Sukses

Buka Coffee Shop, MD Corp Gandeng Perusahaan Korea dan China

MD Pictures menjalin kerja sama non-exclusive dengan mendirikan dan mengadakan perusahaan patungan di Indonesia di industri food and beverage (F&B).

Liputan6.com, Jakarta - PT MD Ritel Utama, sister company PT MD Pictures Tbk (FILM) teken perjanjian perusahaan patungan atau joint venture company (JVC) bersama Anyone F&C Co., Ltd perusahaan Korea dan XINGXING (Hong Kong) International Investment Limited. 

Perseroan berkeinginan menjalin kerja sama non-exclusive dengan mendirikan dan mengadakan perusahaan patungan di Indonesia di industri food and beverage (F&B).

Perjanjian perusahaan patungan ditandatangani oleh Manoj Punjabi selaku Direktur Utama MD Ritel Utama, Bong Jong Bok selaku Direktur Utama Anyone F & C Co., Ltd, dan Ye Xiabin yakni Direktur Utama XINGXING (Hong Kong) International Investment Limited di Gedung MD Place.

"Prospek pertumbuhan industri bisnis makanan dan minuman memiliki pangsa pasar yang cerah dan potensial. Kami menyambut baik kolaborasi dengan perusahaan internasional di industri food and beverage ini. Dengan kehadiran Mixx One Food and Beverage ini kami berharap akan dapat memperkaya cita rasa kuliner serta turut mendukung pertumbuhan industri bisnis makanan dan minuman di Indonesia," ujar Manoj Punjabi di Kantor MD Pictures, Jakarta Selatan, Jumat (22/2/2019).

Dia menjelaskan, perusahaan patungan (JVC) ini dinamakan "PT MIXX ONE Food and Beverage" sebagai perseroan terbatas.

Dengan ditandatanganinya perjanjian tersebut rasio kepemilikan masing-masing saham para pihak tercatat sebesar 33,33 persen dengan total nilai investasi Rp 15 miliar dan setelah satu tahun  pendirian, akan bertambah menjadi Rp 45 miliar. 

"Dalam perjanjian disebutkan Anyone F&C Co., Ltd bertanggung jawab atas pengembangan menu atau resep, program pelatihan cafe serta manajemen cafe," ujar dia.

Dia mengungkapkan, perjanjian perusahaan patungan merupakan bagian dari strategi ekspansi MD Ritel Utama untuk terus bertumbuh. Strategi meliputi kolaborasi dengan perusahaan internasional di industri food and beverage untuk membawa konsep baru ke pasar Indonesia.

"Jadi coffee shop pertama direncanakan diluncurkan pada semester kedua 2019, berlokasi di MD Place, Setiabudi, Jakarta. Sementara itu, di gedung MD Place sebelumnya juga sudah terdapat tiga restoran ternama yaitu Valentino, Akira Back dan AB Steak di mana ketiga restoran tersebut dalam pengelolaan dan kepemilikan MD Ritel Utama," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalin Kemitraan Usaha Baru

Sebelumnya, dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), 19 Februari 2019, perseroan menjalin kerja sama kemitraan usaha baru dengan PT Mixx Entertainment.

Pembentukan usaha tersebut dengan modal dasar Rp 10 miliar dan modal ditempatkan Rp 10 miliar. Kepemilikan modal MD Pictures sebesar Rp 5 miliar.

Adapun tujuan transaksi ini untuk menyerap peluang bisnis dengan bermitra usaha di tingkat internasional di industri film yang terus berkembang sehingga perseroan dapat memproduksi, menerbitkan dan mengedarkan film/video lebih banyak dan berkualitas.

Diharapkan dapat mencapai pangsa pasar lebih besar baik di Indonesia dan di luar negeri. Perseroan memakai dana internal untuk kerja sama tersebut.

"Perseroan melalui perusahaan ini akan mendapatkan pendapatan tambahan dari penjualan film dan video yang diproduksi. Perseroan juga akan memainkan perannya di industri film global salah satunya dengan mengadaptasi film asing dan mendistribusikan baik di Indonesia dan luar negeri," tulis Direktur PT MD Pictures Tbk, Venkatachari Soundarajan.

Adapun pemegang saham lainnya pada PT The Mixx Entertainment yaitu Xingsing (Hong Kong) International Investment Limited sebesar 50 persen.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.