Baru Lulus Kuliah? 4 Jenis Pekerjaan Ini Bisa Jadi Pilihan Kamu

Oleh Fitriana Monica Sari pada 21 Feb 2019, 08:02 WIB
[Bintang] Cerita Haru Petugas SPBU yang Berhasil Lulus Kuliah, Menginspirasi Banget!

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang pasti mendambakan untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah. Tetapi, mencari pekerjaan tidak semudah yang dibayangkan, karena banyaknya lulusan-lulusan baru yang juga ingin bekerja, namun berbanding terbalik dengan lowongan pekerjaan yang tersedia.

Belum lagi, Anda juga harus bersaing dengan orang-orang yang sudah berpengalaman di bidang yang juga mencari pekerjaan yang sama. Fresh graduate biasanya belum punya banyak pengalaman di dunia kerja, apalagi jika tidak aktif di banyak kegiatan organisasi, dan lain sebagainya.

Kebanyakan fresh graduate asal memilih pekerjaan tanpa melihat atau mencari tahu lebih jauh tentang perusahaan yang dilamar. Ada banyak pertimbangan yang harus dicari tahu sebelum melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Jangan sampai nanti Anda merasa terjebak karena salah pilih pekerjaan atau pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan bakat dan minat.

Memang, setiap orang pasti ingin mendapatkan pekerjaan sesuai dengan jurusan yang diambil pada masa kuliah dulu. Jangan sampai membuang-buang waktu untuk bekerja di perusahaan yang salah. Untuk itu, sebelum Anda memutuskan untuk melamar pekerjaan pastikan perusahaan yang Anda lamar memiliki beberapa kriteria. Berikut informasinya untuk Anda, simak ya!

2 of 5

Cermat Memilih Tempat Kerja

Wanita Karir
ilustrasi Foto Wanita Karir (iStockphoto)

Banyak fresh graduate yang asal lamar pekerjaan, tanpa tahu lebih jauh mengenai profil perusahaan yang dilamar. Padahal, hal ini penting, lho. Dikutip dari TunaiKita, perusahaan yang Anda pilih harus memenuhi beberapa kriteria berikut:

1. Teliti dengan Baik

Diterima kerja untuk pertama kali memang sesuatu yang menyenangkan, apalagi sudah melalui banyak tes dan wawancara di berbagai perusahaan.

Banyak rencana yang terpikirkan, termasuk dalam hal keuangan karena Anda akan segera mendapatkan penghasilan. Tetapi, jangan sampai Anda bekerja pada sebuah perusahaan yang tidak memiliki kredibilitas yang baik, dan juga tidak mempunyai perkembangan karier dan masa depan.

Banyak sekali perusahaan yang tidak memiliki kredibilitas yang baik dan tidak bisa memberikan kesejahteraan bagi karyawannya. Nah, untuk itu sangat penting memastikan bahwa tempat kerja Anda nanti adalah sebuah perusahaan yang tepat dan bisa menjadi sarana yang baik dalam perkembangan karier di masa depan.

2. Gaji yang Sesuai dengan UMR

Perusahaan yang bagus, akan memberikan hak karyawan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan pemerintah. Salah satu hal yang wajib dipenuhi perusahaan, yaitu sistem pembayaran gaji yang layak dan sesuai dengan UMR yang berlaku. Besaran gaji telah disesuaikan dengan kebutuhan hidup di daerah tersebut, sesuai dengan kebijakan pemerintah mengenai UMR.

3. Sistem Rekrutmen yang Jelas

Anda harus cari tahu bagaimana perusahaan tersebut melakukan perekrutan terhadap tenaga kerja mereka. Perusahaan yang baik tentu akan memiliki sistem perekrutan yang baik pula.

Anda harus mendapatkan kejelasan mengenai tahapan seleksi yang harus dilalui nantinya. Jika terdapat kejanggalan dalam hal ini, disarankan untuk tidak lanjut ke proses selanjutnya.

3 of 5

4. Jenjang Karier

[Bintang] Sukses
Ilustrasi perempuan sukses dengan berbagai proses dialaminya. (Picture: diaiz.co)

Carilah perusahaan yang memiliki jenjang karier yang jelas untuk karyawannya. Jika perusahaan yang Anda lamar tidak memiliki kejelasan jenjang karier, maka sudah pasti Anda juga tidak akan memiliki kejelasan karier di perusahaan tersebut. Bukankah setiap orang ingin memiliki karier yang baik kedepannya?

5. Budaya Kerja yang Sehat dan Terbuka

Ini juga salah satu yang menjadi pertimbangan dalam memilih perusahaan yang akan dilamar. Ketahui dengan baik mengenai budaya kerja yang diterapkan di perusahaan tersebut. Sebab, itu akan berpengaruh terhadap kenyamanan Anda dalam bekerja.

4 of 5

Pekerjaan yang cocok untuk yang baru lulus

Semangat bekerja (Ilustrasi iStock)
Semangat bekerja (Ilustrasi iStock)

Setelah Anda mengetahui mengenai kriteria perusahaan yang baik, berikut pekerjaan yang cocok untuk Anda yang baru lulus.

1. Agen Asuransi

Ada banyak sekali lowongan agen asuransi di situs-situs pencari kerja. Rata-rata mereka menerima fresh graduate, lho. Nah, untuk Anda yang baru lulus, pekerjaan ini cocok untuk Anda yang ingin mencoba. Meski agen asuransi masih sering dipandang sebelah mata, padahal prospek dan pendapatannya lumayan, lho.

2. Jurnalis

Banyaknya media-media baru yang bermunculan, tentu membutuhkan tenaga kerja yang masih fresh. Nah, jurnalis ini sangat cocok untuk para fresh graduate yang suka menulis.

Pekerjaan ini akan sangat menyenangkan, karena Anda akan banyak mewawancarai tokoh-tokoh besar dari mulai pejabat maupun selebriti.

5 of 5

3. Account Executive

kerja keras bagai kuda 1
Ilustrasi./Copyright pexels.com

Pekerjaan ini juga banyak muncul di situs pencari kerja dan mulai menjamur belakangan ini. Untuk para fresh graduate yang tertarik dan ingin menjalani pekerjaan ini, nantinya Anda akan banyak melakukan pertemuan dengan klien di luar kantor, dan tentunya berpenampilan menarik menjadi salah satu syarat wajib untuk melakoni pekerjaan yang satu ini.

4. Management Trainee

Program ini diperuntukan untuk Anda yang baru lulus. Anda akan dibekali sejumlah pelatihan untuk menduduki posisi top atau strategis. Program ini rata-rata memakan waktu selama 2 tahun. Anda akan diberikan bekal materi mengenai seluk beluk perusahaan. Tetapi proses seleksi untuk program ini tidak mudah, Anda harus mempersiapkan diri untuk berkompetisi dengan banyak kandidat.

Semua keputusan ada ditangan Anda, pilihlah perusahaan dan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan Anda. Jangan sampai karena terlalu banyak memilih sehingga Anda lama untuk mendapatkan pekerjaan.

Lanjutkan Membaca ↓