Deretan Franchise Minuman Terlaris di Indonesia, Bisa Jadi Sumber Penghasilan

Oleh Yunisda Dwi Saputri pada 08 Mar 2019, 13:50 WIB
Diperbarui 08 Mar 2019, 13:50 WIB
Deretan Franchise Minuman Terlaris
Perbesar
(Sumber: iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Usaha franchise atau waralaba nampaknya semakin diminati banyak orang, khususnya para pebisnis pemula. Bisnis ini dikabarkan memiliki peluang yang besar dengan tingkat kesuksesan sebesar 70%.

Hal ini disebabkan karena kemudahan yang ditawarkan untuk mendirikan franchise. Ditambah, calon pebisnis tidak perlu susah-susah brainstorming ide bisnis.

Franchise merupakan usaha turunan dari bentuk usaha yang sudah ada sebelumnya. Meski demikian, izin mendirikan usaha franchise harus berdasarkan persetujuan penemu usaha. Selanjutnya, pendiri franchise sebagai pemilik modal cukup menyediakan dana dan lokasi, lalu bisnis sudah dapat berdiri.

 

2 dari 7 halaman

Franchise Masih Jadi Pilihan Pebisnis Muda

Deretan Franchise Minuman Terlaris
Perbesar
(Sumber: iStockphoto)

Dilansir Liputan6.com dari merdeka.com, Jumat (8/3/2019), Pengurus Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), Bije Widjajanto menyebut bahwa bisnis dengan konsep ini masih akan tetap menarik di tahun 2019. Maka tak heran jika jumlah bisnis franchise di Indonesia tercatat hampir 2.000 brand dengan 300 di antaranya merupakan brand asing.

Bije mengimbuhkan, menurutnya ada tiga jenis franchise yang paling banyak diminati. Yaitu kuliner, retail dan pendidikan seperti tempat kursus atau bimbel.

Khusus kuliner, Bije memprediksi bahwa jenis franchise yang satu ini akan semakin diminati oleh pelanggan mengingat bulan Ramadhan dan hari raya Lebaran jatuh di pertengahan tahun 2019.

Ditambah, kuliner yang meliputi makanan dan minuman adalah kebutuhan primer bagi semua orang. Franchise minuman, misalnya semakin banyak digandrungi para pebisnis muda. Jika dilihat dari tingkat kesulitan, franchise minuman cenderung lebih mudah direalisasikan karena tidak membutuhkan keahlian khusus.

Namun, ide kreatif dan inovatif dalam mengembangkan franchise minuman wajib dijadikan perhatian utama para calon pebisnis franchise.

Untuk itu, berikut Liputan6.com paparkan ulasan lengkap franchise minuman terlaris di Indonesia yang bisa meningkatkan tingkat ekonomi masyarakat, seperti yang dihimpun dari berbagai sumber, Jumat (8/3/2019).

3 dari 7 halaman

1. Franchise Teh

Deretan Franchise Minuman Terlaris
Perbesar
(Sumber: iStockphoto)

Salah satu franchise minuman sejuta umat adalah es teh. Hampir semua orang memesan minuman teh ketika sedang makan di luar. Maka, tidak aneh jika teh bisa dijadikan alternatif franchise minuman yang bisa menambah penghasilan. Pada awalnya, minuman teh hanya sesederhana es teh seperti Tong Tji, Teh Poci, Teh Gopek, dan yang lainnya.

Namun seiring perkembangan zaman, minuman teh mulai dikreasikan menjadi minuman baru yang tidak kalah nikmatnya. Misalnya, milk tea atau teh susu, Thai Tea, dan yang terbaru yaitu Cheese Tea. Nama gerai franchise teh terlaris di Indonesia adalah Dum Dum Thai Tea, Chatime, Chacha Milk Tea, Koi, Koma, dan banyak lainnya.

4 dari 7 halaman

2. Franchise Kopi

Deretan Franchise Minuman Terlaris
Perbesar
(Sumber: iStockphoto)

Selain teh, kopi juga menjadi varietas minuman terfavorit berbagai kalangan. Meski rasanya pahit, kopi memiliki kenikmatan tersendiri bagi para penggemarnya. Jika sebelumnya kopi hanya dijual di warkop, warung makan sederhana atau restoran, kini kopi telah berhasil menyasar penggemar baru dengan ide kreatif para pebisnis franchise.

Inovasi kopi yang ramai kini berupa Americano, Espresso, Cappuccino, Latte, Macchiato yang bisa ditemukan dengan mudah di kafe kecil maupun yang sudah memiliki berbagai cabang di Indonesia.

5 dari 7 halaman

3. Franchise Cokelat

Deretan Franchise Minuman Terlaris
Perbesar
(Sumber: iStockphoto)

Franchise minuman terlaris di Indonesia yang ketiga ini mungkin memiliki penggemar berbagai usia. Minuman cokelat pada dasarnya berasal dari buah cokelat yang memiliki rasa pahit. Namun, setelah diolah cokelat bisa disulap menjadi minuman enak yang manis serta menggoda lidah.

Tak heran jika cokelat menjadi minuman favorit anak-anak karena rasanya yang manis. Cokelat bisa dibuat berbagai jenis minuman sekaligus makanan. Salah satu contoh franchise cokelat adalah Milo, Nyocolate Factory, Pasco, Monster Ice Blend, Nyoklat, Soklat Banget, dan lain sebagainya.

6 dari 7 halaman

4. Franchise Sop Durian

Deretan Franchise Minuman Terlaris
Perbesar
(Sumber: iStockphoto)

Franchise minuman tak hanya berhenti di teh, kopi, dan cokelat saja. Pasalnya, durian pun tidak boleh dilewatkan jika berbicara mengenai kuliner Indonesia. Meski buah durian punya bau yang menyengat, namun buah ini tetap memiliki banyak penggemar.

Salah satu franchise minuman terkenal di Indonesia yang berasal dari buah durian adalah Mendem Duren, Mabok Duren, Es Teler, Maniak Duren dan banyak cabang franchise lainnya.

7 dari 7 halaman

Branding Terkenal Disertai Ide Kreatif dan Inovatif

Untuk meraih keuntungan yang besar, calon pebisnis harus menilik jenis usaha yang sekiranya berpeluang ramai pelanggan di pasaran. Misalnya adalah dengan mencari jenis usaha yang telah memiliki branding cukup terkenal. Salah satu patokan yang wajib diperhatikan calon pebisnis adalah memilih produk dengan brand awareness tinggi yang sudah teruji di pasaran.

Dengan aspek tersebut, sudah pasti akan banyak pelanggan yang membeli produk atau menggunakan jasa franchise. Terlebih lagi, kebanyakan orang cenderung memilih produk atau jasa yang lebih akrab di telinga.

Namun, tetap saja keahlian dan kejelian calon pebisnis diperlukan untuk menarik orang-orang baru agar tingkat keuntungan yang diraup semakin besar. Upaya yang dilakukan dapat berupa ide kreatif dan inovatif sehingga peluang untuk sukses semakin besar

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by