Sukses

Harga Bawang Putih Melonjak, Capai Rp 40 Ribu per Kg

Harga cabai dan tomat terpantau stabil, sedangkan bawang putih cutting terpantau mahal di Pasar Pondok Gede, Bekasi.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sempat mengalami kenaikan, harga tomat terpantau kembali stabil di Pasar Pondok Gede, Bekasi. Tidak hanya tomat, harga cabai merah juga terpantau stabil. Sedangkan, bawang putih terpantau masih melambung.

"Harga cabai sama tomat sekarang sudah stabil, tapi bawang putih cutting yang naik," ujar Ali, pedagang bumbu dapur di pasar Pondok Gede, kepada Liputan6.com, Jumat (15/2/2019).

Saat ini harga cabai dan tomat di lapak milik Ali masing-masing di angka Rp 20 ribu dan Rp 15 ribu per kilogram (kg).

Sedangkan untuk harga bawang putih cutting mencapai Rp 40 ribu per kg. Angka tersebut naik dari harga biasanya di kisaran Rp 25 hingga Rp 30 ribu per kg.

Kenaiakan harga bawang putih cutting juga dirasakan oleh pedagang lainnya, Sitorus, salah satu pedagang sayur yang ada di pasar tersebut.

"Harga tomat dan cabai sekarang murah, tapi harga bawang putih cutting saja yang naik udah seminggu ini naik terus," ujarnya.

Saat ini harga cabai di gerainya yaitu Rp 20 ribu per kg, sedangkan tomat Rp 10 ribu per kg, dan bawang putih cutting yaitu Rp 35 ribu per kg yang sebelumnya Rp 20 ribu per kg.

Sementara itu, saat ini harga komoditas sayuran masih terpantau normal dan tidak mengalami kenaikan sama sekali.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pasar Pulo Gadung

Menjelang pertengahan Februari, harga bahan pangan bergerak berfluktuasi. Hal ini terbukti dari harga bawang putih cutting yang naik dari Rp 33 ribu menjadi Rp 35 ribu per kilogram (kg) di Pasar Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Sulkan (31), pedagang di Pasar Pulo Gadung, menyatakan harga bawang putih diprediksi terus naik perlahan menjelang Idul Fitri 2019.

Bawang merah pun mengalami kenaikan harga dari Rp 28 ribu menjadi Rp 30 ribu per kg. Namun komoditas lain seperti cabai, cenderung stabil dari beberapa minggu sebelumnya karena panen yang berlimpah.

"Kalau cabai sih, mungkin karena panen ya, jadi turun, stabil sekarang." ujarnya kepada Liputan6.com, Senin (11/02/2019).

Harga cabai merah keriting turun dari Rp 40 ribu menjadi Rp 25 ribu per kg dan stabil hingga saat ini.

Begitu pula cabai rawit merah yang turun dari Rp 50 ribu menjadi Rp 30 ribu per kg dan cabai rawit hijau dari Rp 35 ribu menjadi Rp 20 ribu per kg.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.