Mau Gelar Pernikahan Murah Rp 50 Juta di Jakarta? Begini Caranya!

Oleh Fitriana Monica Sari pada 20 Feb 2019, 20:01 WIB
Diperbarui 20 Feb 2019, 21:16 WIB
Pernikahan Nikah Menikah

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan menjadi momen yang sangat penting bagi semua orang karena hanya ingin dilakukan sekali seumur hidup. Berhubung momen tersebut sangat penting, maka harus dirayakan dengan menggelar pesta pernikahan atau yang dikenal dengan nama resepsi pernikahan.

Untuk mengadakan pesta pernikahan ini, tentunya dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Rata-rata biaya pesta pernikahan membutuhkan dana puluhan juta hingga ratusan juta lebih.

Hal ini dikarenakan ada banyak keperluan yang harus dipersiapkan untuk menggelar pesta pernikahan, seperti menyewa gedung, pelaminan dan dekorasi, baju pengantin, baju seragam untuk keluarga, suvenir, undangan, dan pastinya katering makanan. Dengan banyaknya keperluan tersebut, maka sudah pasti biayanya akan cukup untuk menguras isi tabungan.

Perlu kita sadari kalau setelah pesta pernikahan masih ada kehidupan yang harus Anda jalani sehingga jangan sampai kita berhutang hanya untuk menggelar pesta pernikahan yang mewah.

Carilah wedding organizer yang menawarkan paket pernikahan murah di Jakarta dengan budget kisaran sekitar Rp 50 juta. Dengan begitu, Anda tidak perlu membobol habis isi tabungan. Supaya bisa mendapatkan paket pernikahan murah di Jakarta, Anda harus mengetahui beberapa cara yang bisa diterapkan di bawah ini, seperti dikutip dari TunaiKita:

1. Adakan pesta pernikahan saat weekdays

Untuk mendapatkan paket pernikahan murah di Jakarta, Anda bisa mengadakan pesta pernikahan pada saat weekdays alias bukan akhir pekan.

Ada banyak pasangan yang lebih memilih untuk mengadakan pesta pernikahan saat hari libur atau weekend dengan tujuan supaya semua tamu bisa hadir. Tapi pesta pernikahan yang digelar pada saat weekend akan dikenakan biaya yang cukup mahal.

Untuk mengatasinya, Anda harus bisa memilih hari biasa, yakni antara hari Senin hingga Jumat. Supaya tamu undangan bisa hadir semua, maka pilihlah jam malam atau sekitar jam 19.00 malam, sehingga sudah selesai jam kerja. Selisih harga yang bisa Anda dapatkan jika mengambil waktu weekdays sekitar 10 persen-50 persen lebih murah dibanding weekend.

2 dari 4 halaman

2. Jika sewa gedung mahal, aula juga bisa jadi pilihan

Pernikahan Jawa
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Paket pernikahan murah di Jakarta akan sangat mustahil didapat jika Anda memilih untuk menggelar pesta pernikahan di gedung. Harga sewa gedung untuk pernikahan di Jakarta memang sangat mahal. Rata-rata akan mematok harga sekitar Rp 30 juta hingga ratusan juta rupiah, tergantung luas ruangan dan juga ketersediaan fasilitas yang didapat.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk menyewa aula yang ada di kampus atau kantor pemerintah karena biasanya harganya jauh lebih murah dibanding harga sewa gedung. Kekurangan dari aula hanyalah ruangannya yang tidak terlalu luas sehingga tidak bisa menampung banyak tamu dan juga kebanyakan aula tidak full karpet.

3. Batasi jumlah tamu yang akan kamu undang

Kita memang ingin semua orang yang dikenal datang ke acara pesta pernikahan yang kita gelar. Tapi pernahkah Anda mendatangi pesta pernikahan teman yang tidak terlalu dekat? Hal seperti ini sangat sering terjadi. Jadi lebih baik batasi jumlah tamu yang akan Anda undang.

Pilih tamu undangan dari orang-orang terdekat saja, seperti sahabat dekat, rekan kerja, dan juga keluarga besar. Dengan membatasi jumlah tamu yang datang, otomatis Anda bisa menyewa gedung atau aula dengan kapasitas yang lebih kecil dan bisa menghemat biaya-biaya yang lainnya.

3 dari 4 halaman

4. Ambil paket makanan utama yang banyak menunya

5 Makanan yang Selalu Ada di Acara Pernikahan
5 hidangan ini selalu ada ketika kamu kondangan.

Biaya untuk katering memang bisa menghabiskan lebih dari setengah dana untuk pesta pernikahan. Oleh karena itu, jika kamu bisa mengirit pada pos katering, maka Anda bisa mendapatkan paket pernikahan murah di Jakarta.

Rata-rata katering akan menawarkan menu makanan utama dan gubukan atau makanan-makanan kecil, seperti siomay, pempek, sate padang, dimsum, es krim, martabak, bebek peking, zupa soup, dan lain sebagainya.

Sebaiknya pilih makanan utama dengan menu lengkap, seperti ada dessert, buah, dan minuman jus atau soft drink. Dengan begitu, Anda tidak perlu menambahkan banyak gubukan. Ambil setidaknya 2-3 gubukan saja dengan menu yang paling banyak diminati oleh orang.

5. Sewa baju pengantin, bukan membeli yang baru

Siapa sih yang tidak ingin mengenakan baju pernikahan yang berbeda dari yang lainnya? Beberapa pasangan pengantin kerap kali lebih memilih untuk membuat atau membeli sendiri baju pernikahan yang akan mereka kenakan nanti. Padahal untuk membuat atau membeli baju pengantin ini, Anda bisa menghabiskan dana sekitar Rp 5 juta hingga Rp 10 juta. Daripada membuat atau membeli yang baru, lebih baik jika Anda menyewa baju pengantin.

Biasanya, ketika pihak wedding organizer akan menawarkan paket pernikahan murah di Jakarta, bersama dengan baju pengantin yang bisa disewa.

Coba saja Anda lihat seperti apa baju pengantin yang bisa Anda kenakan. Jika cocok, Anda bisa menyewanya. Tapi jika tidak, Anda bisa menyewanya di tempat lain.

Untuk sewa baju di tempat lain ini, Anda perlu mengeluarkan dana tambahan lagi. Jadi sebaiknya, pilih saja baju pengantin yang ditawarkan oleh pihak wedding organizer.

4 dari 4 halaman

6. Cari suvenir langsung di pengrajin

Suvenir Pernikahan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Paket pernikahan murah di Jakarta juga bisa Anda dapatkan jika mencari suvenir langsung di pengrajin setempat. Ada selisih harga yang sangat lumayan jika kamu membeli souvenir langsung di pengrajin ketimbang membeli di pusat perbelanjaan atau pusat suvenir pernikahan yang ada di kawasan Jatinegara.

Jika tidak sempat mendatangi langsung pengrajin suvenir, Anda bisa membelinya secara online. Lalu kalau bentuk dan tampilannya tidak sesuai bagaimana? Jangan langsung memesan dalam jumlah banyak, Anda harus memesan 1-2 buah terlebih dahulu supaya bisa mengetahui bagaimana bentuk aslinya. Dengan begitu, hasil souvenir yang didapat tidak akan mengecewakan nantinya.

Tanyakan juga kepada pengrajin suvenir, apakah suvenir yang mereka jual sudah termasuk dengan pembungkus dan nama calon kedua mempelai pengantin?

7. Kirim undangan dalam bentuk digital

Di era yang sudah maju saat ini, Anda harus memanfaatkan kemajuan teknologi supaya bisa mendapatkan paket pernikahan murah di Jakarta. Bagaimana caranya? Jika biasanya kita memberikan undangan pernikahan dalam bentuk fisik, Anda bisa mengubahnya menjadi bentuk digital yang dikirimkan melalui e-mail atau whatssapp.

Tapi tentunya undangan dalam bentuk digital ini hanya bisa Anda kirimkan kepada teman, rekan kerja, atau keluarga yang usianya tidak terlampau jauh. Tapi kalau undangan untuk orang tua dan juga atasan, lebih baik Anda mencetaknya dalam bentuk fisik supaya lebih sopan. Dengan begitu, Anda bisa tetap menghemat budget kartu undangan.

Hitung dengan baik pengeluaran pesta pernikahan dengan detail

Supaya nantinya Anda terlepas dari utang yang harus ditanggung setelah mengadakan pesta pernikahan, maka sebaiknya kamu menghitung dengan baik semua dana yang akan dikeluarkan.

Lakukan perhitungan dengan detail dan jika ternyata dana yang dibutuhkan melebihi budget awal, maka Anda harus segera menguranginya dengan menerapkan cara-cara yang sudah dikemukakan di atas. Jika memungkingkan, coba konsultasikan dengan pihak wedding organizer supaya mereka juga bisa memberikan solusi.

Semua orang pasti menginginkan pesta pernikahan yang berkesan. Tapi ingat Sobat, pernikahan yang berkesan bukan berarti harus mewah dan menghambur-hamburkan uang, ya!

Lanjutkan Membaca ↓