Ini Keuntungan Beli Tiket Kereta Api di KAI Access

Oleh Tommy Kurnia pada 24 Feb 2019, 19:34 WIB
Diperbarui 24 Feb 2019, 19:34 WIB
Ilustrasi tiket kereta api
Perbesar
Ilustrasi tiket kereta api (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Liputan6.com, Jakarta - Tiket kereta api untuk lebaran sudah mulai dapat dipesan pada Senin dini hari (25/2/2019) di channel resmi dan mitra Kereta Api Indonesia (KAI). Namun, Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengajak para calon penumpang memesan langsung tiket ke KAI via aplikasi resmi KAI Access.

Alasannya adalah pemesanan langsung akan menghindarkan penumpang dari harga tambahan. Sebab, pihak mitra akan memberi harga tambahan.

"Apa bedanya? KAI Access tak ada biaya pemesanan, kalau di channel lain ada nilai atau biaya pemesanan sebesar Rp 7.500, dan di KAI Access bisa e-boarding," ujar Edi saat konferensi pers di posko Stasiun Gambir, Minggu (24/2/2019) di Jakarta. 

VP Public Relation PT KAI Agus Komarudin menjelaskan, pemesanan tiket kereta api via KAI Access lebih praktis karena selain tak ada biaya tambahan juga memudahkan pengguna melakukan hal seperti re-scheduling (mengatur ulang jadwal).

"Harga sama cuman tak ada biaya pemesanan (Rp 7.500), terus bisa re-schedule lewat KAI Access," jelasnya.

Perihal kesiapan sistem, pihak KAI optimistis sebab kekuatan server sudah ditingkatkan sebesar dua kali lipat. Ini untuk mengantisipasi sistem kolaps akibat kebanyakan orang yang mengakses tunuk membeli tiket kereta api.

"Yang diantisipasi manakala rush hour, mereka itu membeli tiket online, karena pernah tinggi sampai jutaan, dan akhirnya kolaps sistemnya. Ini yang diantisipasi," jelas Edi.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


KAI Pastikan Penjualan Tiket Kereta Lebaran Mulai Senin

Ilustrasi – kereta api melintas di wilayah Daop 5 Purwokerto. (Foto: Liputan6.com/KAI Daop 5 PWT/Muhamad Ridlo)
Perbesar
Ilustrasi – kereta api melintas di wilayah Daop 5 Purwokerto. (Foto: Liputan6.com/KAI Daop 5 PWT/Muhamad Ridlo)

PT Kereta Api Indonesia (Persero)/KAI memastikan akan mulai menjual tiket kereta api H-10 Lebaran dalam waktu dekat. Perayaan Idul Fitri pada 2019 akan jatuh pada 5-6 Juni 2019.

"Nanti pada 25 Februari akan mulai dijual untuk tiket H-10 Lebaran," kata VP Public Relation KAI Agus Komarudin, saat berbincang dengan Liputan6.com, Minggu (24/2/2019).

Dengan kata lain, untuk kereta api dengan keberangkatan 26 Mei 2019 akan mulai dijual pukul 00.01 WIB pada 25 Februari 2019.

"Itu untuk kereta reguler yang selama ini sudah dioperasikan," tegas Agus.

Sebelumnya, sekitar 90 hari lagi arus mudik Lebaran akan segera dimulai. Bagi yang yang hendak melakukan perjalanan menggunakan kereta api, kini tiket untuk mudik sebentar lagi sudah dapat dibeli. 

Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com, Gaery Undarsa mengatakan, pihaknya kembali menjadi channel official PT KAI untuk penjualan tiket kereta pada 2019.

"Kita akan jadi channel official dari H-90 tapi kita belum dapat confirmation pastinya kapan. Tapi sudah dekat, minggu-minggu ini(tiket sudah dapat dibeli)," kata Gaery dalam acara konferensi pers di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis 21 Februari 2019.

Dia mengungkapkan, untuk lebih memberikan layanan terbaik pada masa penjualan tiket kereta api untuk Lebaran, tiket.com memberikan promo potongan Rp. 30.000; yang mulai berlaku 18 hingga 24 Februari 2019.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya