Sukses

Ada 11.000 Lowongan Kerja BUMN, Seleksi Digelar Secara Online

Program Perekrutan Bersama BUMN dibuka hingga 17 Maret 2019 menyediakan 11.000 posisi lowongan kerja BUMN di 110 BUMN.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian BUMN melalui Forum Human Capital Indonesia (FHCI) mengundang putra putri terbaik Indonesia untuk bergabung menjadi keluarga besar BUMN melalui Program Perekrutan Bersama BUMN. 

Program yang dibuka hingga 17 Maret 2019 ini menyediakan 11.000 posisi lowongan kerja BUMN di 110 BUMN. Fokus utamanya adalah meningkatkan produktivitas dan daya saing BUMN di kancah internasional.

Program perekrutan bersama BUMN dilakukan secara terbuka dan memberikan peluang yang sama bagi semua kalangan lulusan SLTA/SMK, Vokasi, S1-S2, talenta disabilitas, dan rekrut khusus putra/putri dari KTI (Kawasan Indonesia Timur).

Saat ini pendaftaran Program Perekrutan Bersama BUMN sudah dapat dilakukan melalui http://rekrutbersama.fhcibumn.com.

Setelah mendaftar, para pelamar harus menghadapi rangkaian tes awal secara online, serta tes yang dilaksanakan pihak BUMN yang dilamar. Ini dimaksudkan BUMN agar memudahkan peserta sehingga tidak perlu menempuh perjalanan menuju lokasi tes.  

"Berbeda dengan ASN yang tesnya datang ke satu lokasi, ini bisa dikerjai di rumahnya masing-masing, lewat online test di situ," tutur Ketua Forum Human Capital Indonesia, Herdy Rosadi Harman.

Setelah berhasil lolos seleksi tahap awal, peserta akan menghadapi seleksi masing-masing BUMN. Seleksi BUMN dilaksanakan sesuai kebijakan masing-masing BUMN.

Dalam perekrutan ini, BUMN menyiapkan 9.000 jenis posisi yang berada di berbagai sektor yang siap menampung para talenta baru, di antaranya:

Ketahanan Energi, Logistik & Perdagangan, Pariwisata & Kebudayaan, Ketahanan Pangan dan Perkebunan, Pelayanan Kesehatan, Ekonomi Maritim, Konektivitas, Konstruksi dan Infrastruktur, Pertambangan, Manufaktur, Pertahanan Strategis & Teknologi, Industri Berat dan Perkapalan, Telekomunikasi dan Digital, Jasa Keuangan dan Perbankan serta Ekonomi Kerakyatan.

Calon pekerja dapat memilih tiga perusahaan yang dituju, namun penempatan menjadi kewenangan BUMN. Ada kemungkinan rotasi, tetapi mengikuti aturan dan kebutuhan masing-masing BUMN.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jenis Seleksi

Seleksi Kemampuan Dasar:

- Tes kemampuan Dasar berupa VNS (verbal, numerical, & spatial). Tes psikotes kognitif dilaksanakan secara online.

Seleksi BUMN (dilaksanakan oleh masing-masing BUMN):

- Tes Kemampuan sesuai posisi pilihan

- Interview manajemen

- Tes Kesehatan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.