Sukses

Wanita Karier, Kelola Uang Anda dengan Baik Mulai Saat Ini

Wanita karier memiliki pendapatan untuk dirinya, namun tetap harus mengelola uang untuk masa depannya dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta - Kesenjangan gaji dari sisi gender telah menjadi topik hangat dalam beberapa tahun terakhir. Penelitian terbaru dari T. Rowe Price menyoroti dampak yang dihadapi perempuan dari pendapatan seumur hidup yang lebih rendah, serta tantangan yang muncul, bersamaan dengan fakta bahwa wanita umumnya hidup lebih lama daripada pria.

Penting bagi perempuan untuk terus mengevaluasi diri mereka secara finansial karena mereka perlu menabung untuk masa pensiun yang lebih lama dan hal tak terduga lainnya.

Berikut langkah mengelola uang untuk wanita karier, dikutip dari Forbes, Rabu (27/02/2019).

1. Perhitungkan tabungan

Baru-baru ini, penelitian menunjukkan  bahwa pendapatan rata-rata untuk wanita karier milenial lebih rendah per tahun dibandingkan pria milenial.

Perempuan juga perlu menilai diri mereka sendiri dan potensi pekerjaan mereka dengan memahami nilai mereka, bernegosiasi untuk gaji yang kompetitif, dan tidak puas dengan pencapaian saat ini.

Inilah saatnya untuk mendapatkan landasan keuangan yang aman. Kembangkan rencana untuk menabung untuk masa pensiun.

Penting bagi wanita untuk mencari peluang untuk memajukan karier mereka. Pada saat yang sama, hal ini mungkin ketika sebagian besar wanita dan pasangannya memutuskan untuk memulai sebuah keluarga dan beberapa wanita karier mungkin meninggalkan pekerjaan untuk membesarkan anak-anak. Maka dari itu, Anda perlu memperhitungkan dengan baik uang untuk tabungan Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Pertimbangkan bekerja di perusahaan ‘ramah keluarga’

Bila terhambat dalam bekerja karena mengurus keluarga, Anda bisa memilih untuk berpindah tempat kerja yang lebih ramah keluarga dan memberi fleksibilitas dalam mengurus anak. Biasanya pekerjaan yang ramah keluarga memiliki waktu kerja yang tepat dan hari libur yang pasti.

Namun jika Anda meninggalkan dunia kerja, teruskan jaringan dan pertajam keterampilan Anda. Jangan lupakan urusan simpanan dana untuk pensiun. Terus bayar cicilan program pensiun. Pertimbangkan juga program pensiun pasangan jika Anda mengandalkan penghasilan pasangan Anda untuk rumah tangga.

 

3. ‘Egois’ dalam merencanakan dana pensiun

Wanita perlu ‘egois’ ketika merencanakan dana pensiun. Maksudnya, Anda bisa memanfaatkan segala program dan keanggotaan yang berguna untuk menambah cadangan dana pensiun Anda, selama preminya tidak memberatkan dan program yang diambil terpercaya.

Pensiun bisa jadi sebentar lagi, dan penting bagi Anda dan pasangan untuk mulai memvisualisasikan bagaimana Anda berbagi pemahaman tentang gambaran keuangan rumah tangga setelah pensiun.

Wanita karier juga harus memperhatikan semua sumber potensial penghasilan untuk pensiun, terutama jaminan sosial. Sangat penting untuk mengoordinasikan kapan harus mulai mengambil manfaat untuk memaksimalkan dana pensiun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini