Sukses

Cerita Sri Mulyani Jajal MRT Bundaran HI-Lebak Bulus

Menteri Keuangan menyatakan MRT akan memberikan dampak besar terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjajal proyek Mass Rapid Transit atau MRT dari Stasiun Bundaran Hotel Indonesia menuju Stasiun Lebak Bulus.

Dalam kesempatan tersebut, Sri Mulyani mengaku takjub, sebab perjalanan sepanjang 16 kilometer (km) itu dapat ditempuh hanya dalam waktu 30 menit saja.

"Kita merasakan nikmatnya pengalaman pertama naik kereta MRT Jakarta dari HI sampai Lebak Bulus sepanjang 16 km ditempuh 30 menit. Kami senang sekali. Ini dapat memangkas waktu tempuh perjalanan secara signifikan sehingga dapat menekan efisiensi dalam menempuh perjalanan masyarakat kota Jakarta," kata Sri Mulyani usai menjajal MRT di Jakarta, Rabu (6/2).

Sri Mulyani mengatakan, dengan beroprasinya MRT Jakarta ini juga akan memberikan dampak terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Apalagi, disetiap titik stasiun sudah banyak pihak swasta yang ingin masuk untuk membuka gerai di dalam setasiun.

"Tadi saya sudah minta tim Kemenkeu dan PT MRT untuk kita mulai menghitung dampak ekonominya. Karena ini merupakan sesuatu yang baru, sehingga nanti kita bisa melihat berapa dampak ekonomi dari infrastruktur ini, yang akan bisa kita hitung entah dari nilai propertinya, dari kegiatan ekonominya, atau yang sudah sering digunakan adalah waktu tempuh dari 130 ribu orang yang akan menggunakan faislitas ini," bebernya.

Seperti diketahui, saat ini, 99 persen persiapan di stasiun bawah tanah dan depo serta stasiun layangMRT Jakarta sudah selesai. Setelah beroperasi, proyek senilai Rp16 triliun ini akan memiliki 16 rangkaian kereta dengan enam gerbong di setiap rangkaian perjalanan dan dapat menampung 1.200 hingga 1.800 orang per rangkaian.

"Saya menyambut gembira bahwa persiapan untuk launching MRT berjalan sangat baik, di mana hampir semua pejabat ikut melihat, dan tentu kita akan menggunakan platform MRT ini," pungkasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selama Masa Uji Coba, 4 Stasiun MRT Terintegrasi dengan Transjakarta

PT MRT Jakarta membuka pendaftaran bagi masyarakat yang ingin mencoba secara gratis moda transportasi Mass Rapit Transit (MRT) Jakarta. Masa uji coba tersebut berlangsung pada 12-24 Maret 2019. 

Mengutip dari akun Instagram @mrtjkt, untuk memudahkan masyarakat ikut dalam uji coba ini, empat stasiun MRT Jakarta telah terintegrasi dengan TransJakarta. Empat stasiun tersebut yaitu Stasiun Bundaran HI, Stasiun Dukuh Atas, Stasiun Fatmawati dan Stasiun Lebak Bulus.

Kemudahan integrasi transportasi publik ini berlangsung pada 12-24 Maret 2019 pukul 08.00-16.00 WIB. 

Namun sebelum itu, masyarakat harus melakukan registrasi terlebih dulu melalui website ayocobamrt.com atau jakartamrt.co.id. Pendaftaran telah dimulai sejak 5 Maret kemarin hingga 23 Maret 2019.

Corporate Secretary Division Head MRT Jakarta, Muhamad Kamaluddin mengatakan, me‎lalui uji coba ini diharapkan masyarakat merasakan pengalaman awal sebelum MRT Jakarta ‎beroperasi secara komersial dan dapat menjadi masukan bagi MRT Jakarta untuk meningkatkan ‎kualitas layanan. 

"Kehadiran MRT Jakarta tidak hanya akan meningkatkan mobilitas masyarakat, juga akan memberikan manfaat tambahan seperti perbaikan kualitas udara dan mendorong perubahan gaya hidup masyarakat yang beralih dari penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi publik," ungkap dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.