Pembangunan Bandara Sukadana di Kalimantan Barat Dimulai 2020

Oleh Ilyas Istianur Praditya pada 19 Feb 2019, 17:23 WIB
Diperbarui 19 Feb 2019, 20:17 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengunjungi lokasi rencana pembangunan Bandara Sukadana di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat (19/2/2019).

Liputan6.com, Jakarta - Setelah kemarin meresmikan pencanangan pembangunan bandara baru di Singkawang, Pada Selasa ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengunjungi lokasi rencana pembangunan Bandara Sukadana di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat.

Pembangunan bandar udara (bandara) yang akan dimulai tahun depan ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menciptakan konektivitas antar wilayah di seluruh Indonesia.

"Kemenhub adalah satu tangan dari pemerintah untuk melaksanakan konektivitas. Nah disitulah kami melakukan rencana pembangunan bandara. Untuk Kalimantan Barat sendiri, kita merencanakan dua bandara. Satu di Singkawang, satu lagi di Kayong Utara," tutur Budi, Selasa (19/2/2019).

Dalam kunjungannya, Budi Karya menyampaikan rencana pembangunan bandara ini akan dimulai tahun 2020 mendatang, mengingat persyaratan teknis yang sudah dipenuhi.

"Probabilitas pembangunannya sudah tinggi karena syarat-syarat teknisnya sudah memenuhi disini, obstacle, hamparan tanah, terus topografi semuanya sudah memenuhi. Tahun depan kita mulai bangun," jelasnya.

 

2 of 3

Dukung Sektor Pariwisata

Pembangunan taxiway Bandara Soekarno-Hatta
Pesawat melintas di atas proyek pembangunan runway dan taxiway 3 di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (21/6). Pembangunan taxiway dan runway ketiga dapat membantu mengurai lalu lintas udara yang kian padat di Soetta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dengan adanya Bandara Sukadana, diharapkan Kabupaten Kayong Utara akan menjadi salah satu destinasi wisata dan dapat mendukung sektor pariwisata disekitarnya. Oleh karena itu, Menhub meminta agar seluruh pihak yang berkaitan untuk terus mendukung rencana ini dan melaksanakannya dengan baik.

"Selanjutnya dengan adanya bandara ini membuat Kayong Utara menjadi suatu destinasi wisata karena banyak sekali tujuan wisata yang cukup baik yang bisa dilakukan. Oleh karenanya, kita minta semua stakeholder mendukung rencana ini," tutup Menhub Budi.

Dalam kegiatan ini Menteri Perhubungan turut didampingi oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B. Pramesti, Direktur Bandar Udara Pramintohadi Sukarno, dan Bupati Kayong Utara Citra Duani.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓