Catat, Ini Tanggal Uji Coba LRT Jakarta

Oleh Bawono Yadika pada 25 Feb 2019, 17:39 WIB
Diperbarui 25 Feb 2019, 17:39 WIB
Mengintip LRT Jakarta yang siap beropersi pada Maret 2019, Senin (25/2/2019). (Bawono/Liputan6.com)
Perbesar
Mengintip LRT Jakarta yang siap beropersi pada Maret 2019, Senin (25/2/2019). (Bawono/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - PT Light Rail Transit (LRT) bekerja sama dengan PT Transjakarta memberikan promo khusus bagi pengguna angkutan umum baru Jak Lingko dengan rute Jak24 yakni dari stasiun Senen-Pulo Gadung.

Direktur Utama LRT Jakarta Allan Tandiono menjelaskan, promo spesial ini akan berlaku selama 2 minggu lamanya sebagai sosialisasi LRT Jakarta. Promo khusus ini berlaku hanya pada pukul 16.00-20.00 WIB.

"Pada 4 Maret nanti kami bekerja sama dengan Transjakarta melakukan sosialisasi Jak Lingko atau Jak 24. Jadi selama 4-17 Maret, nanti warga naik Jak24, kemudian diberikan tiket khusus untuk mencoba menaiki LRT, yang dapat dinaiki di Stasiun Kelapa Gading karena rute Jak 24 Pulo Gadung - Senen. Ini adalah solusi mobilitas baru agar masyarakat beralih menggunakan transportasi umum," ujarnya di Jakarta, Senin (25/2/2019).

Dia melanjutkan, pihaknya memang berkeinginan agar masyarakat DKI Jakarta dapat menjajal LRT Jakarta ini sebelum mulai dioperasikan secara komersial. Promo ini juga berlaku sebagai uji coba moda transportasi perseroan kepada masyarakat.

Sementara itu, Direktur Utama Transjakarta Agung Wicaksono mengungkapkan, promo sinergi antara Transjakarta dengan LRT Jakarta bertujuan agar masyarakat melek sekaligus merasakan secara nyata bagaimana transportasi publik dapat terintegrasi.

"Uji coba ini gratis dari jam 4 sore sampai jam 8 malam. Tujuannya adalah bukan hanya orang merasakan LRT tapi angkutan umum yang terintegrasi," jelasnya.

2 dari 3 halaman

Tarif LRT Jakarta Rute Kelapa Gading-Velodrome Rp 10.800?

Mengintip LRT Jakarta yang siap beropersi pada Maret 2019, Senin (25/2/2019). (Bawono/Liputan6.com)
Perbesar
Mengintip LRT Jakarta yang siap beropersi pada Maret 2019, Senin (25/2/2019). (Bawono/Liputan6.com)

Sebelumnya, Direktur Utama PT Light Rail Transit (LRT) Jakarta, Allan Tandiono menuturkan, tengah menunggu ketetapan tarif LRT Jakarta dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI. 

Kendati begitu, pihaknya mengaku memang menerima rekomendasi tarif LRT Jakarta dari Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ). Adapun DKTJ menyarankan tarif LRT Jakarta Kelapa Gading-Velodrome itu seharga Rp 10.800. 

"Kalau sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) ada rekomendasi yang diberikan oleh DTKJ. DTKJ ini merekomendasikan seharga Rp 10.800 dengan alasan sudah terintegrasi dengan transjakarta untuk bawa penumpang LRT Jakarta Kelapa Gading Pulomas sampai dengan Dukuh Atas. Itu memang yang direkomendasikan DKTJ," ujar dia di Jakarta, Senin (25/2/2019).

Meski demikian, rekomendasi tersebut masih dalam pembahasan dengan Pemprov DKI. Lantaran, penetapan tarif LRT Jakarta merupakan wewenang Pemprov DKI. "Kita tunggu Pemprov ya. Penetapan tarif masih menunggu Pemprov," tandas dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait