jadi masalah besar bila kondisi keuangan tak stabil. Solusi untuk mengatasi ini tentunya antara kamu dan pasangan sama-sama bekerja.

Sayangnya, bagi wanita yang memiliki penghasilan lebih besar dari pasangan, sering kali terjadi hal tak enak di kehidupannya. Dikutip dari Swara Tunaiku, ini dia beberapa di antaranya!

1. Pasangan Tidak Nyaman

Perbedaan penghasilan yang cukup besar antara pasangan memang bisa membuat pasangan dengan penghasilan lebih rendah tak nyaman.

Hal ini bisa menjadi sumber masalah di dalam rumah tangga kamu. Bila tak diatasi dengan benar, ini akan menjadi beban dan rumah tanggamu bisa saja berantakan.

Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu memberikan pengertian agar hal seperti ini tak menjadi beban. Buat ia mengerti bahwa gaji yang besar tersebut tak akan mengganggu hubungan kamu dan pasangan.

2 dari 3 halaman

2. Hubungan Bisa Jadi Lebih Rumit

Pasangan bertengkar
Ilustrasi pasangan bertengkar (iStockpohoto/GeorgeRudy)

Jika kamu adalah perempuan dan gaji yang kamu terima lebih tinggi dibanding pasangan, kamu mungkin akan menemukan banyak momen yang rumit dan sulit serta tak nyaman di antara kamu dan pasangan. Misalnya saja, ketika kamu berdua memutuskan untuk liburan berdua di suatu tempat.

Kamu mungkin bisa dengan mudah memenuhi biaya-biaya yang dibutuhkan ketika liburan tersebut. Namun, bagaimana dengan pasanganmu? Dia pastinya akan harus lebih kerja keras untuk memenuhinya. Bila kamu berniat membayar semuanya, tentu dia akan menolak dan merasa bersalah.

3. Perbedaan Penghasilan Bukan Masalah

Di zaman seperti sekarang ini, perbedaan penghasilan antara pasangan tak bisa dihindari. Bila dulu perempuan lebih dominan menjadi ibu rumah tangga, sekarang tak lagi. Bahkan mereka bisa jadi pemimpin perusahaan. Asal tak ada yang mempermasalahkan hal ini, hidup kamu dan pasangan tak akan bermasalah. Kamu tetap bisa saling mencintai.

3 dari 3 halaman

4. Dia Menyukainya

Pertengkaran
Ilustrasi Foto Pertengkaran Suami Istri (iStockphoto)

Jika pasanganmu termasuk jenis orang rumahan, dalam hal ini lebih santai dan tak bekerja di kantor, mungkin dia akan menyukainya dan membiarkan kamu bekerja, memenuhi semua kebutuhan kamu dan keluarga. Dia akan lebih memilih tinggal di rumah, bersantai, dan melakukan hal lainnya yang tak berguna.

Dengan mudahnya, dia menyerahkan semua tugas untuk bekerja dan mencari uang pada kamu. Apalagi bila jumlah penghasilan yang bisa kamu dapat mencukupi untuk hidup kalian berdua. Ini memang riskan. Namun, sebisa mungkin kamu beri dia pengertian bahwa hal tersebut salah.

5. Hubungan Kalian Mungkin Akan Berakhir

Skenario paling buruk bila kamu memiliki gaji lebih besar dibanding pasangan adalah hubunganmu tak akan bertahan lama alias akan berakhir.

Pasanganmu bisa saja tak bisa menerima apa yang kamu miliki sekarang ini. Bisa saja ia memintamu untuk meninggalkan pekerjaanmu ini dan lebih fokus untuk bersamanya.

Pada hal ini, tentunya kalian akan lebih mudah bertengkar. Perpecahan di antara kalian tak bisa dihindari terlebih bila kamu juga berkeras untuk mempertahankan pekerjaanmu.

Memang, kalau kamu bisa memberikan pengertiannya, hal ini tak jadi masalah. Namun, pada kebanyakan kasus, hal ini memang lebih sering berakhir dengan hubungan yang pisah.

Tak bisa disangkal bahwa uang memang bisa membawa perpecahan antara kamu dan pasangan. Namun, sebenarnya kamu bisa meminimalkan hal tersebut dengan komunikasi yang baik. Selama saling membantu dan bahu membahu, niscaya hal buruk akan bisa diatasi.

Lanjutkan Membaca ↓