Sukses

8 Orang Indonesia yang Berhasil Harumkan Nama Bangsa di Luar Negeri

Berikut ini ulasan siapa sajakah orang Indonesia yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di luar negeri, simak yuk!

Liputan6.com, Jakarta Indonesia bukan hanya kaya akan sumber daya alamnya, namun juga sumber daya manusianya. Prestasi yang dicapai anak muda Indonesia juga patut diakui.

Sudah tidak terhitung berapa banyak anak bangsa yang mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional. Berbanding terbalik dengan apa yang sudah dilakukan mereka, justru karya mereka lebih banyak diapresiasi di luar negeri dari pada di negeri sendiri.

Nama-nama yang mengharumkan nama bangsa tidak hanya pada satu bidang saja, terdapat berbagai bidang mulai dari ilmu pengetahuan, seni, olahraga, bisnis, sampai dunia hiburan.

Dikutip dari TunaiKita, berikut ini ulasan mengenai siapa sajakah orang Indonesia yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di luar negeri, simak yuk!

Pemuda Indonesia yang Mengharumkan Nama Bangsa

Banyaknya pemuda-pemuda Indonesia yang mengharumkan nama bangsa dari berbagai sektor, patut diacungi jempol. Pasalnya mereka menciptakan karya-karya yang luar biasa mewakili Indonesia.

Belum lama ini misalnya, dalam ajang olahraga yakni ASIAN Games banyak atlet-atlet perwakilan dari Indonesia berhasil mengibarkan namanya mewakili Indonesia, sehingga Indonesia meraih urutan ke-4 dalam ajang tersebut. Nah, selain dalam sektor olahraga masih ada lagi orang-orang Indonesia yang berprestasi, lho.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Rich Brian

Dalam dunia musik anak bangsa yang berhasil mengharumkan nama Indonesia adalah Rich Brian. Di usianya yang masih 19 tahun, Rich Brian sudah masuk dalam daftar "30 Under 30 Asia 2018" dalam bidang hiburan dan olahraga di majalah Forbes.

Untuk Sobat yang belum tahu, Rich Brian merupakan seorang rapper sekaligus produser dan penulis lagu. Rich Brian yang mempunyai nama asli Brian Imanuel Soemarno, merupakan pemuda kelahiran Jakarta. Memulai debutnya sebagai rapper pada 2014, dengan lagu berjudul "Dat $tick" yang diunggah ke akun YouTubenya pada Februari 2016.

Rich Brian yang lahir dan besar di Jakarta, memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Ia melatih kemampuan bahasa Inggrisnya secara otodidak dengan menonton video-video YouTube, dan mendengarkan lagu-lagu rap dunia.

Di usianya yang masih sangat muda, Brian berhasil menciptakan lagu, diantaranya berjudul "Dat $tick", "Who Dat Be", "Watch Out", "Chaos", "Glow Like That", dan "Crisis ft 21 Savage".

Pada 2017, Brian masuk nominasi dan memenangkan penghargaan Breakthrough Artist of The Year pada Indonesian Choice Award.

Rich Brian juga sudah berkolaborasi dengan musisi dunia sekelas Skrillex, Zhu, bahkan diundang oleh Pharell Williams.

3 dari 9 halaman

2. Demian Aditya

Nama Demian Aditya sudah tidak asing lagi di dunia sulap Indonesia. Namun, kariernya di dunia sulap tidak begitu bersinar di dalam negeri sendiri. Sampai akhirnya Demian mengikuti ajang pencarian bakat America's Got Talent, dan berhasil memukau Simon Cowell, Howie Mandel, Heidi Klum, dan Mel B yang merupakan juri di ajang tersebut.

Orang-orang memberi respon positif terhadap Demian. Sayangnya langkah Demian di America's Got Talent harus terhenti di perempat final. Meskipun begitu, Demian diakui sebagai anak bangsa yang membanggakan.

4 dari 9 halaman

3. Joey Alexander

Pianis asal Indonesia ini berhasil tampil di panggung utama acara penghargaan Grammy di Staples Center, Los Angeles, Amerika Serikat.

Bersama puluhan musisi terkenal lainnya, Joey yang kini berusia 15 tahun, sudah tercatat rekor melalui lagu berjudul "Giant Steps" dan album yang bertajuk My Favorite Things.

Joey menjadi musisi termuda yang masuk nominasi penghargaan Grammy untuk kategori Best Improvised Jazz Solo dan Best Jazz Instrumental Album pada tahun 2016.

5 dari 9 halaman

4. Pierre Coffin

Siapa yang tidak mengenal Minions? Karakter kuning lucu yang filmnya booming di tahun 2010 dan 2013. Bahkan sampai saat ini, kita bisa menemukan figur karakter ini dimanapun, mulai dari boneka, tas, gantungan kunci dan lain lain.

Mungkin Sobat belum mengetahui bahwa arsitek dibalik kelahiran Minions merupakan seorang pria berdarah Indonesia, Pierre Coffin. Ia merupakan putra dari penulis ternama Indonesia, N.H Dini.

Kesuksesannya membawanya bekerja sama dengan banyak selebriti Hollywood. Jika kalian tahu, pada film Minions banyak menggunakan campuran berbagai bahasa termasuk Indonesia. Dalam film tersebut terselip kata "Terima Kasih".

6 dari 9 halaman

5. Griselda Sastrawinata

Masih di bidang yang sama, Griselda Sastrawinata merupakan wanita asal Indonesia yang sukses menjadi animator. Salah satu karyanya yang paling terkenal adalah karakter hijau yang besar dengan telinga yang unik, Shrek. Griselda terlibat dalam penciptaan beberapa tokoh karakter dalam film Shrek ini.

Setelah sebelumnya bekerja untuk Dreamworks, ia saat ini sukses menjadi satu-satunya orang Indonesia yang bekerja di Walt Disney Studios. Griseda juga dipercaya sebagai salah satu Visual Development Artist dalam film animasi Disney yang berjudul Moana.

7 dari 9 halaman

6. Chris Lesmana

Sosok berikutnya yang berhasil mengharumkan nama Indonesia yaitu Chris Lesmana. Anda tahu mobil Volkswagen atau VW? Merek mobil asal Jerman ini ternyata mempercayakan desain VW New Beetle, yang biasa dikenal dengan mobil kodok kepada salah satu anak muda Indonesia berbakat.

Desain mobil VW lainnya yang dibuat oleh Chris adalah VW Up!, atas karya ini, Chris meraih penghargaan World Car of The Year pada tahun 2012 dan VW Golf.

Desain yang Chris ciptakan juga sudah terdaftar dalam lembaga paten Amerika Serikat pada tahun 2008. Saat ini, Chris menduduki posisi sebagai Desainer Senior di Volkswagen AG, Jerman.

8 dari 9 halaman

7. Liliyana Natsir dan Tantowi Ahmad

Kurang lengkap rasanya jika kita tidak membahas mengenai orang-orang yang mengharumkan nama Indonesia di bidang olahraga. Siapa yang tidak kenal duo Liliyana Natsir dan Tantowi Ahmad? Mendengar dua nama tersebut sudah pasti kamu mengenal mereka bukan? Ya, mereka berjasa dalam bidang olahraga, yakni bulutangkis.

Hampir selalu menang di setiap pertandingan kelas dunia, menjadikan unggulan ganda campuran Indonesia ini pernah menduduki peringkat 1 dunia.

Duo ganda campuran ini pernah menyabet tiga tahun berturut-turut di All England 2012, 2013, dan 2014. Mereka juga meraih medali emas di Olimpiade Rio tahun 2016, dan berhasil mengumandangkan lagu Indonesia Raya sehingga didengar seluruh dunia yang menyaksikan.

Namun, pertandingan di ajang Fuzhou China Open 2018 menjadi pertandingan terakhir untuk Liliyana Natsir. Liliyana memutuskan untuk gantung raket baru-baru ini. Membuat Tantowi harus mencari partner baru untuk pertandingan-pertandingan selanjutnya.

9 dari 9 halaman

8. Muhammad Zohri

Masih dalam bidang olahraga, sosok Zohri menjadi sensasional setelah berita tentang dirinya yang meraih medali emas di perlombaan lari jarak pendek di Finlandia.

Ia disorot merayakan sendiri kemenangannya, bahkan harus meminjam bendera negara lain karena tidak ada yang memberikannya ketika dia akan merayakan kemenangan di podium sebagai juara pertama.

Zohri yang sudah mencintai dunia olahraga lari ini mengaku sering berlari di pinggir pantai. Berkat berita atas pencapaian prestasinya yang dihiraukan oleh pemerintah sehingga sangat inspiratif, dan berhasil viral di seluruh media.

Prestasi terbaru yang diraih Zohri adalah ia berhasil membawa harum nama Indonesia karena berhasil merebut medali perak untuk kategori lomba jarak pendek di Asian Games 2018.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini