Ini 6 Pusat Perbelanjaan Terbesar di Dunia

Oleh Ayu Lestari Wahyu Puranidhi pada 23 Feb 2019, 07:00 WIB
Diperbarui 23 Feb 2019, 07:00 WIB
20151020-Ilustrasi-Belanja-di-Pusat-Perbelanjaan
Perbesar
Ilustrasi Belanja di Pusat Perbelanjaan (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Sudah biasa jika mal atau pusat perbelanjaan menjadi tempat untuk berbelanja, tapi bagaimana jika pusat perbelanjaan ini menyediakan sarana untuk bermain ski? bermain memacu adrenalin atau bahkan sebagai tempat untuk menikmati seni.

Tahukah Anda ada begitu banyak pusat perbelanjaan besar di dunia dengan menyediakan berbagai sarana. Mau tahu pusat perbelanjaan apa sajakah itu dan berapa banyak biaya yang dihabiskan untuk membuatnya?

Dilansir pada laman MSN, berikut merupakan enam pusat perbelanjaan terbesar di dunia:

1. Westfield London, Inggris - USD 2,3 Miliar

Sejak dibuka 10 tahun lalu dengan biaya USD 2,3 miliar atau sekitar Rp 32,34 triliun (asumsi kurs Rp 14.061 per dolar AS), Westfield London telah menyambut hampir 250 juta pengunjung dan menghasilkan lebih dari USD 12,6 miliar dalam penjualannya dan akan semakin besar pada 2019.

Selain itu, mal ini menjadi pusat ritel terbesar di Eropa. Hal itu usai ada perluasan yang habiskan biaya tambahan USD 848 juta. Pada 2019, mal ini juga akan membuka tempat bowling, mini-golf indoor dan pusat bersepeda dalam ruangan.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Berjaya Times Square, Malaysia - USD 450 Juta

[Bintang] Supaya Nggak Khilaf, Ini Tips Belanja Lebaran
Perbesar
Jangan mentang-mentang habis dapat tunjangan hari raya (THR) semuanya pengin dibeli, ini tips belanja hemat jelang Lebaran. (Ilustrasi: Pexels.com)

Terletak di pusat Kuala Lumpur, Berjaya Times Square memiliki lebih dari 1.000 toko ritel dan merupakan bagunan terbesar di dunia yang pernah dibangun dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Pembangunan mal ini habiskan biaya sekitar USD 450 juta atau sekitar Rp 6,32 triliun. Mal ini juga tersedia Grand Musical Staircase dan memiliki luas 7,5 juta meter persegi mencakup 48 lantai yang dibuka sejak 2003.

Selain itu, dalam mal ini juga terdapat hotel, taman hiburan, kompleks pusat perbelanjaan. Pada lantai 5 dan 7 terdapat Berjaya Times Square Theme Park yang merupakan taman hiburan terbesar di Malaysia.

3. West Edmonton Mall, Kanada - USD 1,2 miliar

Diperkirakan telah menghabiskan USD 1,2 miliar atau sekitar Rp 16,87 triliun untuk membangun pusat perbelanjaan di Amerika Utara yang juga menjadi salah satu  terbesar di dunia.

Mal ini juga dilengkapi oleh Galaxyland, taman hiburan indoor terbesar di dunia yang memiliki 24 wahana yang dapat dinikmati. Selain itu, mal ini juga menawarkan kolam ombak indoor terbesar di dunia.

Tidak hanya itu saja, terdapat sebuah kasino, teater makan malam, hotel kelas dunia dan 800 toko dalam mal ini. Mal ini menjadi salah satu pusat perbelanjaan yang sangat lengkap karena selain dapat berbelanja, Anda juga dapat bermain dan menginap setelahnya.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Mall of America, Amerika - USD 975 Juta

20151020-Ilustrasi-Belanja-di-Pusat-Perbelanjaan
Perbesar
Ilustrasi Belanja di Pusat Perbelanjaan (iStockphoto)

Mal ini menjadi mal terbesar di Amerika Serikat. Mal ini dapat menampung lebih dari 520 toko, 11.000 karyawan dan dapat menampung 40 juta pengunjung tiap tahunnya.

Selain itu juga terdapat LEGO Store yang sangat besar, menaiki roller-coaster indoor di Nickledeon Universe yang menjadi taman hiburan indoor terbesar di Amerika Serikat. Lebih dari 7.000 orang telah menikah di Mall of America.

Dibutuhkan USD 650 juta atau sekitar Rp 9,14 triliun untuk membangun mal ini pada 1992, dan USD 325 juta atau sekitar Rp 4,57 triliun untuk memperluas mal. Mal ini juga menghasilkan hampir USD 2 miliar dalam pendapatan tahunan untuk negara bagian Minnesota.

5. The Dubai Mall, Arab Saudi - USD 20 Miliar

Mal ini merupakan bagian dari kompleks Downtown di Dubai yang bernilai USD 20 miliar. Mal ini memiliki 120 restoran dan 1.200 toko. Selain itu, Anda dapat menikmati taman hiburan dalam ruangan SEGA seluas 76.000 kaki persegi untuk KidZania.

Mal ini juga memiliki Cineplex terbesar di Dubai, Reel Cinemas dengan 22 layar untuk melihat hampir 33 ribu makhluk laut. Selama 2016, laba bersih mal ini naik 22 persen menjadi USD 144 juta atau sekitar Rp 2,02 triliun.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

6. Mall of the Emirates, Arab Saudi - USD 218 Juta

Uni Emirat Arab Segera Bangun Taman Salju Terbesar di Dunia
Perbesar
Ilustrasi taman salju seluas 11.600 meter persegi yang akan dibangun di dalam pusat perbelanjaan Reem Mall. (Arabian Business)

Mall of the Emirates menjadi resor belanja pertama di dunia. Mal ini terdapat 630 merek internasional dengan total biaya pembuatan USD 218 juta atau sekitar Rp 3,06 triliun.

Mal ini penuh dengan barang-barang yang mewah dengan 80 merek yang dirancang oleh perancang terkenal di dunia yang bertempat di Luxury Wing.

Tidak hanya itu saja, terdapat dua hotel yaitu Kempinski dan Sheraton yang keduanya merupakan hotel bintang 5 yang berlokasi strategis. Terdapat resor ski indoor dan taman salju pertama di Timur Tengah. Mal ini juga memiliki VOX Cinema dengan 14 layar dan area hiburan keluarga Magic Planet.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓