Sukses

7 Situs Tempat Kamu Bisa Belajar Coding Secara Gratis

Mau belajar coding secara gratis? Kamu bisa kunjungi beberapa situs berikut ini

Liputan6.com, Jakarta - Seiring dengan berkembangnya zaman, perkembangan dunia digital juga semakin pesat. Hal ini mendukung kamu untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang lebih baik.

Salah satu ilmu yang bisa kamu dapat adalah coding, yang bisa sangat bermanfaat untuk kamu ke depannya dan bisa membuka peluang merintis karier baru.

Mau belajar coding secara gratis? Kamu bisa kunjungi beberapa situs berikut ini, seperti yang dikutip dari Swara Tunaiku.

1. CodeAcademy

Situs pertama yang bisa kamu kunjungi untuk belajar coding secara gratis adalah CodeAcademy. Situs yang satu ini adalah situs paling populer untuk belajar coding secara gratis karena materinya yang lengkap.

Kamu bisa belajar mulai dari HTML & CSS, JavaScript, Jquery, PHP, dan lainnya. Situs ini terpercaya pula karena sudah diakses 24 juta pengguna.

2. Coursera

Situs lain yang bisa kamu kunjungi untuk belajar coding gratis adalah Coursera, yang menawarkan setidaknya 1.000 program untuk kamu pilih.

Kamu bisa belajar spesialisasi coding di sini secara gratis dan kamu juga bisa dapat sertifikat setelah belajar. Namun, untuk dapat sertifikat tersebut, kamu harus menggunakan program yang berbayar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. EdX

Situs lain yang bisa kamu kunjungi untuk bisa belajar coding secara gratis adalah EdX. Situs yang satu ini didirikan pertama kali oleh Universitas Harvard dan MIT pada tahun 2012 lalu.

Di situs ini, kamu bisa mempelajari ilmu coding secara gratis dan semuanya terangkum dalam Introduction to Computer Science yang disediakan oleh Universitas Harvard.

4. Udemy

Selanjutnya ada situs Udemy yang bisa kamu kunjungi untuk menambah pengetahuan dan skill di bidang coding. Situs yang satu ini pertama kali didirikan pada tahun 2010 dan menyediakan berbagai macam kursus baik yang gratis maupun berbayar untuk belajar coding.

Bahkan, di sini kamu juga bisa belajar pemprograman untuk pengusaha, seperti HTML dan CSS atau Pengantar Pemprograman Python. Program tersebut disediakan secara gratis dan diajarkan melalui video.

3 dari 4 halaman

5. GitHub

Situs selanjutnya yang bisa kamu kunjungi untuk belajar coding secara gratis adalah GitHub yang menyediakan berbagai buku berisi ilmu tentang coding.

Di situs ini, kamu bisa menemukan 500 buku yang berisi hal tentang pemprograman. Buku-buku tersebut bisa kamu akses ke dalam 80 bahasa pemprograman yang berbeda. Terlebih lagi, situs ini terus memperbaharui koleksinya sehingga kamu akan terus bisa mendapatkan hal baru juga.

6. CodeAvengers

Situs yang satu ini menyediakan pembelajaran coding secara gratis dengan bahasa Inggris, Rusia, Spanyol, Belanda, Italia, Turki, dan Portugis.

Untuk bisa belajar coding di sini, kamu tak butuh waktu yang lama, cukup dengan 12 jam saja, kamu sudah bisa menyelesaikan semua. Kamu bisa belajar coding permainan, aplikasi, situs web, dan lainnya.

4 dari 4 halaman

7. Khan Academy

Terakhir adalah Khan Academy. Situs yang satu ini juga menyediakan tutorial belajar coding secara gratis berupa video step by step. Dalam video tersebut, kamu bisa belajar bagaimana caranya memprogram gambar, animasi, hingga permainan.

Namun, pelajaran tersebut dikhususkan untuk yang menggunakan JavaScript dan Processing.js saja. Pada situs yang telah didirikan sejak tahun 2006 lalu ini, kamu juga bisa membuat halaman web dengan menggunakan HTML dan CSS, lo!

Jadi, kini belajar coding tak perlu lagi susah-susah. Kamu bisa mengaksesnya lewat berbagai situs gratis di atas. Kalau kamu mau yang berbayar, juga banyak, kok!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.