Sukses

Punya Rencana Pensiun? Ini 3 Jurus Mempersiapkannya

Sudah mulai memasuki masa pensiun? Persiapkanlah keuangan pensiun Anda sekarang

Liputan6.com, Jakarta Terkadang kata 'pensiun' menjadi hal yang menakutkan bagi para pekerja. Ini karena belum siapnya mereka untuk menghadapi situasi ini.

Seharusnya, pensiun menjadi sesuatu yang membahagiakan karena di saat seperti itulah Anda dapat benar-benar beristirahat dari kejamnya dunia kerja dan tidak memikirkan tumpukan tugas serta target yang harus dilampaui.

Namun bagi orang yang belum mempersiapkan hal tersebut dengan baik, maka mereka patut takut dan cemas karena jika pada saat itu Anda tidak akan mendapatkan lagi tunjangan tinggi per bulannya.

Jangan khawatir masih ada waktu bagi Anda untuk mempersiapkannya, mau tau langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mempersiapkan pensiun Anda? Berikut merupakan 3 tipsnya:

1. Membeli properti

Mulailah memikirkan untuk memiliki properti sejak dini karena aset ini lah yang tiap tahun nilainya akan selalu naik. Memiliki aset ini selagi kerja akan tidak terasa begitu sulit karena Anda masih memiliki penghasilan untuk menutupi biaya angsuran tiap bulannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Memiliki Deposito

Jika Anda sudah menabungkan uang untuk tabungan pensiun, dan tidak ingin mengganggu tabungan tersebut maka ada baiknya tabungan tersebut Anda depositokan saja.

Dengan deposito Anda dapat menabung dengan aman dan pada waktu yang telah ditentukan Anda mendapatkan suku bunga tertentu.

3. Mulailah untuk Berbisnis Online

Jika Anda sudah mau mendekati masa pensiun, maka mulailah untuk berpikir dan membuat bisnis online. Jika bisnis sudah sukses sebelum Anda pensiun maka hal ini akan membantu keuangan Anda saat ini.

Mulailah dengan bisnis yang sederhan misal menjual pakaian atau makanan serta kue-kue lucu yang selalu menjadi incaran pembeli. Tidak hanya itu saja, saat masa pensiun tiba Anda tidak perlu memusingkan untuk mendapatkan uang dari mana lagi. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.