Citilink Buka Rute Jakarta-Kuala Lumpur

Oleh Ilyas Istianur Praditya pada 26 Feb 2019, 16:05 WIB
Citilink Terapkan Electronic Flight Bag di Kokpit Pesawat

Liputan6.com, Jakarta - Maskapai berbiaya hemat (LCC) Citilink Indonesia membuka rute penerbangan internasionalnya ke-6 yaitu Jakarta - Kuala Lumpur, Malaysia, sebagai bentuk komitmen pengembangan jaringan penerbangan internasional yang mulai beroperasi, Selasa, 26 Februari 2019.

"Pembukaan rute ini merupakan bukti komitmen serta keseriusan Citilink Indonesia dalam upaya melebarkan sayapnya di level internasional sehingga akan memperkuat posisi Citilink Indonesia sebagai maskapai berbiaya hemat terkemuka di dunia," kata VP Corporate Secretary & CSR Citilink Indonesia – Resty Kusandarina di Cengkareng, Selasa (26/2/2019).

Rute Jakarta-Kuala Lumpur merupakan rute internasional Citilink Indonesia ke Malaysia yang keenam yang sebelumnya Citilink Indonesia telah membuka rute Denpasar-Dili, Jakarta-Penang, Surabaya-Penang, Banyuwangi-Kuala Lumpur dan Surabaya-Kuala Lumpur.

Resty menuturkan, Citilink Indonesia optimis dapat mencapai target keterisian kursi (Seat Load Factor – SLF) sebesar 75 persen pada rute ini mengingat rute Jakarta-Kuala Lumpur pp. merupakan rute yang prospektif karena menghubungkan ibukota dua negara.

Menurut data yang dirilis OAG, salah satu situs penyedia data penerbangan, menyatakan pada 2018, penerbangan rute Jakarta-Kuala Lumpur merupakan rute tersibuk kelima di dunia.  Jumlah frekuensi penerbangan rute tersebut sebanyak 19.849 penerbangan.

Jadwal penerbangan Jakarta – Kuala Lumpur akan beroperasi empat kali seminggu pada hari Senin, Selasa, Jum’at dan Sabtu dengan nomor penerbangan QG 528 dari Terminal 3 Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pada pukul 11:00 WIB dan tiba di Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur (KLIA 1) pada pukul 14:20 waktu setempat.

Sementara untuk rute Kuala Lumpur – Jakarta dengan nomor penerbangan QG 529 akan berangkat dari Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur (KLIA 1) pada pukul 15:20 waktu setempat dan tiba di Terminal 3 Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pada pukul 16:30 WIB.

 

2 of 2

Buka Rute Surabaya-Kuala Lumpur

Citilink
Citilink (Dok.Instagram/@citilink/https://www.instagram.com/p/BrG250og2HL/Komarudin)

Sebelumnya, maskapai berbiaya hemat (LCC) Citilink Indonesia kembali memperluas konektivitas dengan menambah jaringan penerbangan internasional di Asia dengan membuka rute Surabaya - Kuala Lumpur mulai Rabu ini.

“Pembukaan rute ini merupakan salah satu strategi perusahaan untuk memperluas jaringan penerbangan internasional sehingga memantapkan eksistensi Citilink Indonesia sebagai maskapai berbiaya hemat terkemuka di kancah internasional khususnya di kawasan Asia,” kata Pjs. VP Sales & Distribution Citilink Indonesia, Amalia Yaksa di Jakarta, Rabu 30 Januari 2019.

Amalia menambahkan bahwa dengan adanya rute penerbangan baru ini diharapkan dapat meningkatkan antusiasme wisatawan lokal maupun mancanegara sehingga dapat mendukung akselerasi pertumbuhan sektor pariwisata dan juga meningkatkan aksesibilitas di kedua wilayah tersebut.

Pembukaan rute penerbangan Citilink Indonesia ke Surabaya - Kuala Lumpur ini membidik para wisatawan regional serta business travellers serta para pelajar yang hendak berangkat ke Kuala Lumpur atau kembali ke Surabaya.

Adapun target keterisian untuk rute internasional ke-4 ini diharapkan dapat mencapai 84 persen

Seperti diketahui bersama, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur sebelumnya telah menetapkan target kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 1 juta orang sepanjang tahun 2019.

Surabaya juga dinobatkan sebagai kota terbaik untuk pengembangan pariwisata oleh Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018, maka dari itu, momen pembukaan rute Surabaya-Kuala Lumpur diharapkan mampu membantu pemenuhan target tersebut dan menjadikan Surabaya semakin dikenal oleh masyarakat internasional.

Jadwal penerbangan Surabaya - Kuala Lumpur beroperasi setiap hari dengan nomor penerbangan QG 522 akan berangkat dari Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya pada pukul 11:55 dan tiba di Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur pukul 15:30 waktu setempat.

Untuk rute sebaliknya, pesawat dengan nomor penerbangan QG 523 akan berangkat dari Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur pada pukul 16:35 dan kembali tiba di Bandar Udara Internasional Juanda pukul 18:30.

Penerbangan Surabaya - Kuala Lumpur akan menggunakan pesawat ukuran sedang Airbus A320 dengan kapasitas angkut sebanyak 180 penumpang.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓