Waralaba Makanan Modal Kecil untuk Pebisnis Pemula, Bisa Raup Banyak Untung

Oleh Heri Setiawan pada 08 Mar 2019, 14:00 WIB
Diperbarui 08 Mar 2019, 14:00 WIB
Waralaba Makanan
Perbesar
Waralaba Makanan (sumber: iStock)

Liputan6.com, Jakarta Berbisnis menjadi salah satu langkah yang bisa diambil dalam mencari nafkah. Dari beragam jenis usaha yang ada, makanan menjadi bisnis yang paling banyak diincar karena tingginya kebutuhan masyarakat pada komoditas tersebut. Bagi pebisnis pemula, konsep waralaba atau franchise juga banyak disukai. Sebab, orang yang memiliki modal kecil pun bisa memulai bisnis waralaba.

Bisnis waralaba makanan dipercaya merupakan salah satu dari sekian banyak bisnis yang tidak terlalu terkena imbas krisis. Alasannya, semua orang butuh makanan, sehingga otomatis pasti dicari orang. Sekarang tinggal bagaimana mengemas bisnis tersebut dan layak untuk dijual. Yang jelas, faktor paling mendasar adalah rasa dari makanan yang dijual.

Setelah itu untuk dapat sukses diperlukan strategi yang fokus dan komitmen penuh. Bila kamu tidak mahir memasak tapi tertarik ingin membuka bisnis makanan, cukup menyediakan dana kecil atau bersama-sama teman-teman serta cari lokasi lalu dan bisnis sudah berdiri. Atau kamu tetap bisa merintis bisnis makanan dengan membeli lini kuliner waralaba alias franchise.

Bagi kamu yang tertarik untuk memulai bisnis waralaba dengan modal kecil, berikut liputan6.com rangkum cara memulai waralaba makanan yang bisa kamu coba untuk memulai usaha baru, Kamis (7/3/2019).

2 dari 4 halaman

Tips memulai waralaba makanan modal kecil

Yang perlu diperhatikan dalam bisnis waralaba makanan modal kecil adalah ciri khas sajian menu. Setiap bisnis kuliner biasanya menawarkan produk yang berbeda sehingga diperlukan website atau akun media sosial khusus sebagai media penyampaian menu. Kustomer baru tentu ingin tahu informasi mengenai menu makanan tersebut juga harganya.

Juga gunakan satu nomor telepon yang mudah diingat customer. Satu nomor pemesanan yang mudah diingat diperlukan untuk menarik customer yang sering menggunakan layanan delivery service.

Pemberian suvenir after service juga bisa meningkatkan kepuasan customer dan mengingatkan mereka untuk datang kembali. Jangan lupa untuk memasang display menu yang menarik dan informatif untuk memancing minat customer baru.

1. Pilih brand yang tepat

Tips yang pertama adalah memilih brand waralaba makanan yang tepat. Jika kamu tidak terlalu mahir dalam bidang memasak, pilihlah jenis waralaba yang mudah dijalankan dengan tenaga pemasak yang bisa kamu rekrut. Selain itu, lirik waralaba yang punya banyak peminatnya dan memiliki banyak outlet sehingga sudah dikenal, misalnya saja waralaba makanan camilan kekinian yang banyak digemari anak muda.

2. Pelajari brand dengan baik

Tips waralaba makanan modal kecil yang kedua adalah pelajari brand dengan baik. Setelah memilih brand waralaba, pastikan untuk mempelajari syarat dan ketentuan yang diberikan dengan teliti. Jangan sampai karena kamu sudah cocok lalu langsung menandatangani kontrak.

Perhatikan terlebih dahulu ukuran booth yang diberikan, kisaran harga jual, banner, bahan baku, kemasan waralaba, royalti atau komisi yang dikenakan, serta standard operating procedures (SOP) yang berlaku.

3 dari 4 halaman

Hal-hal yang harus diperhatikan

3. Pilih lokasi yang strategis

Tips waralaba makanan modal kecil yang ketiga adalah pilih lokasi yang strategis. Untuk menentukan lokasi berjualan yang strategis ini, kamu harus menemukan yang cocok dengan pilihan waralabamu. Misalkan saja kamu mengambil waralaba makanan modal kecil, maka kamu harus mengambil lokasi di dekat sekolah atau universitas, jangan di area perkantoran karena segmentasi pasar yang dibidik adalah anak muda seperti pelajar dan mahasiswa.

4. Hitung dengan matang pengeluaran

Tips waralaba makanan modal kecil yang keempat adalah hitung dengan matang pengeluaran. Hitunglah biaya waralaba yang dipatok oleh franchisor, sewa tempat, listrik, hingga gaji pegawai jika ingin menggunakan pegawai. Nantinya setelah bisnis waralaba sudah berjalan, kamu harus tetap rutin membuat perhitungan setiap bulan.

5. Siapkan modal

Jika semua tips diatas sudah kamu jalankan, tips waralaba makanan modal kecil yang kelima adalah kamu harus siapkan modal. Membuka gerai waralaba makanan memang memiliki modal yang tidak sedikit karena kebanyakan waralaba mematok harga franchise puluhan bahkan hingga ratusan juta. Tapi jika dana yang kamu miliki terbatas, ternyata masih ada kok waralaba makanan yang hanya membutuhkan modal di bawah Rp 5 juta.

4 dari 4 halaman

Contoh waralaba makanan modal kecil

Ilustrasi ayam goreng KFC
Perbesar
Ilustrasi (iStock)

Usaha waralaba minuman saat ini tengah digemari oleh masyarakat Indonesia. Minuman yang dijual pun beraneka macam jenisnya dari yang mulai tradisional, modern, ataupun kombinasi antar keduanya. Untuk memulai usaha tersebut biasanya dikenakan modal awal dari Rp 1 Juta hingga Rp 5 juta. Semuanya tergantung dengan pembelian paket waralaba yang kamu beli.

Adapun contoh beberapa waralaba minuman yang bisa kamu coba antara lain: Teh Tongji, Es Capucino Cincau, Es Bubble Tea/Drink, Thai Tea dan lain-lainnya.

Jenis makanan yang diwaralaba pun beraneka ragam dari mulai makanan ringan ataupun berat. Belakangan ini juga para artis ibu kota membuka usaha serupa dengan membuat konsep waralaba makanan yang cukup unik diantaranya : Ayam Tepung Goreng atau Fried Chicken, Kebab, Sosis Bakar, Jamur Crispy, Jagung keju dan masih banyak makanan lainnya yang bisa kamu coba.

Lanjutkan Membaca ↓