Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI, Memudahkan Kamu dalam Bertransaksi

Oleh Novita Ayuningtyas pada 06 Mar 2019, 10:45 WIB
Diperbarui 06 Mar 2019, 10:45 WIB
Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI
Perbesar
(Sumber: iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini, membuat semua hal bisa dilakukan dengan mudah. Semua yang dilakukan di era globalisasi ini pun terbilang serba praktis. Bukan hanya kaum milenial saja yang bisa mengikuti perkembangan teknologi. Akan tetapi para orang tua pun harus bisa mengikuti perkembangan yang ada.

Mulai dari perkembangan dalam berkomunikasi hingga membeli suatu barang pun dapat dilakukan dengan mudah. Selain itu, kemudahan dalam bertransaksi pun bisa kamu nikmati. Apalagi dengan adanya mesin ATM tentu saja bisa memudahkan untuk melakukan transaksi.

Cara transfer uang lewat ATM pun terbilang mudah dilakukan. Selain itu, mesih anjungan tunai mandiri ini bisa dengan mudah kamu temui di beberapa lokasi, seperti minimarket ataupun pom bensin. Cara transfer uang lewat ATM pun bisa dilakukan oleh semua kalangan dan lapisan masyarakat.

Selain itu, mentransfer uang lewat ATM pun terbilang praktis dan juga cepat. Namun apabila kamu bingung bagaimana cara transfer uang lewat ATM, biasanya pada mesin ATM terdapat petunjuk cara melakukan transfer lewat ATM. 

Salah satu mesin atm yang bisa kamu gunakan untuk mentransfer ialah melalui ATM BRI. Berbagai fitur dalam bertransaksi melalui mesin ATM pun dihadirkan. Saat ini pun banyak mesin ATM yang bisa kamu gunakan untuk menyetor uang secara langsung.

JIka kamu masih belum memahami cara transfer uang lewat ATM terutama dengan ATM BRI, kamu bisa simak tulisan berikut ini. Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber, mengenai cara transfer uang lewat ATM BRI, Rabu (6/3/2019).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara transfer uang lewat ATM ke sesama BRI

Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI
Perbesar
(Sumber: iStockphoto)

Cara transfer uang lewat ATM pun bisa kamu gunakan untuk sesama BRI ataupun ke bank lain. Berikut ini bagaimana cara transfer uang lewat ATM ke sesama BRI.

Sebelum kamu mentransfer sejumlah uang, pastikan dahulu saldo kamu masih mencukupi ya. Jika kamu mentransfer uang menggunakan mesin dan kartu atm yang sama, serta mentransfer ke bank yang sama, maka kamu tidak akan dikenai biaya tambahan.

1. Masukan kartu ATM. Langkah pertama cara transfer uang lewat ATM BRI ialah kamu pastikan untuk memasukan kartu ATM pada slot yang tersedia. Pastikan saat kamu memasukan kartu pada mesin tersebut tidak terbalik ya. Kemudian tunggu sesaat hingga menu pada layar muncul.

2. Pilih bahasa. Selanjutnya kamu akan diminta untuk memilih bahasa yang akan kamu gunakan. Dalam hal ini terdapat dua jenis pilihan bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan juga bahasa Inggris. Tunggu sesaat hingga memunculkan menu pilihan lanjutkan. Setelah itu klik pilihan lanjutkan yang ada pada bagian pojok bawah layar.

3. Masukkan pin. Setelah kamu meng-klik pilihan lanjutkan, kamu akan diminta untuk menuliskan nomor pin atau kata sandi. Pastikan untuk menutupinya saat kamu menuliskan pin dengan tangan lainnya. Nomor pin yang harus kamu isikan sendiri terdiri dari 6 digit.

4. Pilih transfer pada menu. Setelah selesai menuliskan nomo pin atau kata sandi, kamu tunggu beberapa saat hingga muncul pilihan menu di layar mesin ATM. Setelah menu muncul, kamu hanya perlu untuk meng-klik pilihan transfer.

5. Pilih tujuan transfer BRI. Setelah itu, pada layar mesin ATM akan menampilkan pilihan tujuan transfer yang kamu inginkan. Kamu bisa meng-klik pada pilihan tujuan transfer BRI. Kemudian masukan nomor rekening tujuan dengan benar.

6. Masukan nominal uang. Setelah kamu memasukan nomor rekening tujuan dengan benar, selanjutnya kamu hanya perlu menuliskan jumlah nominal uang yang akan kamu transfer. Setelah itu pilih benar.

7. Konfirmasi. Tunggu beberapa saat hingga mesin ATM menampilkan konfirmasi pembayaran atas nama si penerima dan juga nominal uang yang akan ditransfer. Jika seluruh informasi telah benar, kamu bisa melanjutkan proses transaksi dengan memilih Ya pada layar.

8. Tunggu struk bukti transfer. Setelah memilih Ya pada layar, kamu hanya perlu menunggu sesaat hingga proses transfer dilakukan. Setelah itu tunggu hingga bukti transfer atau struk keluar dari mesin ATM. Jika sudah selesai, jangan lupa untuk mengeluarkan kartu ATM dengan memilih pilihan tidak ingin melakukan transaksi pada layar.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara transfer uang lewat ATM dari BRI ke bank lain

Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI
Perbesar
(Sumber: iStockphoto)

Untuk cara transfer uang lewat ATM BRI ke bank lain, pada dasarnya cara yang dilakukan sama. Hanya saja tujuan transfernya yang berbeda.

1. Masukan kartu ATM. Sama seperti transfer uang lewat ATM kesesama BRI, kamu haruus memastikan untuk memasukan kartu ATM pada slot yang tersedia. Saat kamu memasukan kartu pada mesin tersebut jangan sampai terbalik ya. Kemudian tunggu beberapa saat hingga menu pada layar muncul.

2. Pilih bahasa. Pilih bahsa yang ingin kamu gunakan. Untuk mempermudah prosesnya kamu bisa memilih menggunakan bahasa Indonesia. Tunggu sesaat hingga memunculkan menu pilihan lanjutkan. Setelah itu klik pilihan lanjutkan yang ada pada bagian pojok bawah layar.

3. Masukkan pin. Langkah selanjutnya ialah memasukan pin pada mesin ATM. Jangan lupa untuk menutupinya saat kamu menuliskan pin dengan tangan lainnya.

4. Pilih transfer pada menu. Tunggu beberapa saat hingga muncul pilihan menu di layar mesin ATM. Setelah menu muncul, kamu hanya perlu untuk meng-klik pilihan transfer.

5. Pilih tujuan transfer Bank Lain. Setelah itu, pada layar mesin ATM akan menampilkan pilihan tujuan transfer yang kamu inginkan. Kamu bisa meng-klik pada pilihan tujuan transfer bank lain.

6. Masukan kode bank. Setelah itu kamu harus memasukan kode bank tujuan. Apabila kamu tidak hafal dengan kode bank tersebut, kamu bisa melihatnya dengan memilih pilihan daftar kode bank.

7. Masukan nomor rekening. Jika kamu telah memasukan kode bank yang diminta, kamu hanya perlu memasukan nomor rekening tujuan.

8. Masukan nominal uang. Kemudian, kamu hanya perlu menuliskan jumlah nominal uang yang akan kamu transfer. Setelah itu pilih benar.

9. Konfirmasi. Tunggu beberapa saat hingga mesin ATM menampilkan konfirmasi pembayaran atas nama si penerima dan juga nominal uang yang akan ditransfer. Jika seluruh informasi telah benar, kamu bisa melanjutkan proses transaksi dengan memilih Ya pada layar.

10. Tunggu struk bukti transfer. Setelah memilih Ya pada layar, kamu hanya perlu menunggu sesaat hingga proses transfer dilakukan. Setelah itu tunggu hingga bukti transfer atau struk keluar dari mesin ATM.

11. Keluarkan kartu ATM. Jika sudah selesai, jangan lupa untuk mengeluarkan kartu ATM dengan memilih pilihan tidak ingin melakukan transaksi pada layar. Atau kamu pun bisa meng-klik tombol cancel pada costumer keypad.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓