Sukses

6 Jurus Beli Tiket Pesawat Murah Tanpa Promo

Berikut cara mendapatkan tiket murah walau sedang tidak promo

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak suka liburan? Semua pasti suka liburan, apalagi untuk orang yang intensitas bekerjanya sangat tinggi. Mereka tentu membutuhkan yang namanya liburan.

Liburan memang menjadi hal favorit setiap orang, pasalnya dengan liburan Anda bisa menghilangkan rasa penat yang menumpuk di pikiran serta menghilangkan stres.

Tetapi merencanakan liburan tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, misalnya mempersiapkan biaya untuk liburan dari jauh-jauh hari, berburu tiket pesawat murah, serta memilih tempat untuk berlibur.

Hal yang paling sulit untuk didapatkan yaitu tiket murah untuk liburan. Jika Anda pergi berlibur pada saat musim liburan, sudah pasti akan sulit untuk mendapatkan tiket, baik itu tiket pesawat maupun tiket kereta api.

Untuk itu, berikut cara mendapatkan tiket murah walau sedang tidak promo, seperti dikutip dari TunaiKita:

1. Perhatikan Kemana Destinasi Anda

Destinasi menjadi waktu terbaik dalam membeli tiket untuk mendapatkan harga termurah. Jika rute destinasi pilihan Anda adalah rute yang banyak dilalui maskapai, khususnya maskapai budget rendah, seperti Singapura, Kuala Lumpur, Bali, Yogyakarta, dan Surabaya.

Anda harus pintar-pintar membaca harga, karena harganya cenderung fluktuatif. Jika Anda menemukan satu harga yang Anda pikir harga termurah, maka Anda dapat membeli tiket saat itu juga.

Lain halnya jika Anda memilih rute yang tidak dilayani oleh maskapai berbudget rendah atau bukan rute "ramai" wisatawan, seperti Banjarmasin, Tanjung Pinang, dan Banda Aceh. Kapan pun Anda ingin membeli tiketnya, harganya tidak akan memperlihatkan perbedaan yang signifikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Pelajari Harga Terendah Maskapai

Anda diharuskan untuk ekstra dalam meriset dan membandingkan harga dari maskapai tertentu, baik saat promo ataupun tidak. Pastikan juga apakah harga yang ditawarkan memang harga terendah atau bahkan masih bisa lebih murah lagi.

Kamu harus rajin-rajin melihat harga tiket di website atau aplikasi-aplikasi sejenis, sehingga Anda bisa langsung tahu perubahan harganya.

3. Perhatikan Periode Perjalanan, Juga Hari Pergi dan Pulang Anda

Pada momen-momen tertentu, seperti akhir pekan, long weekend, dan musim liburan tiket pesawat memang selalu mahal. Cobalah pilih waktu berlibur pada periode low-season, seperti bulan September-November dan Februari-April.

Nah, hari keberangkatan dan kepulangan juga menentukan harga tiket, lo. Cobalah kombinasikan berangkat dan pulang pada hari Selasa-Kamis, Rabu-Jumat, Sabtu-Selasa, dan Minggu-Rabu.

3 dari 4 halaman

4. Pelajari Tren Promo Maskapai

Di zaman serba digital saat ini, media sosial menjadi salah satu platform untuk menyebarkan informasi, termasuk kalau ada promo harga tiket pesawat.

Anda bisa mengikuti newsletter maskapai, like dan follow akun-akun maskapai, kemudian kamu bisa pelajari trennya. Biasanya maskapai akan membagikan penawaran-penawaran serta promo yang berlangsung.

5. Perhatikan Tanggal Keberangkatan

Anda juga harus memperhatikan tanggal keberangkatan. Karena harga tiket pesawat biasanya di tanggal 20-an cenderung murah dibandingkan awal atau pertengahan bulan. Hal ini, karena maskapai menganggap bahwa tanggal 20-an adalah tanggal tua dan kondisi dompet sedang tipis.

4 dari 4 halaman

6. Pilih Maskapai Penerbangan yang Sesuai

Maskapai Low Cost Carrier (LCC) punya harga cenderung lebih murah terutama kalau jarak pemesanan dengan waktu keberangkatan cukup jauh, misalnya dalam hitungan bulan.

Jika Anda memesan tiket beberapa hari atau sepekan sebelum keberangkatan itu jelas akan beda harganya. Itulah mengapa diperlukannya memesan tiket jauh-jauh hari, agar Anda mendapatkan harga rendah. Lumayan kan?

Jadi Sudah Siap Dapat Tiket Pesawat Murah Walau Sedang Tidak Ada Promo?

Mencari tiket pesawat dengan harga murah sebetulnya Anda hanya butuh telaten dan teliti. Telaten mengamati tren harga dan teliti ketika melakukan pembayaran. Jangan terburu-buru membeli tiket jika tidak urgent. Mana tahu Anda bisa mendapatkan harga tiket yang lebih rendah lagi kan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.