Sukses

YLKI: Pakai Kendaraan Listrik, Konsumen Bisa lebih Hemat

YLKI mendukung upaya pemerintah mengembangkan motor dan mobil listrik serta peralatan rumah tangga berbahan bakar listrik.

Liputan6.com, Jakarta - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mendukung upaya pemerintah mengembangkan kendaraan listrik dan peralatan rumah tangga berbahan bakar listrik. Hal ini dinilai menjadi alternatif bagi konsumen yang ingin lebih hemat dalam pemakaian energi.

Ketua Pengurus Harian YLKI‎ Tulus Abadi mengatakan, penggunaan sejumlah perlengkapan berbasis listrik mulai dari kompor listrik, motor dan mobil listrik akan menjadikan konsumen memiliki pilihan dalam komoditas energi.

“Artinya apabila tersedia semakin banyak pilihan energi yang disediakan oleh negara, maka akan semakin efisien. Selain itu, dengan dengan adanya mobil listrik atau motor listrik, dari segi polusi, bisa menekan pengeluaran dari sisi bahan bakar," ujar dia di Jakarta, Selasa (26/2/2019).

Namun demikian, bagi masyarakat konsumen, mengubah pola hidup menjadi lebih banyak menggunakan listrik dibanding energi lainnya seperti minyak dan gas akan tergantung pada harga yang ditawarkan.

"Kalau harga jual tenaga listrik yang ditawarkan lebih murah, bagi masyarakat bisa saja menjadi alternatif pilihan. Tetapi sebaliknya kalau penawaran harganya mahal, akan sulit bagi masyarakat beralih pada listrik," ungkap dia.

Sementara itu, Executive Vice President Corporate Communication and CSR PT PLN (Persero) I Made Suprateka mengemukakan, PLN siap mendukung upaya pemerintah dalam mengalihkan penggunaan energi fosil seperti minyak dan gas ke listrik.

"Pada akhirnya kita memang harus sepakat untuk mempertajam berbagai sumber alam yang dapat memberi kontribusi penguatan ekonomi Indonesia, sekaligus berarti meminimalisir berbagai hal, terutama pada pos-pos pengeluaran belanja negara, yang memiliki fungsi substistusi yang bersumber dari dalam negeri," kata dia.

Penggunaan energi listrik, lanjut dia, akan memberikan efisiensi dan penghematan yang lebih besar. Selain itu, listrik juga didapat dari sumber energi baru dan terbarukan.‎

“Dengan demikian maka kita dapat melakukan bauran energi yang paling ekonomis, untuk menghasilkan sumber listrik yang sustain, baik dalam hal kapasitas, ketersediaan, dan juga harganya,” tandas dia.

Simak video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • PLN merupakan perusahaan listrik milik negara.

    PLN

  • Listrik adalah daya atau kekuatan yang dapat digunakan untuk menghasilkan panas, cahaya, atau untuk menjalankan suatu mesin.

    Listrik

  • YLKI merupakan singkatan dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia.

    YLKI

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik