Sukses

Pelni Gratiskan Biaya Bagasi hingga 50 Kg

Pelni tetap memberikan free bagasi hingga 50 kg. Akan tetapi, bila melanggar, Pelni beri solusi dengan tarif over bagasi.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero)-Pelni memberikan pelayanan kepada penumpangnya berupa free bagasi  hingga 50 kg atau bagasi gratis per penumpang ke seluruh rute pelayaran.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PELNI (Persero), Ridwan Mandaliko mengatakan, sesuai peraturan perusahaan tentang bagasi penumpang  kapal Pelni,  yang disebut  dengan bagasi bebas adalah barang bawaan penumpang yang dibebaskan dari biaya, berupa  barang jinjingan.

Selain itu juga dapat  diangkat dengan satu tangan oleh penumpang bertiket dan tidak membutuhkan bantuan orang lain, tidak boleh diseret atau dipikul saat embarkasi atau naik ke kapal. 

Ridwan menambahkan, Pelni mengatur ukuran volume bagasi bebas bea dengan ukuran maksimal  0,175 m3 (meter kubik) atau 30 cm x 30 cm x 30 cm atau setara satu koper/koli dengan  berat maksimal 50 kg. 

Setiap barang bawaan yang melebihi ketentuan bagasi bebas sebagaimana ketentuan di atas disebut sebagai over bagasi dan dikenakan tarif over bagasi. 

"Bila bagasi melebihi 50 kg atau setara dengan 0,3 m3 (meter kubik) atau ukuran 2 koli/koper akan dikenakan tarif over bagasi”, terang Ridwan dalam keterangan tertulis, Kamis (14/2/2019).

Pelni, lanjut Ridwan sangat toleran dalam menerapkan ketentuan  bagasi bagi  penumpang  karena beratnya hingga 50 kg.

Ketentuan ini hendaknya dapat dipatuhi para penumpang kapal Pelni agar ketertiban, keamananan, dan kelancaran penerapan barang bagasi dapat berjalan sesuai ketentuan agar  dapat mendukung keselamatan pelayaran. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Meskipun bebas bagasi hingga 50 kg, beberapa penumpang kerap melanggar ketentuan baik berat  maupun volume bagasi.

Untuk menegakkan aturan dan menjamin keselamatan pelayaran Pelni memberlakukan ketentuan over bagasi atau kelebihan bagasi di atas 50 kg bagi penumpang yang membawa bagasi melebihi ketentuan. 

"Bagi yang membawa bagasi melebihi berat atau volume, Pelni menerapkan tarif over bagasi, tujuannya agar tertib, aman, dan selamat," tegas Ridwan.

Ketentuan bea over bagasi sudah diterapkan di kapal Pelni sejak 15 Januari 2016, sudah berjalan 3 tahun. 

Ketentuan over bagasi juga  sudah berlaku umum di seluruh angkutan atau tarnsportasi umum,  Ketentuan over bagsi tidak hanya berlaku  di Pelni saja namun di dunia penerbangan dan kereta api juga sudah diberlakukan. 

"Jadi Pelni tetap memberikan free bagasi hingga 50 kg. Namun bila melanggar, Pelni memberikan solusi dengan tarif over bagasi. Hal ini semata untuk menegakkan  dan menertibkan  angkutan," tambah Ridwan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pelni adalah sebuah perusahaan Pelayaran Nasional Indonesia. Lebih tepatnya perusahaan ini bernama PT PELNI.

    Pelni

  • bagasi