Sri Mulyani Bakal Investigasi Pajak Buku Impor Big Bad Wolf

Oleh Arthur Gideon pada 06 Mar 2019, 15:00 WIB
Bazar Buku Terbesar Big Bad Wolf 2019 di Tangerang

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akan menginvestigasi kewajiban pajak dan bea masuk dari seluruh buku-buku impor yang dijual di pameran Big Bad Wolf (BBW) Sale 2019.

Sri Mulyani mengaku belum dapat menyimpulkan status terkini dari pajak penghasilan (Pph) impor, pajak pertambahan nilai (PPN) dan bea masuk dari buku-buku impor di pameran buku yang selalu dipadati pengunjung itu.

"Saya terus terang kalau soal itu kita harus investigasi, karena banyak sekali, saya juga suka buku, saya juga memperhatikan buku-buku yang dijual," ujar dia, dikutip dari Rabu (6/3/2019). Investigasi tersebut terkait murahnya harga buku impor yang dijual di BBW 2019.

"Nanti akan kita lihat bagaimana prakteknya secara keseluruhan ini," ujar dia.

Senada, Direktur Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Heru Pambudi mengatakan akan segera memeriksa ketentuan bea masuk buku-buku impor di pameran buku Big Bad Wolf (BBW) Book Sale 2019.

"Nanti saya cek laporannya," ujar dia.

Sebagai gambaran, kewajiban bea masuk untuk buku impor bisa saja mendapat pembebasan jika buku tersebut adalah buku ilmu pengetahuan. Hal itu sesuai Surat Edaran Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor SE-16/BC/2013.

Selain itu, di SE tersebut juga dijelaskan bahwa buku-buku pelajaran, kitab suci dan buku pelajaran agama mendapat pembebasan Pph dan Ppn.

Namun, ketika disinggung untuk pajak dan bea masuk buku yang termasuk kategori fiksi seperti novel, Heru Pambudi mengatakan akan mempelajarinya terlebih dahulu.

"Iya, ilmu pengetahuan kan luas definisinya, ya maka itu nanti saya cek," ujar dia.

2 of 3

Big Bad Wolf Book Sale 2019

Bazar Buku Terbesar Big Bad Wolf 2019 di Tangerang
Pegunjung memadati bazar buku Big Bad Wolf 2019 di ICE BSD City, Tangerang, Minggu (3/3). Bazar buku terbesar yang dibuka mulai 1 - 11 Maret memberikan potongan harga 60-80% untuk buku impor. (merdeka.com/Arie Basuki)

Big Bad Wolf Book Sale 2019 merupakan gelaran pameran buku impor yang diselenggarakan mulai 1-11 Maret 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City. Pameran ini buka 24 jam sehari dengan gratis biaya masuk gedung.

Big Bad Wolf Book Sale menghadirkan 5,5 juta buku baru. Tak hanya itu, ada pula diskon 60-80 persen untuk semua buku impor. 

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓