Sukses

Hindari 2 Kesalahan Ini Saat Jawab Pertanyaan Wawancara Kerja

Wawancara kerja menjadi satu tahap yang sangat menentukan apakah Anda akan diterima atau tidak. Oleh karena itu setiap jawaban harus dipikirkan dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta - Pertanyaan "mengapa kamu tertarik di posisi ini?" terdengar sederhana. Pertanyaan wawacara kerja ini pun berpotensi memancing jawaban rumit apabila pelamar minim persiapan.

Pertanyaan di atas memang tak memiliki jawaban pasti. Yang pasti, ada dua kesalahan yang terjadi ketika menjawab pertanyaan wawancara kerja tersebut.

Dikutip dari Forbes, Senin (4/3/2019), kesalahan pertama adalah kebanyakan berbicara mengenai diri sendiri, lalu kesalahan kedua adalah kebanyakan berbicara sehingga jawaban menjadi tak relevan.

Agar wawancara kamu tetap berkesan bagi pihak perusahaan, berikut solusi dari dua kesalahan tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Hindari Bicara tentang Diri Sendiri Saja

Ketika ditanya mengapa ingin bekerja di suatu perusahaan, artinya mereka ingin mengenalmu dan bagaimana caramu bisa pas dengan perusahaan.

Jangan hanya bahas kemampuan atau kualifikasi yang kamu punya saja, melainkan bahas bagaimana kamu memakai kemampuan tersebut.

Pastikan juga kamu menyampaikan apa yang akan perusahaan dapat jika mempekerjakan kamu.

Utarakan apa yang membuatmu tertarik pada perusahaan ini, seperti budaya perusahaan atau dampaknya pada masyarakat.

Hindari bicara mengenai "butuh gaji" dan jangan kebanyakan membahas masalah pribadi seperti jaraknya lebih dekat.

3 dari 4 halaman

2. Kebanyakan Bicara

Memberi jawaban panjang lebar bisa membuatmu malah membahas sesuatu yang tak relevan. Pewawancara dapat kehilangan fokus dan ucapanmu yang penting justru berpotensi terlewatkan.

Solusinya adalah langsung menjawab tanpa menambah rincian tak perlu. Buatlah daftar hal-hal yang kamu ingin bicarakan dan prioritaskan saat wawancara.

Ini memastikan jika omonganmu dipotong pada tengah-tengah, maka bagian yang penting sudah berhasil tersampaikan.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini