Rumah Mewah Michael Jackson Dijual Murah, Kenapa?

Oleh Athika Rahma pada 08 Mar 2019, 21:03 WIB
Diperbarui 08 Mar 2019, 22:13 WIB
Lelang Neverland Milik Michael Jackson Kurang Peminat

Liputan6.com, Los Olivos - Meninggal 10 tahun lalu, Michael Jackson, musisi yang terkenal dengan julukan King of Pop, memiliki warisan berupa rumah mewah (mansion), Neverland Valley Ranch. Ranch tersebut, sebagaimana properti mewah pada umumnya, memiliki luas 1.092,6 hektare lengkap dengan tempat tinggal sang legenda.

Meski peninggalan Michael Jackson, rumah ini belum laku terjual hingga sekarang. Padahal, pihak real estate sudah menurunkan harga properti sebesar 70 persen, dilansir dari Mansion Global, Rabu (06/03/2019).

Rumah ini tadinya dijual seharga USD 100 juta atau sekitar Rp 1,41 triliun dengan asumsi kurs USD 1 = Rp 14.147. Pada 2017, properti ini diiklankan oleh agen periklanan berbeda, yaitu Beverly Hills California.

Menurut bankir Joyce Rey of Coldwell, harga rumah mewah ini turun jadi USD 67 juta. Beberapa bulan kemudian, iklan rumah ini dihapus.

Mengejutkannya, tahun ini rumah mewah tersebut kembali diiklankan oleh agensi periklanan yang berbeda pula, yaitu Suzzane Perkins dari Compass. Jauh di bawah 2015 lalu, rumah ini hanya dibanderol USD 31 juta, atau sekitar Rp 438,6 miliar.

 

2 dari 2 halaman

Dijual murah karena rawan bencana

Lelang Neverland (1)
Rumah mewah Michael Jackson, Neverland.

Perkins mengatakan, turunnya harga properti King of Pop ini disebabkan karena adanya bencana kekeringan yang melanda California kemarin.

Selain kekeringan, tanah longsor dan kebakaran hebat pernah mendera Santa Barbara beberapa waktu lalu, membuat orang-orang tidak ingin tinggal di sana. "Mereka takut sudah membayar mahal namun berakhir dengan hangusnya seluruh properti," ujarnya.

Beberapa hari setelah iklan rumah ini menyebar, stasiun televisi HBO menyiarkan dokumenter bertajuk "Leaving Neverland" yang membahas kasus penganiayaan yang dilakukan oleh Michael Jackson pada 2 orang laki-laki.

Banyak yang mengira rumah mewah Jackson tidak laku lantaran kasus penganiyaan itu. Tapi pihak Michael Jackson, Weitzman mengatakan hal itu tidak ada hubungannya.

Rumah ini dibeli oleh Michael Jackson pada tahun 1987 seharga USD 19,5 juta atau sekitar Rp 275,8 miliar. Dia menempati rumahnya selama 15 tahun.

Komplek bangunan seluas 1.092 hektare ini tidak hanya terdiri dari rumah mewah tapi juga gedung pemadam kebakaran lengkap dengan truknya, kolam renang, lapangan basket dan guest house untuk para tamu.

Taman hiburan dengan roller coaster dan jenis riding lainnya pernah dibangun, namun sudah dirubuhkan.

Lanjutkan Membaca ↓