Ingin Memulai Bisnis Online? Coba Lakukan 5 Hal Ini

Oleh Ayu Lestari Wahyu Puranidhi pada 26 Feb 2019, 09:31 WIB
Diperbarui 26 Feb 2019, 09:31 WIB
Perhatikan Kembali 5 Hal Ini Jika Bisnis Online Kamu Ingin Berkembang
Perbesar
Buat kamu yang ingin bisnis onlinenya berkembang, perlu kembali melihat 5 hal ini apakah sudah berjalan baik.

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi pembisnis yang sukses menjadi sebuah impian setiap orang. Namun, tidak sedikit dari mereka justru memilih untuk menjadi karyawan dan bekerja pada orang karena takut akan semua risiko dari seorang pembisnis.

Namun, ternyata dengan bisnis online Anda tidak perlu terlalu takut akan hal tersebut. Saat ini, teknologi semakin berkembang pesat. Anda tidak perlu lagi melakukan bisnis di gerai atau toko dan mengeluarkan banyak modal, dengan jaringan internet Anda sudah dapat menjadi calon pembisnis yang sukses.

Mau tahu langkah apa saja yang harus Anda lakukan? Dilansir dari lovemoney.com, berikut tipsnya:

1. Tentukan Apa yang Ingin Dijual

Sebelum Anda ingin memulai bisnis online, maka hal pertama yang harus Anda lakukan yakni menentukan benda atau produk apa yang ingin dijual. Anda bisa melakukan riset atau bahkan pantauan benda-benda atau kebutuhan apa yang selalu diburu oleh para pembeli.

Jangan memilih untuk menjual sesuatu yang sedang trend saat ini namun tidak memiliki prospek kedepannya. Meskipun akan laku keras pada saat pertama, namun ketika trend tersebut sudah lewat makan penjualan Anda pun akan kembali sepi.

Jika tidak ingin susah, maka Anda dapat memulai sebagai reseller atau penjual kedua. Jika ini yang Anda pilih, maka Anda harus menentukan penjual pertama yang menawarkan benda menarik namun dengan harga murah.


2. Buatlah Online Shop yang Anda Inginkan

Ilustrasi Bisnis Online
Perbesar
Ilustrasi bisnis online (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Ketika Anda sudah mengetahui hal apa yang akan dijual, maka selanjutnya Anda sudah dapat membuat online shop yang diinginkan. Toko online Anda dapat dibuat di website, Instagram, atau media sosial lainnya. Jangan lupa untuk tentukan nama serta konsep yang unik atau lucu yang mudah diingat oleh para calon pembeli.

3. Mulailah, Jangan Menundanya

Jika semuanya telah siap, maka mulailah semuanya saat itu juga. Jangan menunggu atau menundanya. Ini akan membuat semangat Anda yang sudah terkumpul akan hilang nantinya.


4. Fleksibelkan Metode Pembayaran

banner infografis gaji pns dki
Perbesar
Ilustrasi Gaji

Usahakanlah menjadi penjual yang fleksibel, tawarkan sebanyak mungkin metode pembayaran bagi para calon pembeli Anda nantinya. Berikanlah informasi yang jelas kepada pembeli Anda mengenai produk, harga dan bahkan biaya pengiriman produk tersebut.

5. Promosikanlah Produk Anda selalu

Karena Anda merupakan pembisnis baru, maka sering-seringlah untuk mempromosikan produk dan bahkan online store Anda miliki. Ini akan membuat Anda lebih mudah untuk menjual produk yang dimiliki.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya