Punya Harta Rp 43,8 Triliun, Intip Kekayaan Donald Trump

Oleh Athika Rahma pada 06 Mar 2019, 20:00 WIB
Diperbarui 08 Mar 2019, 00:14 WIB
Presiden Amerka Serikat (AS) Donald Trump siap meluncurkan sanksi paling berat terhadap Iran, Senn, 5 November 2018  (AFP).

Liputan6.com, New Jersey - Orang terkaya tidak akan selalu bertambah kaya. Daftar miliarder dunia Forbes mencatat ada 944 orang yang kekayaannya berkurang dari tahun sebelumnya.

Seperti Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang kekayaannya tidak berubah, tetap di angka USD 3,1 miliar atau sekitar Rp 43,8 triliun namun peringkatnya justru naik dari 766 ke 715 sebagai orang terkaya di dunia, dikutip dari Forbes, Rabu (06/03/2019).

Meski kekayaannya cenderung stabil, bukan berarti bisnis yang dia bangun masih kokoh. Di Manhattan, properti Trump Tower dan 6 bangunan lainnya yang ada di 6 East 57th Street baru saja rugi USD 64 juta atau sekitar Rp 905,8 juta.

Penyewaan salah satu kios oleh Gucci di Trump Tower juga akan habis dalam 7 tahun, berdasarkan dokumen Forbes. Diperkirakan saat ini, Trump harus lebih bekerja keras untuk mencari kontrak yang baru.

Tahun kemarin, toko sepatu raksasa Nike meninggalkan kios di Trump Tower. Untungnya, miliarder ini masih meraup hasil sewa berkat Tiffany, toko perhiasan, yang menempati kios kosong tersebut.

 

2 dari 2 halaman

Bisnis golfnya sempat melemah karena dampak politik

Presiden AS Donald Trump dan Ibu Negara AS Melania Trump di Air Force One di USAF Joint Base Pearl Harbor Hickam, Hawaii pada 4 November 2017, jelang keberangkatan menuju Tokyo, Jepang (Andrew Harnik/Jepang)
Presiden AS Donald Trump dan Ibu Negara AS Melania Trump di Air Force One di USAF Joint Base Pearl Harbor Hickam, Hawaii pada 4 November 2017, jelang keberangkatan menuju Tokyo, Jepang (Andrew Harnik/Jepang)

Selain itu, bisnis golfnya, Trump National Doral Miami juga mengalami penurunan nilai USD 26 juta atau sekitar Rp 367,8 miliar tahun lalu. Sebagian besar penurunan itu disebabkan oleh dampak politik.

Seratus ribu kamar yang sudah dipesan di resor golfnya dibatalkan setelah dirinya menang pemilihan presiden.

Namun, ada pelangi di setiap badai, begitu dalam bisnis sang presiden. Saham propertinya di New York City dan San Francisco naik 30 persen dengan estimasi nilai sekitar USD 160 juta atau sekitar Rp 2,26 triliun.

Pada 2018, dia berhasil menjual real estate yang bernilai USD 35 juta atau sekitar Rp 495,2 juta, berdasarkan analisis Forbes. Di 2019 ini, dia berhasil menjual rumah di Manhattan, Trump Parc East seharga USD 2,15 juta atau sekitar Rp 30,4 miliar.

Trump mungkin saja naik peringkat dalam daftar miliarder Forbes, tapi dia bukanlah satu-satunya miliarder yang terjun ke dunia pemerintahan.

Ada JB Pritzker, pewaris hotel Hyatt yang kekayaannya mencapai USD 3,2 miliar atau sekitar Rp 49,5 triliun. Pritzker merupakan gubernur Illionis saat ini.

Lanjutkan Membaca ↓