Sukses

10 Negara Ini Punya Tradisi Unik saat Rayakan Valentine

Berikut ulasannya tentang tradisi unik perayaan Valentine di beberapa negara

Liputan6.com, Jakarta Bulan Februari merupakan bulan yang penuh cinta. Pasalnya, Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang yang jatuh pada 14 Februari, di mana setiap orang di seluruh dunia merayakannya.

Hari Valentine identik dengan momen romantis dengan orang terkasih. Tak sedikit pula mereka merayakannya dengan bertukar hadiah.

Hadiah yang diberikan pun beragam, mulai dari cokelat, bunga, boneka, bahkan perhiasan. Bertukar hadiah merupakan hal yang umum dilakukan di banyak negara saat perayaan Valentine.

Tapi, selain bertukar hadiah ada beberapa tradisi unik yang dilakukan pada saat Hari Valentine diberbagai negara, lho. Nah, berikut ulasannya tentang tradisi unik perayaan Valentine di beberapa negara, seperti dikutip dari TunaiKita:

1. Korea Selatan

Negara Korea memiliki keunikan saat perayaan Valentine, lho. Valentine di Korea diadakan selama 3 bulan. Pada tanggal 14 Februari tepat di Hari Valentine, setiap perempuan akan memberikan kado kepada pasangannya berupa cokelat dan bunga. Setelah itu, pada tanggal 14 Maret ada perayaan yang dinamakan White Day, itu berarti para lelaki gantian membalas kado yang diberikan.

Hari Valentine identik dengan perayaan bersama kekasih. Untuk yang masih jomblo, jangan khawatir tidak bisa merayakannya. Nah, di Korea ternyata ada hari yang disediakan untuk Anda para jomblo yang ingin merayakan kesendirianmu.

Pada tanggal 14 April dikenal dengan Black Day yang dikhususkan bagi para jomblo untuk merayakannya dengan cara memakai baju serba hitam sambil makan jjangmeyon dan minum kopi hitam. Unik, ya!

2. Filipina

Di Filipina, ketika Hari Valentine, hal unik yang bisa Anda temukan adalah diadakannya nikah masal. Pasangan-pasangan akan berkumpul di sebuah tempat yang kemudian akan ada pendeta yang datang untuk memimpin upacara pernikahan di sana. Tertarik untuk mencoba nikah masal di Filipina, saat Hari Valentine?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Cina

Cina juga memiliki Valentine yang unik. Hari yang merayakan kasih sayang dinamakan Qixi atau malam ketujuh. Qixi dirayakan di hari ketujuh pada bulan ketujuh di kalender Cina. Awal mula Qixi berdasarkan dari cerita rakyat mengenai Zhinu. Zhinu merupakan seorang putri dari kerajaan surgawi.

Kemudian Zhinu jatuh cinta dengan seorang gembala sapi, Niulang Mereka akhirnya menikah dan dikarunia dua anak kembar. Mengetahui pernikahan ini, ibu Zhinu menariknya kembali ke surga. Zhinu bertemu dengan Niulang dan kedua anak kembarnya setahun sekali, pada hari Qixi.

Tradisi yang dilakukan pada perayaan Qixi, yakni para perempuan memberi seserahan berupa melon dan buah-buahan untuk Zhinu supaya bisa mendapatkan suami yang baik. Para pasangan juga pergi ke kuil dan berdoa untuk kebahagian mereka. Malam harinya, semua orang akan memandangi bintang, bintang Vega dan bintang Altair melambangkan Zhinu dan Niulang.

4. Jepang

Sama seperti perayaan Valentine di Korea. Negara Jepang juga merayakan Valentine yang diperingati pada 14 Februari dan 14 Maret.

Uniknya ada 2 jenis cokelat yang mereka berikan sebagai hadiah, yakni Honmei-choko dan Giri-choko. Honmei-choko diberikan untuk pria yang menjadi pujaan hati atau gebetan si wanita, sedangkan Giri-choko diberikan untuk teman-teman atau rekan kerja.

Pada tanggal 14 Februari, para wanita memberi hadiah berupa cokelat kepada para pria. Biasanya cokelat yang diberikan dibuat sendiri sebagai ekspresi dari perasaan mereka.

Bulan berikutnya, pada 14 Maret waktunya untuk para pria mengembalikan hadiah tersebut. Giri-choko bisa dikembalikan sesuai bentuk aslinya, sedangkan honmei-choko harus dikembalikan dengan harga berkali-kali lipat dari aslinya, lho, Sobat. Para pria Jepang biasanya mengembalikan Honmei-choko dalam bentuk perhiasan, lingerie, atau kado romantis lainnya.

3 dari 5 halaman

5. Jerman

Jika Anda berkunjung ke Jerman pada saat menjelang Valentine, jangan heran kalau Anda menemukan banyak sekali simbol babi dan kado Valentine yang bertemakan babi.

Hari Valentine biasanya khas dengan berbagai simbol dan ikon-ikon romantis yang bertema kasih sayang. Berbeda dengan negara Jerman, ketika memasuki Hari Valentine simbol yang digunakan adalah babi. Karena babi dianggap memiliki keberuntungan dan gairah.

6. Perancis

Saling bertukar kartu adalah hal yang paling sering dilakukan pada saat perayaan Valentine di Perancis. Sobat, tahu tidak ternyata ada satu tradisi Valentine di Perancis yang karena terlalu riuh membuat pemerintah melarangnya? Loterie d'amour atau lotre cinta. Merupakan tradisi dimana pria dan wanita akan berkumpul di dua rumah yang saling berhadapan.

Dan sang pria akan memanggil nama wanita secara bergantian. Pria yang tidak puas dengan wanitanya akan meninggalkan wanita itu. Pada akhirnya, para wanita yang tidak terpilih akan berkumpul di api unggun, membakar foto pria yang menolaknya, dan meluapkan kekesalannya dengan sang pria. Tradisi ini sangat tidak terkontrol, membuat pemerintah melarang tradisi ini.

4 dari 5 halaman

7. Wales

Tanggal 25 Januari merupakan Hari Valentine yang diperingati masyarakat di negara Wales. Selain Valentine masyarakat Wales juga merayakan hari Santa Dwynwen, seorang Santa yang berasal dari Wales yang menjadi simbol cinta dan kasih sayang di negara tersebut. Merayakan tradisi romantis ini dengan saling memberikan "sendok cinta".

Berawal di abad ke-17, para lelaki akan mengukir sendok kayu dan memberikannya ke pasangan mereka sebagai tanda cinta. Sampai sekarang, memberi "sendok cinta" ini dilakukan pada saat acara pernikahan, anniversary, dan kelahiran.

8. Peru

Biasanya cokelat, bunga, boneka, atau perhiasan menjadi kado yang umum diberikan pada saat Valentine. Tidak dengan di Peru, negara ini memiliki tradisi khusus ketika Valentine, yakni dengan bertukar anggrek. Ini dikarenakan bunga anggrek merupakan bunga khas negara Peru. Unik, ya!

5 dari 5 halaman

9. Republik Ceko

Valentine di Republik Ceko tidak berlaku pada tanggal 14 Februari, lho, Sobat. Di sana Valentine dirayakan pada tanggal 1 Mei setiap tahunnya. Jika kamu ingin merayakan Valentine di sini, jangan lupa salah tanggal, ya!

10. Afrika Selatan

Pada saat perayaan Valentine, para secret admirer di Afrika Selatan akan membongkar dirinya. Tradisi ini dinamakan dengan Lupercalia, dimana para wanita akan memakaikan pin berbentuk hati yang bertuliskan nama pria yang ditaksir. Jadi, untuk Anda para secret admirer harus hati-hati ketika merayakan Valentine di negara yang beribukota Cape Town ini.

Kalau di Indonesia sendiri, merayakan Valentine tidak harus unik. Biasanya orang Indonesia pergi berkencan dan makan malam bersama saja sudah cukup. Yang terpenting bisa menghabiskan waktu bersama dengan orang yang kita sayang. Semoga informasi di atas bisa menambah informasi untuk Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.