Sukses

Mau Sewa Apartemen? Pertimbangkan 3 Hal Ini

Apartemen menjadi pilihan hunian ideal buat mereka yang bekerja di kawasan perkotaan.

Liputan6.com, Jakarta - Apartemen jadi pilihan hunian ideal buat mereka yang bekerja di kawasan perkotaan. Selain lebih efektif dan efisien dalam menjangkau tempat kerja, apartemen juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas di dalamnya, mulai dari tempat olahraga, kolam renang, tempat bermain keluarga, hingga mall.

Tentu saja, untuk bisa tinggal di apartemen Anda butuh biaya yang tak sedikit, tergantung juga dengan lokasi dan fasilitas yang ada. Namun setidaknya berbagai kebutuhan iuran bulanan untuk tinggal di apartemen tidaklah murah.

Tapi, jika Anda memang benar-benar membutuhkan tinggal di apartemen dan ingin menyewanya karena uang belum mencukupi untuk membeli unit, berikut tips menyewa apartemen, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Berapa Bujet yang Anda Punya saat ini?

Tipe apartemen apapun yang akan Anda sewa, apakah itu tipe studio, dua kamar tidur, atau lebih, hal ini tentu akan membutuhkan sejumlah biaya yang berbeda-beda. Penting untuk melihat kondisi keuangan dan kemampuan Anda untuk menyewanya.

Meski ini termasuk dalam kebutuhan pokok, namun besaran dana yang dikeluarkan wajib untuk tetap diperhitungkan. Idealnya biaya sewa apartemen ini tidak lebih dari 30 persen penghasilan tetap bulanan Anda.

Kenapa? Hal ini penting agar berbagai kebutuhan lain tetap bisa terpenuhi dengan baik. Tentukan bujet yang tepat dan sesuai dengan kondisi keuangan, sehingga Anda bisa mencari apartemen tepat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Berapa Jauh Jarak Apartemen dengan Kantor Anda?

Guna mempermudah aktivitas kerja, jarak lokasi apartemen dengan kantor tentu menjadi hal penting untuk dijadikan pertimbangan. Jangan sampai Anda menghabiskan waktu yang lama di perjalanan dan selalu terlambat tiba di kantor, begitu sebaliknya.

Sebab hal itu justru membuat kualitas hidup Anda tidak akan baik hanya karena tinggal di apartemen yang sangat jauh dari kantor. Bukannya mempermudah, tapi justru akan merepotkan Anda.

3. Apa Saja Barang yang Anda Butuhkan?

Saat Anda akan tinggal di apartemen untuk pertama kalinya, mungkin akan membutuhkan sejumlah perabotan. Terlebih lagi jika apartemen itu tidak menyediakan fasilitas full furnish.

Semua ini juga perlu diperhitungkan dengan baik sejak awal. Sebab Anda akan membutuhkan dana untuk membelinya. Selain itu, berbagai perabotan ini juga tentu akan memengaruhi tingkat kenyamanan Anda selama tinggal di sana.

3 dari 3 halaman

4. Cermati Perjanjian Sewa

Sebelum akhirnya mengambil keputusan, pastikan Anda mencermati dengan baik perjanjian sewa yang ditawarkan oleh pemilik/pengelola apartemen. Penting untuk melihat secara detail setiap poin serta aturan yang tertera di sana dan menyamakannya dengan kondisi apartemen yang sebenarnya.

Misalnya, jumlah orang yang bisa tinggal, aturan membawa hewan peliharaan, kententuan mengenai pemeliharaan serta kerusakan, dan berbagai hal lainnya.

Jika Ada yang kurang jelas, akan sangat baik untuk menanyakannya sejak awal, sebelum akhirnya Anda menandatangani surat perjanjian sewa tersebut.

Pilih yang Paling Tepat dan Sesuai Kebutuhan

Menyewa apartemen menjadi keputusan yang tepat, jika Anda bekerja di kawasan perkotaan. Cari dan temukan apartemen yang tepat, di mana Anda bisa mendapatkan manfaat maksimal atas hunian tersebut.

Pastikan Anda cermat dan memilih serta menyesuaikan bujet dengan baik sejak awal, sehingga keputusan ini tidak akan mengganggu kondisi keuangan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.