Sukses

Pemerintah Sepakat Bebaskan Tarif Bea Masuk 2 Produk Asal Palestina

Pembebasan tarif untuk dua komoditas asal Palestina tersebut juga merupakan komitmen atas dukungan kebijakan politik pemerintah Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) bertemu dengan Duta Besar Paletina Zuhair Al-Shun di Kantornya, Jakarta. Adapun pertemuan ini membahas mengenai penghapusan tarif bea masuk untuk beberapa komoditas asal Palestina.

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita yang juga mendampingi JK menyampaikan, dalam pertemuan berlangsung selama satu jam tersebut, pemerintah sepakat memberikan pembebasan bea masuk untuk dua komoditas asal Palestina. Keduanya yakni produk kurma dan minyak zaitun.

"Mengenai bea masuk untuk dua komoditi yang kita berikan atas permintaan dari Palestina yaitu korma dan minyak zaitun dengan bea masuk nol persen sampai dengan tata caranya. Karena PMK (Praturan Menteri Keuangan) itu dikeluarkan bebas bea masuk nol persen setelah itu tindak lanjutnya adalah tata cara pemasukannya," kata Enggartiasto saat ditemui di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (28/2/2019).

Enggartiasto menyampaikan, dalam pertemuan tersebut secara tegas Wapres JK juga memberikan mandat langsung kepada Palestina agar menyiapkan beberapa komoditas yang ingin masuk ke Indonesia. Pemerintah Indonesia membuka pintu lebar untuk memberikan kemudahan terhadap Palestina.

"Jadi ditekankan kepada Bapak Wapres JK sekali lagi pasti akan nol persen. Tidak ada studi seperti prosedur yang biasa. Kalau prosedur biasa setiap perjanjian kami bikin studi dulu kita buat telahan untung ruginya kalau denga palestina tidak," tegasnya.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Enggartiasto mengatakan, pembebasan tarif untuk dua komoditas asal Palestina tersebut juga merupakan komitmen atas dukungan kebijakan politik pemerintah Indonesia.

"Secara keseluruhan Presiden (Jokowi) dan Wapres menggariskan minta berikan dukungan juga dalam bidang ekonomi," kata dia.

Atas dukungan tersebut, lanjut Enggartiasto, secara efektif ini sudah mulai berlaku ketentuan bea masuk nol persen dengan ketentuan dan tata caranya. "Insya Allah bulan Ramadhan nanti kita sudah bisa menikmati kurma dari Palestina," ujar dia.

Sementara itu, Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair al-Shun, menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Pemerintah Indonesia yang telah membantu dalam hal perdagangan ini.

Sebagai timbal balik, Pemerintah Palestina pun membuka keran lebar apabila produk-produk Indonesia ingin masuk ke negaranya.

"Hari ini adalah pertemuan yang samgat membuahkan hasil dan sangat luar biasa yang sangat membantu pemerintah Palestina dalam hal perdagangan," ungkapnya.

"Bagaimana keadaan perpolitikan di Palestina yang sedang sangat sulit dan kehidupan kami yang sangat sulit kami menyambut perdagangan ini. Akan senantiasa menyambut baik seluruh komoditi yang akan di impor ke Palestina," ia menambahkan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.