Sukses

7 Orang Terkaya Paling Tua di Dunia versi Forbes

Sosok orang terkaya paling tua di dunia versi Forbes ternyata ada dari negeri jiran.

Liputan6.com, Jakarta - Bila Kylie Jenner berhasil menjadi orang terkaya paling muda di dunia versi Forbes, alangkah menariknya untuk melihat sosok miliarder paling sepuh di dunia. Miliarder terkaya di dunia bahkan telah berusia satu abad.

Pria itu adalah Chang Yun yang ternyata adalah warga negara tetangga: Singapura. Miliarder kelahiran 1919 itu fokus di bisnis transportasi logistik laut.

Ia adalah co-founder dari Pacific International Lines (PIC) di tahun 1967. Modal awalnya? Dua kapal bekas.

Dimulai dari Singapura, sekarang PIC sudah punya pangsa di Amerika Selatan dan juga Afrika. Dan meski sudah pensiun sebagai salah satu orang terkaya di negaranya, Chang Yun Chung masih hobi berkunjung ke kantornya.

Siapa lagi daftar orang terkaya paling sepuh di dunia? Berikut 7 yang tertua berdasarkan daftar Forbes. Asumsi kurs USD 1 = Rp 14.418:

7. David Murdock

Usia: 95

Peringkat Forbes: 1227

Kekayaan: USD 1,9 miliar (Rp 26,8 triliun)

Murdock pernah menjadi prajurit pada Perang Dunia II. Sebelum sukses menjadi orang terkaya lewat bisnis makanan (Dole Food Products) dan properti (Castle & Cooke), ia pernah mencari uang lewat berjualan makan malam.

6. Sumner Redstone

Usia: 95

Peringkat Forbes: 413

Kekayaan: USD 4,6 miliar

Sumner Redstone adalah mahasiswa Universitas Harvard ketika Perang Dunia II pecah. Ia memakai ilmunya untuk menjadi codebreaker di angkatan perang AS. Setelahnya, ia fokus di bisnis media dan miliarder ini memiliki saham besar di CBS.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

5. Robert Kuok

Usia: 95

Peringkat Forbes: 104

Kekayaan: USD 12,8 miliar (Rp 181 triliun)

Pria terkaya di negeri jiran Malaysia. Tahun 1971, Kuok membangun Shangri-La Hotel yang telah menjadi hotel ternama di dunia. Keponakan Kuok bernama Kuok Khoon Hong merupakan pemimpin Wilmar International.

4. George Joseph

Usia: 97

Peringkat Forbes: 1425

Kekayaan: USD 1,6 miliar (Rp 22,6 triliun) George Joseph merupakan navigator penerbangan pada masa Perang Dunia II. Ia juga memiliki gelar matematika dan fisika dari Universitas Harvard. Tahun 1962, Joseph mendirikan Mercury General yang bergerak di sektor asuransi.

3. Marcel Adams

Usia: 98

Peringkat Forbes: 1349

Kekayaan: USD 1,7 miliar

Marcel Adams adalah survivor Perang Dunia II. Pria kelahiran Rumania ini pernah merasakan kekejaman Nazi sebelum akhirnya berpindah ke Kanada. Hartanya berasal dari perusahaan properti Iberville Developments yang ia dirikan di tahun 1958.

3 dari 3 halaman

Usia 100 Tahun

2. Aloysio de Andrade Faria

Usia: 98

Peringkat Forbes: 1116

Kekayaan: USD 2,1 miliar (Rp 29,7 triliun)

Kisah Faria cukup menarik, sebab awalnya ia belajar menjadi dokter. Ketika bapaknya wafat, barulah ia mengambil alih bisnis keluarga: Banco Real. Bisnisnya terdiversifikasi ke sektor keuangan, kelapa sawit, hotel, dan bermacam industri lain.

1. Chang Yun Chung

Usia: 100

Peringkat Forbes: 1116

Kekayaan: USD 2,1 miliar (Rp 29,7 triliun).

Chang Yun Chun memimpin perusahaan Pacific International Line selama 51 tahun. Sewaktu muda, ia mengaku dirinya memiliki watak keras, namun ia juga adalah sosok pekerja keras dan jujur, bahkan masih hobi ke kantor di usianya yang satu abad.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.