5 Pekerjaan yang Cocok untuk Para Milenial, Apa Saja?

Oleh Fitriana Monica Sari pada 17 Feb 2019, 11:15 WIB
Ilustrasi Generasi Milenial (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Pesatnya perkembangan teknologi sekarang ini, media sosial menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat. Media sosial yang sebelumnya berfungsi sebagai media komunikasi, kini menjadi media untuk ajang eksistensi.

Melihat antusiasme masyarakat Indonesia akan media sosial, terdapat beberapa keuntungan yang bisa Anda manfaatkan. Salah satunya dengan menjadikan media sosial sebagai alat menciptakan lapangan pekerjaan.

Dikutip dari TunaiKita, berikut beberapa jenis pekerjaan yang berhubungan dengan media sosial. Apakah pekerjaan tersebut cocok untuk para milenial yang serba kekinian?

1. Sosial Media Strategist

Media Sosial
Ilustrasi Media Sosial. Dok: WinNetNews.com

Tingginya angka pengguna media sosial yang cukup tinggi di Indonesia, membuat pebisnis serta perusahaan memanfaatkannya sebagai alat untuk melakukan bisnis. Tidak hanya perusaan dalam negeri saja, lho, perusahaan multinasional bahkan luar negeri pun sudah menggunakan media sosial untuk memperluas jaringannya.

Maka dari itu, dibutuhkan sosial media strategist, untuk membantu perusahaan dalam membuat strategi pemasaran melalui media sosial. Tugas yang harus dilakukan sosial media strategist ini, yaitu mengoptimalisasikan penggunaan media sosial agar proses pemasaran berjalan dengan baik.

Sapi Terobos Jalan Tol, Lalu Lintas Lumpuh
2 of 5

2. Selebgram

Awkarin
Awkarin (dok. Instagram @awkarin/https://www.instagram.com/p/BpRgN5Aj0im/?hl=en&taken-by=awkarin/Putu Elmira)

Punya followers banyak? Anda bisa coba jadi selebgram, lho. Selain mendapatkan penghasilan, Anda juga bisa ikut terkenal.

Memang ini salah satu pekerjaan yang baru trend di kalangan muda karena terlihat kekinian dan menghasilkan. Syarat utama menjadi selebgram adalah Anda diharuskan mempunyai followers yang banyak juga feeds yang menarik. Sehingga banyak endorsement yang datang.

Endorsement menjadi salah satu penghasilan yang kamu dapatkan. Anda bisa kerjasama dengan brand-brand ternama. Seorang selebgram bisa menghasilkan belasan juta sekali posting, lho. Menarik bukan?

3 of 5

3. YouTuber

Tiru Makeup: Makeup Glowing Flawless Rachel Goddard yang Memesona
Rachel Goddard. (Instagram/rachgoddard).

Untuk Anda yang hobi bikin video dan punya ide-ide yang keren, YouTuber profesi yang tepat buat Anda. Dari segi penghasilan, YouTuber sangat menjanjikan sekali, hanya bermodalkan kamera saja, Anda sudah bisa jadi YouTuber, lho.

Tetapi jadi YouTuber dituntut untuk membuat konten-konten yang kreatif dan video yang berkualitas bukan asal sekadar membuat video saja. Kalau konten Anda menarik, otomatis bisa mendapat banyak subscribers.

4 of 5

4. Content Writer

[Bintang] Kartini
Yuniska Mega Putri (27), Content Writter. (Foto: Dok. Pribadi)

Berikutnya ada content writer. Untuk Anda yang hobi menulis dan sering update di media sosial, content writer menjadi pilihan yang cocok untuk para milenial.

Content writer biasanya bekerja sama dengan para instansi untuk mengisi setiap posting-an dari konten yang dibuatnya kemudian di-posting ke dalam blog. Content writer harus memiliki ide-ide yang selalu fresh dan Anda juga harus melakukan riset sebelum membuat konten.

5 of 5

5. Graphic designer

[Bintang] PT Taspen Buka Lowongan Kerja, Ini 7 Syaratnya
Graphic designer (Ilustrasi: Pexels.com)

Dunia media sosial rasanya kurang menarik tanpa adanya visualisasi. Hal yang harus Anda lakukan untuk menjadi seorang graphic designer, yakni mempunyai kemampuan memvisualisasikan tulisan menjadi bentuk 2D atau 3D. Fungsi graphic designer untuk mendukung konten tulisan agar lebih menarik.

Bagi Anda yang masih bingung mencari pekerjaan, semoga ulasan di atas bisa membantu dan menjadi referensi.

Lanjutkan Membaca ↓