Sukses

Ikut Tes IELTS? Hindari Pantangan Ini agar Berhasil

Agar berhasil mengikuti tes IELTS, jangan pernah lakukan hal ini

Liputan6.com, Jakarta - Tak sedikit orang yang menyatakan bahwa tes IELTS itu sulit. Tak heran pula bila cukup banyak orang yang gagal mengikuti tes ini.

Selain itu, biaya tes IELTS juga dikenal tidaklah murah. Jika gagal, maka harus rela kehilangan uang yang tidak sedikit itu.

Tentu saja, jika diimbangi dengan persiapan dan latihan yang baik, maka hasil dari tes IELTS itu pun juga akan memuaskan. Nah, agar berhasil mengikuti tes IELTS, jangan pernah lakukan hal ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Tidak Memahami Format Soal yang Dikerjakan

Tipe soal pada tes IELTS berbeda-beda. Ada yang khusus listening, reading, writing, dan speaking.

Sebelum mengerjakan soal, coba identifikasi jenis soal apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Baca instruksi yang ada pada lembar pertama agar Anda dapat mengerjakan soal secara tepat.

Setiap format soal memiliki termin waktu masing-masing. Misalnya, soal writing 60 menit, listening 30 menit, dan seterusnya. Jangan terpaku pada satu bagian saja, sehingga bagian lain terlewatkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Sulit Memahami Berbagai Aksen yang Diucapkan

Pengucapan atau pronounciation pada IELTS jauh lebih sulit dibandingkan TOEFL. Sebab, aksen yang digunakan sangat beragam. Mulai dari aksen Inggris Amerika, British, Australia, dan New Zealand.

Jika Anda tidak mampu memahami setiap aksen dengan baik, dapat dipastikan akan gagal saat mengerjakan soal listening.

Oleh karena itu, Anda perlu bekerja keras untuk melatih kemampuan listening. Luangkan waktu untuk mendengar percakapan Bahasa Inggris dari berbagai negara, sehingga indera pendengaran Anda semakin tajam untuk memahami kata demi kata yang diucapkan.

3. Terbiasa Menyingkat Kalimat Bahasa Inggris

Jika Anda terbiasa menggunakan Bahasa Inggris informal, sebaiknya jangan dibiasakan lagi. Karena kalimat yang diujikan dalam tes bersifat formal.

Jika Anda tidak memahami kalimat formal, maka Anda akan kesulitan saat mengerjakan soal-soal yang tertera pada lembar ujian. Pahami pula susunan grammar yang diminta dalam soal.

Ketahui kapan Anda harus memakai kata bantu “s” di belakang suatu kata dan kapan tidak untuk menggunakannya. Dengan teliti seperti ini, maka skor IELTS bisa lebih tinggi dari yang diharapkan.

3 dari 4 halaman

4. Terlalu Fokus pada Soal Bacaan

Paragraf bacaan pada soal reading sangat panjang. Untuk itu, Anda tidak boleh terpaku pada kalimat bacaan tersebut. Cobalah meminimalisir waktu untuk membaca agar Anda bisa fokus mengerjakan pertanyaan yang tertera pada soal.

Sisihkan waktu untuk latihan. Semakin banyak latihan, maka semakin banyak materi yang bisa Anda kuasai. Dengan demikian, soal reading bukan hal yang sulit lagi untuk dikerjakan.

5. Jangan terlalu terpaku pada tips dan trik

Ada banyak tips dan trik untuk mengerjakan soal IELTS. Tips dan trik ini bisa Anda peroleh dari buku bacaan atau dari internet. Tapi ingat, jangan terlalu terpaku pada tips dan trik agar Anda tidak kaku saat mengerjakan soal.

Cari tahu di mana letak kelebihan Anda dalam Bahasa Inggris. Apakah itu pada soal listening, reading, writing, atau speaking. Jika sudah tahu, Anda bisa langsung sesuaikan dengan tips dan trik yang diperoleh dari internet untuk memudahkan saat mengerjakan soal.

4 dari 4 halaman

6. Kurang Fokus atau Kurang Konsentrasi

Mengerjakan soal IELTS membutuhkan keseriusan ekstra. Jika pikiran buyar, Anda akan kesulitan menjawab berbagai soal dalam tes dengan baik dan benar.

Untuk itu, coba latih daya konsentrasi secara perlahan agar Anda dapat fokus saat mengerjakan atau mengikuti tes nanti.

Jauhkan pikiran yang tidak ada kaitannya dengan tes IELTS, sehingga apa yang Anda pelajari dan persiapkan dari rumah bisa dituangkan secara maksimal dalam lembar jawaban tes IELTS nanti.

7. Mengabaikan Kursus dan Belajar Kelompok

Tidak hanya TOEFL saja yang menawarkan kursus, tapi juga IELTS. Anda dapat mengikuti les IELTS dengan biaya yang sangat bervariatif, tergantung dari jumlah pertemuan dan lama waktu belajar.

Pilih kursus yang terbaik agar ilmu yang Anda dapatkan juga maksimal. Selain kursus, Anda juga bisa mengikuti kelompok belajar khusus IELTS.

Carilah teman yang pandai berbahasa Inggris dan ajaklah mereka untuk belajar bersama. Minta penilaian mereka terhadap kemampuan Bahasa Inggris Anda saat ini.

Jika masih kurang, Anda bisa segera memperbaikinya dan menambah waktu belajar agar kemampuan Bahasa Inggris semakin mantap.

Jangan Pernah Bolos Latihan

Kunci keberhasilan IELTS adalah latihan. Jika mau berlatih secara terus-menerus, kemampuan Bahasa Inggris Anda akan terasah dengan sendirinya.

Tidak hanya latihan teori saja, tapi juga praktik agar otak semakin terbiasa dengan kata-kata atau kalimat dalam Bahasa Inggris. Selalulah bersemangat!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini