Sukses

Harga Piala Oscar 2019 Cuma Rp 140 Ribu, Pemenang Tak Dapat Duit

Jika dijual, harga piala Oscar hanya Rp 140 ribu. Pemenangnya pun tak dapat hadiah duit.

Liputan6.com, Los Angeles - Pagelaran Piala Oscar ke-91 baru saja selesai digelar. Rami Malek meraih aktor terbaik, Lady Gaga menangis bahagia, dan aktor Billy Porter menjuarai karpet merah berkat gaun tuxedo yang ia kenakan.

Bila Piala Oscar santer dianggap sebagai penghargaan nomor wahid di dunia perfilman, ternyata menang Piala Oscar tidak dapat duit. Lantas bisakah dijual?

Dilansir Cheat Sheet, piala Oscar selain tidak membawa uang juga tidak bisa dijual. Mengapa? Pasalnya ada perjanjian agar pemenang wajib menjual piala terlebih dulu ke pihak Academy selaku penyelenggara.

Dengan cara itulah piala Oscar hanya "laku" Rp USD 10 atau Rp 140 ribu (USD 1 = Rp 14.020), meski ada kasus langka ketika harga Oscar lebih mahal karena dilelang.

Untuk harga pembuatan Piala Oscar berkisar USD 500 hingga USD 900 (Rp 7 - 12 juta). Walau begitu, gaji aktor bisa bertambah hingga 81 persen setelah menang Piala Oscar.

Sayang, penelitian Colgate menemukan perempuan piala Oscar tidak mendapat kenaikan jumlah gaji yang sama.

Faktor umur pun menjadi alasannya, sebab gaji aktor pria makin tinggi meski makin berumur. Sementara, gaji aktris perempuan cenderung lebih tinggi ketika masih di awal karier.

"Dalam kasus-kasus demikian, memenangkan sebuah piala Academy tidak memberi efek statistik signifikan bagi gaji wanita pada sampel," tulis Colgate.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemenang Piala Oscar 2019

Film Terbaik: Green Book

Sutradara Terbaik: Alfonso Cuaron (Roma)

Aktor Utama Terbaik: Rami Malek (Bohemian Rhapsody)

Aktris Utama Terbaik: Olivia Colman (The Favourite)

Aktor Pendukung Terbaik: Mahershala Ali (Green Book)

Aktris Pendukung Terbaik: Regina King (If Beale Street Could Talk)

OST Terbaik: Shallow (A Star Is Born)

Original Score Terbaik: Black Panther

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.