Sukses

Harga Cabai Rawit dan Bawang Putih di Pasar Tradisional Naik

Kenaikan paling tinggi untuk jenis cabai rawit merah.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki pertengahan Februari 2019, sejumlah harga bahan pokok di pasar mengalami pergerakan yang cukup variatif. Ada yang mengalami kenaikan, turun dan ada juga yang tetap.

Hasil pantauan Liputan6.com di Pasar Mampang, Jakarta Selatan, untuk komoditas yang mengalami kenaikan harga setidaknya ada lima jenis. Kenaikan paling tinggi untuk jenis cabai rawit merah.

"Rawit merah ini sekarang Rp 40 ribu per kilonya, kalau dibandingkan beberapa hari lali sudah naik Rp 10 ribu," kata Winarti (38), salah satu pedagang saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (18/2/2019).

Kenaikan juga terjadi untuk jenis cabai merah besar yang kini dijual dengan harga Rp 36 ribu per kg, atau naik Rp 4.000 per kg. Dan cabai rawit hijau juga mengalami kenaikan Rp 4.000 per kg menjadi Rp 24 ribu per kg.

Tidak hanya itu, bahan pangan yang mengalami kenaikan adalah bawang putih yang kini dijual dengan harga Rp 28 ribu per kg. Padahal sebelumnya dijual dengan harga Rp 24 ribu per kg. Sedangkan kenaikan juga terjadi untuk jenis tomat yang hanya naik Rp 1.000 per kg menjadi Rp 15 ribu per kg.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Turun

Sementara itu, untuk bahan pangan yang mengalami penurunan harga yaitu untuk jenis cabai merah keriting yang kini dijual Rp 16 ribu per kg atau turun Rp 4.000 per kg.

"Kalau sudah masuk musim hujan gini biasanya mulai terganggu pasokannya, mudah-mudahan tidak sampai banjir, bisa makin naik nanti," kata pedagang lainnya, Rahayu (40).

 

3 dari 3 halaman

Stabil

Untuk bahan komoditas yang harganya masih stabil yaitu bawang merah Rp 24 ribu per kg, kentang Rp 14 ribu per kg, minyak goreng Rp 13 ribu per kg, telur ayam Rp 24 ribu per kg, gula pasir Rp 13 ribu per kg dan garam dapur Rp 8.000 per kg.

Mengenai jenis daging, di Pasar Mampang, daging ayam dijual dengan harga Rp 37 ribu per ekor dan daging sapi dibandrol Rp 120 ribu per ekor.

Sedangkan untuk beras, kualitas medium dijual dengan harga bervariatif mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 12 ribu per kg nya. Dan untuk kualitas premium dijual dengan harga Rp 14.500 per kg.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.