Mengenal Bernard Arnault, Orang Terkaya No.4 Dunia Pemilik Louis Vuitton

Oleh Athika Rahma pada 18 Mar 2019, 07:20 WIB
Diperbarui 18 Mar 2019, 08:13 WIB
Bernard Arnault

Liputan6.com, New York - Apakah Anda pernah mendengar merek fashion terkenal Louis Vuitton? Bernard Arnault adalah orang di balik merek tersebut. Miliarder asal Perancis ini memiliki kekayaan yang hampir setara dengan Warren Buffet.

Berkat kesuksesan bisnisnya, dia menjadi miliarder ke-4 terkaya di dunia, dilansir dari Business Insider, Senin (18/1/2019). 

Bernard Arnault memiliki kekayaan mencapai USD 80,8 miliar atau sekitar Rp 1.129 triliun. Miliarder berusia 69 tahun ini adalah pebisnis sekaligus CEO LVMH Moet Hennessy Louis Vuitton SE. LVMH adalah grup bisnis mewah terbesar di dunia.

Pada Januari 2019 lalu, Arnault semakin bertambah kaya. Dia dilaporkan menghasilkan USD 4,3 miliar dalam sehari setelah saham LVMH naik sebesar 6,9 persen. Dan pada Februari lalu, kekayaannya bertambah USD 3,9 miliar, membuatnya hanya berbeda USD 2,3 miliar saja dari Warren Buffet.

Dengan jumlah hartanya, miliarder ini berada di peringkat ke 4 orang terkaya di dunia setelah Jeff Bezos, Bill Gates dan Warren Buffet. Arnault memiliki saham sebesar 96,5 persen di Christian Dior, yang mengendalikan 41 persen porsi manajemen di LVMH.

Pada 2018 saja, grup LVMH memiliki pendapatan bersih sebesar USD 53 miliar atau sekitar Rp 747,9 triliun dari penjualan barang-barang mewah termasuk Louis Vuitton, Tag Heuer dan Dom Perignon Champagne.

 

2 of 2

Pernah bersekolah di Ecole Polytechnique, sekolah mantan presiden Perancis

BMW Seri 7 Bernard Arnault (bornrich)
BMW Seri 7 Bernard Arnault (bornrich)

Arnault lahir di Roubaix, Perancis 69 tahun lalu. Dia mengenyam bangku pendidikan di jurusan teknik Ecole Polytechnique, sekolah prestisius di Paris yang juga merupakan sekolah mantan presiden Prancis dan pemenang Nobel Prize.

Arnault bekerja di perusahaan konstruksi milik ayahnya, Ferret-Savinel. Dia masuk ke sektor industri barang mewah dan kemudian menjadi CEO Financiere Agache, perusahaan produksi barang mewah pada 1984.

Saat ini, sang miliarder hidup di kawasan bersejarah Paris's Left Bank, yang letaknya ada di sebelah selatan Sungai Seine dan satu lingkungan dengan Latin Quarter dan St. Germain-des-Pres.

Arnault memiliki koleksi seni modern dan kontemporer dari pelukis terkenal Jean-Michel Basquiat, Damien Hirst, Maurizio Cattelan, Andy Warhol dan Pablo Picasso.

Dia juga memiliki vila mewah khusus untuk berlibur di Saint-Tropez, French Riviera serta membangun properti lainnya di Beverly Hills, Trousdale Estates dan Hollywood Hills di Los Angeles. Dia menghabiskan setidaknya USD 96,4 juta untuk properti ini.

Grup LVMH saat ini dikelola oleh keluarga sang miliarder sendiri. Empat dari lima anaknya memiliki posisi penting yang berkaitan langsung dengan brand-brand LVMH.

Lanjutkan Membaca ↓