Meski Bercerai, Jeff Bezos Tetap Jadi Orang Terkaya di Dunia

Oleh Arthur Gideon pada 06 Mar 2019, 08:21 WIB
Diperbarui 06 Mar 2019, 08:21 WIB
Jeff Bezos

Liputan6.com, Jakarta - Tahun ini merupakan tahun yang sangat positif bagi perusahaan e-commerce Amazon. Tentu saja, hal tersebut membuat Jeff Bezos yang merupakan pendiri sekaligus CEO menduduki posisi puncak dalam daftar orang terkaya di dunia versi Forbes. Bezos menduduki posisi ini dua tahun berturut-turut.

Dikutip dari Forbes, Rabu (6/3/2019), kekayaan yang ia kumpulkan mencapai USD 131 miliar atau Rp 1.850 triliun (estimasi kurs 14.127 per dolar AS). Jumlah tersebut naik USD 19 miliar atau Rp 268 triliun jika dibandingkan dengan posisi tahun lalu.

Pertanyaannya sekarang, apakah dia masih bisa mempertahankan kekayaannya dengan adanya berita soal perceraian?

Pada 9 Januari, dia mengumumkan di Twitter bahwa dirinya dan istrinya, MacKenzie, berencana untuk berpisah setelah mengaruhi bahtera pernikahan selama 25 tahun.

Dalam tulisannya, Bezos menulis bahwa sepertinya tidak terjadi apa-apa dalam rumah tangga mereka. "Kami melihat masa depan yang indah di masa depan, sebagai orang tua, teman, mitra dalam usaha dan proyek."

Namun ternyata di kemudian hari, diketahui bahwa ada perselingkuhan dalam rumah tangganya. Bezos menjalin hubungan dengan mantan pembawa acara TV Lauren Sanchez.

Berita bahwa Bezos bercerai ini menimbulkan pertanyaan apakah dia akan mempertahankan kendali atas Amazon. Saat ini dia memiliki 16 persen saham perusahaan.

Dalam aturan Negara Bagian Washington, pasangan yang bercerai diharuskan membagi secara adil harta, termasuk semua pendapatan yang dihasilkan selama pernikahan.

Namun jika sebelumnya ada perjanjian pranikah, maka bisa mendapat pengecualian. Sejauh ini, belum diketahui apakah Bezos dan MacKenzie membuat perjanjian pranikah.

Sampai saat ini belum ada kelanjutan soal perceraian masih belum jelas. Forbes pun memilih tetap menuliskan harta Bezos tanpa memangkas setengahnya. 

2 dari 2 halaman

Menikah Sebelum Mendirikan Amazon

Jeff Bezos
Jeff Bezos, salah satu orang terkaya dunia. (Kevin Wolf/AP Images for Human Rights Campaign)

Namun berdasarkan penelusuran, tidak mungkin mereka memiliki perjanjian pranikah, karena pasangan tersebut menikah sebelum Bezos mendirikan Amazon, dan MacKenzie menjabat sebagai akuntan pertama perusahaan.

Jika MacKenzie Bezos mendapatkan setengah dari kekayaan pasangan itu, ia akan menjadi wanita terkaya di dunia. Namun, hingga dokumentasi tersedia yang merinci bagaimana aset pasangan itu akan dibagi, perusahaan menyimpan kekayaan itu atas nama Jeff.

Bezos adalah satu dari empat orang yang pernah memegang gelar orang terkaya di dunia dalam dua dekade terakhir.

Nama lain yang pernah memegang gelar tersebut adalah CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett yang pernah menduduki posisi itu selama satu tahun, Carlos Slim Helu dari Meksiko memegang gelar itu selama 4 tahun, dan Bill Gates memegang gelar terlama, yaitu 12 tahun antara tahun 2001 dan 2017.

Lanjutkan Membaca ↓