Sukses

Bekerja Tanpa Pengalaman? Tak Mustahil Jika Anda Ikuti 5 Langkah Ini

Meski hanya andalkan kemampuan, Anda tetap bisa bekerja dengan langkah ini.

Liputan6.com, Jakarta - Pernah mendengar anekdot ini? Anda harus bekerja untuk mendapatkan pengalaman, tapi Anda harus memiliki pengalaman dulu untuk bekerja. Meskipun lucu, namun hal itu nyata terjadi.

Tak peduli apapun status Anda, apakah Anda baru saja lulus dari kampus atau ingin pindah pekerjaan, proses dalam mendapat pekerjaan baru tentu sangat melelahkan. Apalagi jika Anda tidak memiliki pengalaman mumpuni untuk bisa bekerja di posisi tersebut.

Jangan khawatir, Anda tetap bisa bekerja tanpa pengalaman sedikitpun jika tahu caranya. Berikut hal yang bisa Anda lakukan, dilansir dari Study Breaks:

1. Temukan Kemampuan dan Talenta yang Sesuai

Saat interview kerja, Anda mungkin bingung akan bercerita bagaimana Anda betul-betul memahami job description jika tidak punya pengalaman. Jangan khawatir, gali sedalam-dalamnya kemampuan yang sesuai dengan pekerjaan yang ingin dilamar dan ceritakan sebagaimana Anda menceritakan pengalaman.

Contohnya, Anda melamar jadi marketing, namun tidak pernah berjualan. Anda yakin Anda bisa melakukan persuasi dan negosiasi pada orang lain.

Ceritakan bagaimana Anda merasa yakin, apakah sebelumnya Anda pernah berbicara dan orang-orang mengiyakan kata-kata Anda? Apakah Anda tipe orang yang mudah bergaul? Jika ya, ceritakan hal itu dan kaitkan bagaimana sikap Anda bisa membuat marketing perusahaan yang dituju bisa sukses.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Tulis Surat Lamaran yang Mengesankan

CV saja tidak cukup meyakinkan rekruter bahwa Anda pantas untuk bekerja di perusahaan itu. Surat lamaran menjadi wadah bercerita Anda tentang bagaimana Anda mendapatkan kemampuan hingga jadi seperti ini, atau bagaimana latar pendidikan Anda dan apa relevansinya terhadap posisi yang dilamar.

Hal yang perlu diingat adalah jangan tulis satu surat lamaran untuk melamar berbagai posisi pekerjaan. Setiap pekerjaan dan perusahaan tentu memiliki karakter dan fokus yang berbeda.

3. Seimbang saat Menceritakan Diri Sendiri

Saat interview, Anda sebisa mungkin harus menceritakan diri dengan seimbang. Jangan terdengar sombong, namun jangan rendah diri. Cukup buktikan bahwa Anda mampu melakukan pekerjaan dengan kemampuan yang dimiliki.

Banyak kasus dimana pencari kerja yang tidak ingin dianggap sombong malah justru merendahkan diri dan menyerahkan semuanya pada perusahaan. Gaji, penempatan, promosi dan lainnya. Mereka menjawab "perusahaan yang tahu berapa gaji yang cocok untuk saya". Padahal itu salah besar.

 

3 dari 3 halaman

4. Cari Pengalaman Itu

Mencari pengalaman bukan hanya dari bekerja. Anda bisa ikut magang untuk merasakan budaya kerja. Ada magang berbayar bisa diikuti, tapi jika ingin benar-benar memahami seluk beluk perusahaan, ikutlah magang di perusahaan start-up.

Perusahaan start-up biasanya memberikan pengalaman yang berkesan, karena Anda turut menjadi saksi dalam jatuh bangunnya sebuah bisnis. Gunakan magang di perusahaan start-up sebagai modal untuk menceritakan diri saat wawancara di perusahaan idaman.

5. Bangun Jaringan yang Luas

Mengenal banyak orang yang memiliki koneksi di tempat kerja memungkinkan Anda bekerja di sana. Mereka mungkin saja akan merekomendasikan Anda karena mengenal Anda dengan baik.

Meski tidak punya pengalaman, mereka akan menyebutkan kemampuan-kemampuan utama yang berkaitan dengan posisi pekerjaan, jadi memiliki skill tetaplah merupakan kunci.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.